Cara Menyimpan Gambar di Halaman Web Saat Klik Kanan Dinonaktifkan

Device Links
ChromeFirefoxSafariPerangkat Hilang?
Menyimpan gambar dari situs web adalah proses yang cukup mudah. Umumnya, yang diperlukan hanyalah mengklik kanan pada gambar dan menyimpannya ke komputer Anda. Namun terkadang, situs web mencegah orang menyalin teks atau gambar dari halaman mereka agar tidak dipublikasikan di tempat lain. Banyak halaman melawan berbagi gambar yang tidak sah dengan menonaktifkan fungsi klik kanan. Untungnya, ada cara untuk mengatasi ini.

Jika Anda mencari cara untuk menyimpan gambar saat klik kanan dinonaktifkan, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membagikan tips bermanfaat untuk membantu Anda melewati blokir di Chrome, Firefox, dan Safari.

Menyimpan Gambar Saat Klik Kanan Dinonaktifkan di Chrome

Untuk menyimpan gambar dari situs web di Chrome, pengguna biasanya cukup mengeklik kanan dan memilih “ Simpan gambar” dari menu. Namun, fitur ini tidak selalu tersedia. Jika situs web tempat Anda mencoba mengunduh gambar telah memblokir fitur klik kanan, jangan khawatir.

Berikut adalah metode yang berbeda untuk “memecahkan kode” dan menyimpan gambar saat klik kanan dinonaktifkan di Chrome.

Melalui Pengembang Tools

Akses Alat Pengembang browser Chrome Anda untuk mengubah pengaturan klik kanan. Berikut ini cara melakukannya.
Navigasi ke situs web yang memiliki gambar yang ingin Anda simpan.Klik kanan pada ruang putih kosong di halaman yang berisi gambar tersebut.Pilih “Periksa” dari menu tarik-turun. Atau, tekan tombol “Ctrl + Shift + I” untuk meluncurkan Alat Pengembang. Temukan tab “Aplikasi” di bagian atas layar Alat Pengembang. Jika Anda tidak melihat tab tersebut, klik pada dua kanan- panah menunjuk samping untuk memperluas menu dan pilih “Aplikasi.” Navigasi melalui jendela sebelah kiri sampai Anda menemukan folder bernama “Bingkai.” Klik panah kiri untuk memperluasnya. Ketika Anda melakukannya, perluas nama situs tempat Anda ingin menyimpan gambar. Perluas folder “Gambar”. Cari gambar yang ingin Anda unduh. Klik untuk versi yang diperbesar, lalu pilih “Simpan gambar” untuk simpan ke komputer Anda.
Nonaktifkan JavaScript

Kebanyakan pemilik situs web mencegah klik kanan menggunakan JavaScript. Peretasan sederhana adalah dengan menonaktifkan JavaScript dari Chrome, dan Anda dapat mengeklik kanan gambar untuk mengunduhnya.

Berikut caranya:
Buka halaman yang berisi gambar yang ingin Anda unduh di Chrome.Pilih ikon pad di sebelah nama situs web di bilah alamat.Klik “Pengaturan Situs” dan pilih opsi “JavaScript”.Blokir JavaScript dengan mengklik tombol “Blokir”.Muat ulang halaman dan coba klik kanan pada gambar lagi.
Perhatikan bahwa memblokir JavaScript dapat merusak halaman web di browser Anda. Anda mungkin ingin membuka blokirnya jika Anda berencana mengunjungi situs web itu lagi.

Gunakan Ekstensi

Saat ini, tampaknya ada ekstensi untuk semuanya. Dan ekstensi untuk mengaktifkan klik kanan tidak terkecuali. Berikut cara melakukannya:
Navigasikan ke Toko Web Chrome dan temukan perangkat lunak “Aktifkan Klik Kanan”. Pilih “Tambahkan ke Chrome.” Luncurkan halaman tempat Anda ingin mengunduh foto dan klik ikon ekstensi di sebelah kanan bilah alamat.Tekan “Aktifkan Klik Kanan” untuk menyalin konten dengan mengklik kanannya.
Ambil Tangkapan Layar

Kecuali Anda menjelajahi situs web yang berisi informasi yang sangat rahasia, Anda seharusnya dapat mengambil tangkapan layar dari gambar yang ingin diunduh. Sebagian besar laptop memiliki opsi tangkapan layar yang dapat Anda gunakan juga.

Mencetak ke PDF

Metode ini sangat mirip dengan tangkapan layar. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Tekan tombol “Ctrl + P” pada keyboard untuk mencetak halaman. Pilih “PDF” dari prompt pengaturan. Untuk melakukannya, pilih “Tujuan,” lalu “Simpan sebagai PDF” di dialog Cetak.
Ini akan mengonversi halaman web menjadi dokumen PDF.

Simpan Gambar Saat Klik Kanan Dinonaktifkan di Firefox

Firefox adalah browser yang sangat dapat disesuaikan dan memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan situs web yang berbeda, termasuk fitur perlindungan klik kanan. Cara termudah untuk melakukannya adalah menonaktifkan JavaScript, tetapi kami akan menambahkan beberapa metode lagi untuk berjaga-jaga.

Nonaktifkan JavaScript

Kebanyakan situs web menggunakan JavaScript untuk mencegah pengguna menyalin konten dari halaman mereka, tetapi tweak sederhana akan memungkinkan Anda melakukannya tanpa masalah .

Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka halaman web tempat Anda ingin mengunduh gambar. Arahkan ke “Alat”, lalu “Opsi.” Pilih tab “Konten”. Hapus centang pada kotak di samping “Aktifkan JavaScript.” Muat ulang halaman. Anda seharusnya dapat menyimpan gambar yang Anda inginkan.
Pastikan untuk mengaktifkan kembali JavaScript setelah Anda selesai mengunduh konten yang Anda butuhkan. Jika tidak, Anda berisiko merusak halaman web Anda.

Nonaktifkan Fitur Sementara

Cara lain untuk menyimpan gambar saat klik kanan dinonaktifkan di Firefox adalah dengan mengubah pengaturan pada halaman konfigurasi. Ini akan menonaktifkan fitur klik kanan untuk sementara.
Klik kanan pada gambar yang ingin Anda simpan.Tekan “Shift.”
Menu konteks akan muncul, meskipun biasanya harus diblokir.

Tweak Halaman Konfigurasi
Buka halaman Konfigurasi Firefox dengan mengetik “about:config” di bilah alamat. Konfirmasikan prompt yang muncul di layar. Masukkan “konteks” ke bilah pencarian di bagian atas dan cari file berikut: “dom.event.contextmenu.enabled.” Klik dua kali pada baris untuk mengubahnya menjadi “false.” Kembali ke situs web tempat Anda ingin mengunduh gambar dan klik kanan pada gambar.
Jangan kaget melihat fitur klik kanan dinonaktifkan. Segera setelah Anda menutup menu, Anda akan dapat mengunduh gambar.

Gunakan Ekstensi

Menggunakan ekstensi adalah cara mudah untuk mengabaikan fitur klik kanan bagi pengguna Firefox. Cukup navigasikan ke halaman Pengaya Mozilla dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Temukan Pengaktifan Mutlak Klik Kanan & Salin pengaya.Tambahkan ekstensi ke browser Anda. Pastikan itu dihidupkan ketika Anda mengunjungi halaman yang diinginkan.Unduh gambar dengan mengklik kanan di atasnya.
Simpan Gambar Saat Klik Kanan Dinonaktifkan di Safari

Dibandingkan dengan Chrome dan Firefox, Safari memiliki opsi paling sedikit untuk menyimpan gambar dari situs web yang dilindungi hak cipta. Namun, cara terbaik dan paling mudah untuk melakukannya adalah dengan menonaktifkan JavaScript.

Nonaktifkan JavaScript

Banyak situs web menjalankan JavaScript untuk membantu melindungi konten mereka dari berbagi dan mengunduh yang tidak sah. Anda dapat menonaktifkan JavaScript di Safari untuk melewati masalah dengan cepat.

Berikut cara melakukannya:
Luncurkan Safari di Mac Anda.Buka menu aplikasi dan klik “Preferences.” Arahkan ke tab “Security”.Hapus centang pada kotak “Enable JavaScript” .
Ini akan mencegah JavaScript berjalan di situs web tempat Anda ingin mengunduh gambar. Lanjutkan ke situs web untuk menyimpan gambar, lalu aktifkan kembali JavaScript dengan mengulangi langkah-langkah di atas dan centang kotak “Aktifkan JavaScript”.

Ambil Tangkapan Layar

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda selalu dapat mengambil tangkapan layar dari gambar apa pun . Cukup tekan tombol berikut di Mac Anda:
“Shift + Command + 3” untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar“Shift + Command + 4” untuk menyimpan sebagian layar
Melewati Fitur Klik Kanan

Perlindungan konten adalah masalah besar bagi banyak situs web dan menonaktifkan fitur klik kanan adalah cara bagi mereka untuk melindungi materi mereka. Untungnya, ada cara mudah untuk mengatasinya, dan kami baru saja membagikannya kepada Anda. Baik Anda pengguna Chrome, Firefox, atau Safari, kini Anda mengetahui setidaknya beberapa metode untuk menyimpan gambar dari situs web yang dilindungi hak cipta.

Metode mana yang paling cocok untuk Anda? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: