Cara Menyesuaikan Kualitas Video di Netflix

Untuk penggemar film, acara televisi, dan dokumenter, tidak ada pengganti untuk Netflix. Awalnya layanan sewa DVD online, Netflix membantu mengantarkan era hiburan streaming. Saat perang antara perusahaan media terus memanas, perusahaan tetap menjadi aplikasi streaming yang harus dimiliki kebanyakan orang.

Salah satu cara Netflix membantu mengubah cara orang mengonsumsi media adalah dengan mempermudah menonton video berkualitas lebih tinggi. Video definisi tinggi telah menjadi standar sejak pertengahan 2000-an, tetapi dengan konten 4K, dan Ultra-HD, acara favorit kami, dan film semakin tajam.

Memahami Pilihan Anda

Konsep siaran dan rekaman HD berasal dari resolusi video Anda sedang menonton. Semakin tinggi resolusinya, semakin baik kualitas video Anda, memberi Anda lebih banyak detail di setiap bidikan. Rekaman definisi standar biasanya ditampilkan pada 480p atau resolusi 640×480. Kumpulan angka pertama mengukur piksel horizontal dan kumpulan berikutnya menggambarkan piksel vertikal. Pada 720p, video menjadi layar lebar secara default, dengan resolusi 1280x720p.

4K resolusi merupakan peningkatan besar dibandingkan 1080p. Ini adalah kemajuan nyata pertama yang dilihat televisi di rumah dalam lima belas tahun, dan jika Anda bersedia mengeluarkan uang untuk meningkatkan konten Anda, Anda benar-benar bisa mendapatkan pengalaman luar biasa seperti teater langsung di rumah Anda sendiri.

Sebagai Anda Bisa dibayangkan, layanan streaming terkemuka di seluruh dunia, Netflix menangani resolusi video dengan cukup serius. Mereka menawarkan berbagai opsi mulai dari streaming definisi standar hingga streaming Ultra HD beresolusi lebih tinggi, memudahkan Anda untuk menonton video dengan resolusi yang paling Anda inginkan.

Sayangnya, Netflix tidak mengiklankan perubahan resolusi ini dengan baik. dalam pengaturan mereka. Tidak seperti YouTube, misalnya, tidak ada opsi di pemutar video yang memudahkan untuk memilih resolusi video Anda. Ada banyak hal yang kurang diiklankan yang dapat Anda lakukan dengan Netflix.

Jika Anda ingin mengontrol pengaturan Anda secara pribadi, Anda tidak kurang beruntung. Netflix memang menawarkan sejumlah kontrol di panel pengaturan menu, tetapi mungkin tidak segera terlihat saat melihat-lihat. Jika Anda ingin mengontrol kualitas streaming Anda—baik untuk meningkatkan kualitas sebanyak mungkin atau untuk menurunkan kualitas layanan data yang dibatasi—Anda bisa. Berikut cara mengubah kualitas video di Netflix.

Netflix di PC Anda, Smart TV, atau Set-Top Box

Meskipun streaming Netflix di laptop Anda telah menjadi hal yang sebagian besar dilakukan oleh mahasiswa dan pengguna yang lebih muda secara keseluruhan, itu tetap sangat populer di kedua set- top box dan smart TV.

Muat Netflix di browser komputer Anda dan pilih profil Anda. Opsi streaming akan disinkronkan ke profil Anda sendiri karena berada di bawah opsi profil Anda dalam pengaturan. Jadi, pastikan Anda memilih (atau beralih) ke profil yang benar sebelum masuk.

Dalam pengaturan akun, Anda dapat melihat opsi pembayaran, alamat email untuk Netflix, mengubah paket dan pembayaran, dan banyak lagi.

Untuk mengubah pemutaran options:
Setelah masuk ke profil yang sesuai, klik ikon di sudut kanan atas.Klik ‘Akun’ dari tarik-turun.Gulir ke bawah bagian Profil & Kontrol Orang TuaKlik pada profil yang ingin Anda ubah pengaturannya. Temukan ‘Pengaturan Pemutaran’ dan ketuk ‘Ubah’ yang terletak di sebelah kanan langsung. Pilih opsi yang Anda inginkan dan klik ‘Save
Ada opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan putar otomatis di Netflix, bagian utama tampilan diambil dengan opsi untuk mengontrol resolusi Netflix Originals dan film favorit Anda akan diputar dengan.

Secara default, Netflix menyetelnya ke Otomatis di setiap profil, artinya video akan otomatis beralih berdasarkan kualitas interne Anda t perangkat. Jika Anda tidak dapat mendukung koneksi yang cukup cepat, Anda tidak dapat memutar video HD, dan Netflix akan otomatis menurunkan resolusi Anda. Bagi kebanyakan orang, ini adalah kompromi yang solid, menampilkan kualitas HD hampir sepanjang waktu dan memastikan Anda dapat menonton perpustakaan konten Netflix dalam definisi standar pada koneksi internet yang lebih lambat.

Bagi mereka yang ingin kualitas videonya selalu setinggi mungkin, pilih opsi “Tinggi”. Ini streaming dalam 720p/1080p atau 4K Ultra-HD, tergantung pada paket Anda dan menggunakan cukup banyak data per jam (3GB per jam streaming untuk video 1080p, 7GB per jam untuk video 4K).

Jika Anda ingin menghemat penggunaan data Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menurunkan kualitas streaming Anda. Opsi menengah mengalir dalam kualitas video “standar”, yang kami perkirakan sekitar 480p, dan hanya menghabiskan sekitar 700MB per jam.

Kami tidak menyarankan beralih ke Rendah, karena ini adalah penurunan kualitas UTAMA (serendah 240p pada koneksi paling lambat), tetapi jika Anda benar-benar perlu menyimpan data sebanyak mungkin, ini adalah cara yang baik untuk melakukannya. Kualitas rendah hanya menghabiskan biaya streamer sekitar 300MB per jam.

Perhatikan bahwa mengubah opsi ini di halaman web hanya memengaruhi komputer atau streaming berbasis televisi Anda, itu tidak akan mengubah streaming Anda di perangkat seluler. Untuk melakukannya, Anda harus mengubah pengaturan di ponsel atau tablet Anda. Demikian juga, perlu diperhatikan bahwa opsi ini hanya memengaruhi profil Anda. Jika Anda ingin menghemat data untuk setiap profil di akun Anda, Anda harus mengubahnya secara manual, satu per satu, untuk setiap akun.

Meningkatkan versi ke 4K

Meskipun Netflix mendukung pemutaran HD di semua akun, Anda tidak dapat melakukan streaming 4K pada paket paling dasar yang ditawarkan oleh Netflix. Meskipun hampir setiap Netflix Original direkam dan dialirkan dalam 4K, dan banyak film juga diberi opsi untuk streaming dalam 4K, Anda perlu meningkatkan akun Netflix agar benar-benar melakukan streaming file dengan resolusi lebih tinggi.

Untuk meningkatkan akun Anda, kembali ke opsi Akun dan cari opsi “Rincian Rencana” di tengah halaman. Anda akan menemukan paket streaming dan opsi paket DVD Anda di sini.

Jika Anda menggunakan paket streaming Standar, misalnya, Anda akan melihat ikon HD kecil di samping paket Anda, tetapi bukan opsi 4K. Ini berarti Anda hanya streaming dalam HD, bukan 4K Ultra-HD. Pilih “Ubah Paket” dari opsi ini untuk membuka menu untuk memilih paket Anda. Mulai Mei 2020, Netflix saat ini menawarkan 3 tingkatan berbeda:
Basic: Memungkinkan streaming standar-def pada satu layar seharga $8,99 per bulan. Standar: Paket paling populer, yang memungkinkan streaming 1080p dan dua streaming simultan. Paket ini saat ini akan memberi Anda $12,99 per bulan.Premium: Termasuk dukungan untuk Ultra-HD, dan kemampuan untuk melakukan streaming pada empat layar secara bersamaan seharga $15,99 per bulan.
Jika Anda mencari kualitas terbaik yang ditawarkan Netflix, Anda akan perlu membayar $15,99 itu per bulan. Itu mahal, tapi itulah yang diminta Netflix ketika datang ke aliran resolusi tinggi mereka. Sebagai alternatif, tetap menggunakan paket 1080p menghemat $36 per tahun, dan jika Anda tidak memiliki layar 4K, Anda pasti akan lebih baik menyimpan uang kembalian itu di saku Anda.

Netflix di Ponsel Cerdas Anda

Oke, jadi Anda telah mengubah opsi di desktop dan kotak streaming Anda sehingga gambar Anda jernih dan bersih. Sementara itu, Anda menghadapi masalah yang sama sekali berbeda pada ponsel cerdas Anda: data caps.

Bahkan paket tak terbatas melalui operator di Amerika Serikat memiliki batasan “lunak”, yang membatasi kecepatan data Anda setelah sejumlah streaming saat bepergian. Jika Anda ingin memaksimalkan data Anda—atau Anda ingin mengubah cara ponsel Anda mengunduh konten Netflix untuk pemutaran offline—kami juga memiliki panduan untuk itu. Mari kita lihat lebih dekat setiap opsi.

Opsi Streaming

Buka aplikasi di perangkat Android atau iOS Anda dan cari bilah menu di bagian bawah layar. Di sisi paling kanan layar, Anda akan melihat opsi untuk “Lainnya.” Klik ini dan cari Pengaturan Aplikasi di bagian bawah daftar, dan ketuk opsi itu. Pengaturan Aplikasi memungkinkan Anda untuk memilih dengan tepat apa yang Anda inginkan dalam aplikasi, dan opsi pertama yang tersedia mungkin adalah yang paling banyak dicari orang: pemutaran resolusi video.

Opsi di sini sangat berbeda dari yang biasanya disediakan oleh Netflix. Tidak seperti pilihan standar untuk opsi streaming pada tampilan pengaturan pemutaran normal di atas, Netflix pada platform seluler berfokus pada mengubah pemutaran perangkat Anda di sekitar data.

Ketika Anda memilih opsi pemutaran video, Anda akan melihat menu berlabel “Penggunaan Data Seluler.” Secara default, opsi ini diatur dengan “Otomatis” diaktifkan. Namun, jika Anda mau, Anda dapat mengubahnya hanya dengan mematikan pilihan, lalu memilih salah satu dari tiga opsi dari daftar di bawah ini:
Wi-Fi Only: Benar-benar menghentikan kemampuan streaming di jaringan seluler.Simpan data: Menurunkan kualitas streaming Anda untuk menghemat data Anda dalam proses. Data maksimum: Streaming kualitas video maksimum yang diizinkan oleh penyedia layanan Anda.
Alasan opsi ini tidak memungkinkan Anda untuk mengubah kualitas video sebenarnya dari streaming Anda di ponsel adalah berkat itu paket tak terbatas yang sama yang kami sebutkan di atas. Setiap operator di Amerika Serikat sekarang membatasi streaming video di jaringan mereka, yang berarti Anda harus mengatasi keterbatasan streaming video saat mobile.

Sejauh yang kami ketahui, tidak ada penyedia layanan seluler yang mengizinkan streaming lebih dari 1080p di jaringan mereka; banyak yang membatasinya hanya pada aliran video 480p atau 720p, tergantung pada operator dan paketnya. Anda akan ingin memeriksa dengan operator Anda dan rencana spesifik Anda untuk melihat apakah ini muncul dari sesuatu yang berkaitan dengan jaringan Anda sendiri dan jika Anda dapat meningkatkan paket Anda untuk kualitas yang lebih baik.

Opsi Unduhan

Daftar opsi di perangkat seluler Anda tidak hanya berisi kemampuan untuk mengubah opsi streaming untuk pemutaran, tetapi juga kemampuan untuk mengubah kualitas unduhan yang Anda simpan di perangkat Anda.
Masuk ke aplikasi Netflix dan pilih profil AndaTerletak tiga garis horizontal di kanan bawah sudut dan ketuk di atasnya Ketuk ‘Pengaturan Aplikasi’ Ketuk ‘Data Seluler’ Beralih di antara salah satu dari empat opsi unduhan yang sesuai
Tidak seperti opsi streaming, alasan Anda ingin mengubah opsi unduhan di Netflix sebenarnya adalah karena kemampuan menghemat ruang di perangkat Anda. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan dengan pesawat atau liburan panjang, Anda akan ingin memanfaatkan kemungkinan terbatasnya penyimpanan di ponsel Anda.

Ada dua opsi yang dapat Anda pilih dalam menu Pengaturan Aplikasi secara berurutan untuk memilih tingkat kualitas konten Anda:
Standard: Unduhan definisi standar. Jika Anda menonton video di ponsel, kemungkinan besar Anda akan baik-baik saja jika memilih opsi ini. Karena Anda menonton di layar yang tidak lebih besar dari enam inci, perbedaan kualitasnya sangat kecil. Namun, bagi Anda yang menonton di iPad atau tablet lain, Anda mungkin menemukan tingkat kualitas ini sedikit mengecewakan. Tinggi: Pengaturan ini menggunakan lebih banyak penyimpanan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunduh, tetapi terlihat jauh lebih baik di layar Anda. Resolusinya sekitar 720p atau lebih tinggi, meskipun mungkin tidak terlihat setajam unduhan standar dari iTunes atau pasar online lainnya.
Pada akhirnya, Anda mungkin lebih baik meninggalkan ponsel dalam mode Standar dan tablet dalam mode Tinggi. Opsi ini adalah cara terbaik untuk memaksimalkan pengalaman Anda saat streaming.

 

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: