Cara Merawat Laptop Setelah Kecipratan Air atau Minuman di atasnya

Kita semua pernah ke sana, berang-berang di depan laptop kita dan tidak menyadari seberapa dekat minuman kita dengannya sebelum secara tidak sengaja menjatuhkannya ke perangkat kita.

Tapi sebenarnya tidak ada gunanya ribut dan marah karena waktu adalah esensi dan setiap detik berharga dalam hal memastikan tidak ada kerusakan nyata yang dilakukan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara meminimalkan kerusakan komponen internal pada laptop Anda setelah tumpah. Selain itu, kami akan memberi tahu Anda cara melindungi laptop Anda dari tumpahan di masa mendatang – untuk berjaga-jaga.

1. Matikan Laptop Anda

Hal pertama yang pertama. Lupakan tentang menyimpan file dan lepaskan catu daya laptop Anda secepatnya. Jika tersambung ke kabel adaptor:
Cabut sumber daya dari dinding. Lepaskan kabel daya dari komputer Anda. Tahan tombol daya hingga komputer benar-benar mati. Cabut baterai jika dapat diakses dan Anda merasa yakin untuk melakukannya. Beberapa laptop mempermudah pelepasan baterai dengan menyertakan kait pelepas. Yang lain perlu melepas seluruh pelat belakang. Lepaskan semua perangkat eksternal (mouse, drive USB, dongle, dll.). Berpotensi, mereka dapat terus menarik daya dari komputer Anda, yang merupakan hal terakhir yang Anda inginkan.
Semakin lama laptop Anda memiliki daya, semakin banyak cairan yang merembes ke komponen internal yang dapat merusaknya. Lakukan langkah-langkah di atas secepat mungkin untuk membantu meminimalkan kerusakan listrik dan sirkuit.

2. Mengeringkan dan Menguras Cairan

Hal lain yang perlu dilakukan segera setelah mematikan komputer adalah menyerap dan mengalirkan cairan sebanyak mungkin ke permukaan laptop. Begini caranya:
Sedot kelebihan cairan pada keyboard menggunakan handuk kertas penyerap atau kain/kain. Keringkan permukaannya sekering mungkin. Pada permukaan yang rata, dalam bentuk “V” terbalik, balikkan laptop untuk mengalirkan cairan dari keyboard, layar, ventilasi udara, dan celah lainnya. Itu bisa duduk seperti itu sampai Anda yakin sebagian besar cairan telah terkuras. Jika cairannya adalah air biasa, biarkan laptop Anda terbuka semalaman untuk mengeringkan sisa tetesan di dalamnya. Apa pun yang Anda lakukan, jangan nyalakan kembali komputer Anda sampai Anda yakin 100% kering.
Jenis cairan membuat perbedaan. Air biasa kurang asam. Cairan manis dan beralkohol lebih asam dan konduktif bila dicampur dengan barang-barang listrik. Tidak hanya akan meninggalkan residu lengket saat kering, tetapi juga dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal. Dalam skenario terburuk, ini dapat menyebabkan mereka menjadi terlalu panas dan berhenti bekerja.

3. Buka Laptop Anda

Jika memungkinkan dan Anda merasa percaya diri melakukannya, buka laptop Anda untuk melepas dan mengeringkan komponen.

Anda harus melepas hard drive dan RAM secara khusus untuk mengeringkan dan membersihkan bagian tersebut dengan kapas dan alkohol (jika cairannya bukan air ). Luangkan waktu Anda untuk melepas setiap komponen dengan hati-hati, keringkan dan bersihkan, lalu ganti dengan hati-hati.

Atau, mintalah spesialis lain untuk melakukan ini.

4. Bawa Laptop Anda ke Profesional

Apakah laptop Anda masih bergaransi? Jika demikian, periksa rincian garansi Anda, karena Anda mungkin bisa memperbaikinya atau menggantinya tanpa biaya. Atau Anda dapat membawa laptop Anda ke bengkel terkemuka. Jika laptop Anda memiliki bengkel khusus seperti Apple, bawalah ke sana; atau ke bisnis yang mengkhususkan diri dalam memperbaiki merek laptop Anda.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Bagaimana cara melindungi laptop saya dari tumpahan air?

Untuk membantu menjaga laptop Anda tetap aman dan lebih tahan air, Anda dapat melengkapinya dengan alat pelindung. Pertimbangkan opsi berikut:

· Penutup keyboard plastik atau silikon. Ini mungkin pilihan terbaik untuk mencegah cairan masuk ke dalam laptop Anda melalui keyboard Anda. Penutup keyboard tahan air harus pas di atas tombol. Karena itu, dapatkan satu khusus untuk merek dan model laptop Anda. Mereka juga tersedia dalam berbagai warna.

Untuk melindungi bagian luar laptop Anda:

· Gunakan wadah kedap air untuk melindungi dari tumpahan kecil. Casing dapat disesuaikan agar sesuai dengan bagian atas dan bawah laptop Anda. Beberapa terbuat dari plastik tebal, yang merupakan bahan tahan air yang sempurna. Kasing akan membuat port dan area kipas tidak terbuka. Oleh karena itu, tidak boleh diandalkan untuk melindungi dari tumpahan besar.

· Anda dapat membeli selongsong tahan air atau tahan air yang empuk. Untuk perlindungan ekstra, beberapa desain menyertakan tas luar dan dalam. Opsi ini nyaman saat Anda bepergian.

Simpan Minuman Anda Di Suatu Tempat Else

Meskipun jauh lebih baik untuk memiliki minuman di sisi Anda saat Anda bekerja, menjauhkannya dari meja bermanfaat untuk mencegah tumpahan laptop. Selain itu, jika Anda meletakkannya di suatu tempat yang mengharuskan Anda berjalan untuk mendapatkannya, itu bisa menjadi alasan untuk bangun dan meregangkan kaki Anda, yang mungkin bisa digunakan untuk langkah harian Anda. Selain itu, Anda tidak perlu berinvestasi dalam perlengkapan tahan air laptop jika Anda melakukan ini.

Bertindak Cepat untuk Mengurangi Kerusakan Cairan pada Laptop Anda

Tumpahan cairan yang tidak disengaja ke seluruh laptop Anda dapat terasa seperti akhir dunia. Kerusakan akibat cairan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan sirkuit internal, yang menyebabkan perbaikan ekstensif – atau bahkan lebih buruk lagi – yang mengharuskan Anda membeli laptop baru. Untungnya, ketika Anda tahu apa yang harus dilakukan, Anda dapat meminimalkan kerusakan.

Dalam skenario ini, Anda harus segera memutuskan daya ke laptop Anda dan mematikannya. Putuskan sambungan semua perangkat eksternal dan keringkan laptop dan komponen internal sekering mungkin. Memeriksakannya ke spesialis adalah ide yang bagus. Juga, cari tahu apakah itu masih dalam garansi.

Apakah Anda pernah menumpahkan cairan di laptop Anda? Bagaimana hasilnya? Beri tahu kami di bagian komentar.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: