Cara Menyesuaikan Sensitivitas Mouse di

Tidak mungkin menggunakan PC tanpa beberapa komponen tambahan yang ditempelkan ke komputer Anda. Monitor adalah suatu keharusan, karena Anda tidak dapat mengontrol apa pun di komputer Anda tanpa melihat menu dan program. Speaker juga penting, terutama jika Anda berencana menonton Netflix di komputer baru. Dan kami tidak dapat melupakan mouse dan keyboard, karena tanpa mereka, Anda tidak akan dapat menggunakan komputer Anda sama sekali. Meskipun laptop mungkin memiliki komponen ini di dalam sasisnya, jika Anda menggunakan komputer desktop, ini adalah kebutuhan mutlak sebelum Anda dapat memulai dan menjalankan perangkat Anda.

Bahkan jika Anda menggunakan laptop, mouse eksternal bukanlah hal buruk untuk dimiliki. Tidak seperti touchpad, mouse jauh lebih akurat, memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas yang tidak Anda inginkan dari touchpad. Dari bermain game hingga bekerja di Photoshop, mouse adalah alat yang sangat penting bagi siapa saja yang mencoba meningkatkan pengalaman komputasi mereka.

Tentu saja, membeli mouse saja tidak cukup. Mouse adalah alat yang rumit, dan Anda perlu menyesuaikan pengaturan pada PC Anda agar berfungsi dengan benar. Jika PC Anda terasa lambat karena sensitivitas mouse, menyesuaikan pengaturan mouse Anda adalah cara yang bagus untuk membuat Windows 10 lebih cepat dan lebih cepat dari sebelumnya. Mari kita lihat bagaimana mengatur sensitivitas mouse Anda menggunakan Windows 10.

Metode 1 – Menggunakan Control Panel

Sebagian besar fitur yang dapat Anda gunakan terdapat di Control Panel, begitu juga pengaturan mouse. Anda dapat menggunakan fitur Windows asli untuk mengatur kecepatan penunjuk Anda, kecepatan mengklik dua kali, dan bahkan mengubah tombol utama pada mouse Anda. Inilah yang harus Anda lakukan:
Tekan tombol Win + R bersamaan untuk membuka kotak Run. Ketik “Kontrol” dan tekan Enter ketika Anda melihat pop-up Panel Kontrol. Anda juga dapat mengakses panel kontrol dari menu Mulai. Saat Panel Kontrol terbuka, pilih “Perangkat Keras dan Suara”. Kemudian, pilih “Mouse” di bawah “Devices and Printers.” Jendela Mouse Properties akan terbuka. Tab “Tombol” memungkinkan Anda untuk mengganti tombol utama pada mouse Anda dan mengatur kecepatan klik dua kali. Klik pada tab “Opsi Pointer” untuk mengakses pengaturan sensitivitas mouse. Penggeser “Gerakan” memungkinkan Anda mengubah kecepatan penunjuk sesuka hati. Gerakkan penggeser ke kiri atau kanan hingga Anda mendapatkan sensitivitas yang diinginkan. Anda juga dapat mencentang kotak yang bertuliskan “Tingkatkan presisi penunjuk” untuk meningkatkan akurasi penunjuk Anda. Anda juga dapat menyesuaikan roda mouse dengan menambah atau mengurangi jumlah baris yang Anda lewati saat menggulir. Buka bagian “Wheel” dan masukkan berapa banyak baris yang ingin Anda lewati sekaligus di kotak “Vertical Scrolling”.
Jika Anda masih tidak puas dengan peningkatan sensitivitas mouse yang dihasilkan, Anda dapat mencoba menggunakan metode berikut.

Metode 2 – Menggunakan Peninjau Suntingan Registri

Peninjau Suntingan Registri juga dapat membantu Anda meningkatkan sensitivitas mouse, tetapi ini sedikit lebih teknis dan rumit. Anda juga harus sangat berhati-hati saat melakukan perubahan karena Anda dapat merusak file sistem jika Anda mengubah file registri yang salah.

Anda perlu menemukan file yang menangani pengaturan kecepatan mouse dan meningkatkan sensitivitas sejauh mungkin. Jika Anda menaikkan nilai di atas level yang disarankan, mouse Anda sebenarnya bisa menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Inilah yang harus Anda lakukan:
Tekan tombol Win + R bersamaan untuk mengakses kotak Run. Ketik “regedit” dan tekan Enter. Ketika prompt Kontrol Akun Pengguna muncul, klik “Ya,” dan Editor Registri akan terbuka. Pilih “File” di sudut kiri atas jendela dan pilih “Ekspor” untuk membuat cadangan registri Anda jika ada sesuatu yang tercampur ke atas. Dengan begitu, Anda selalu dapat memulihkan registri ke titik ini dan membatalkan kesalahan potensial yang dapat Anda buat. Di jendela kiri Editor Registri, temukan baris ini: “Computer > HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Mouse.” Saat Anda mencapai registri file, pindahkan kursor Anda ke sisi kanan dan pilih “MouseSpeed.” Saat jendela terbuka, tulis angka 2 di mana tertulis “Value data.” Klik “OK” untuk menyimpan perubahan. Temukan dan pilih “MouseThreshold1” dan ubah “Value data” menjadi 0. Klik “OK.” Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah memilih “MouseThreshold2” dan juga mengatur “Value data” ke 0. Klik “OK.” Jika Anda menyelesaikan setiap langkah, sensitivitas mouse Anda harus disetel ke nilai maksimum. Tutup Registry Editor dan restart PC Anda agar perubahan diterapkan.
Metode 3 – Menggunakan Tombol DPI Mouse

Secara teknis, metode ini adalah yang paling mudah, tetapi tidak mungkin jika Anda tidak memiliki tombol DPI pada mouse Anda. Fitur ini terdapat pada mouse gaming, tetapi sebagian besar mouse kantor tidak dilengkapi dengan tombol DPI.

Tergantung pada mouse Anda, tombol DPI memiliki antara 3 dan 7 mode berbeda. Sensitivitas mouse tergantung pada berapa banyak titik per inci (DPI) yang dihasilkan laser pada mouse Anda. Mouse gaming dimulai dengan 700-800 DPI dan dapat memiliki hingga 3000-4500 DPI. Tekan tombol DPI sambil menggerakkan penunjuk hingga Anda mencapai kecepatan yang Anda inginkan.

Siap, Mantap, GO!

Sekarang setelah Anda mengetahui tiga cara berbeda untuk mengubah sensitivitas mouse di Windows 10, Anda siap menunjukkan keahlian navigasi dan bidikan Anda . Saat menggunakan metode kedua, pastikan untuk membuat titik pemulihan untuk registri PC Anda untuk berjaga-jaga jika Anda secara tidak sengaja mencampur file registri.

Metode apa yang Anda gunakan untuk mengubah sensitivitas mouse Anda? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: