Cara Restart Router [Xfinity, Spectrum, Eero, More]

A router adalah kunci untuk menyediakan akses internet ke beberapa perangkat di rumah atau kantor Anda. Namun terkadang koneksi router Anda gagal. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yang terkait dengan alamat IP pribadi dan publik yang dikelolanya.

Jika Anda mengalami masalah dengan router Anda, kami akan menunjukkan cara memulai ulang untuk membersihkan memori jangka pendeknya dan semoga memberikan koneksi internet yang lebih kuat setelah dicadangkan dan berjalan.

Kami juga akan menunjukkan cara me-restart berbagai router, plus cara me-restart router dari jarak jauh dari komputer atau ponsel Anda.

Cara Memulai Ulang Router Xfinity

Untuk me-restart router Xfinity Anda secara manual, lakukan hal berikut:
Locate tombol “Reset” terdapat di bagian depan atau belakang router. Tahan tombol setidaknya selama lima detik. Setelah Anda melepaskan tombol, router Anda akan disetel ulang dan akan dimulai ulang.
Jika Anda tidak memiliki tombol “Reset” Anda dapat memulai ulang dengan:
Mematikan router Anda.Cabut kabel daya.Tunggu sekitar satu menit.Sambungkan kembali kabel dan tunggu sekitar 30 detik sebelum menyalakannya kembali.
Setelah lampu status selesai, konfirmasi apakah r perangkat Anda dapat terhubung dengan sukses ke internet.

Cara Memulai Ulang Router Spectrum

Untuk me-restart router Spectrum Anda secara manual:
Putuskan sambungan router Anda dari sumber listrik dan keluarkan baterai apa pun.Tunggu sekitar satu menit sebelum memasang kembali baterai (jika ada). Hubungkan kembali router Anda ke sumber listrik.Tunggu sekitar dua menit saat router dimulai ulang.Lampu status akan mengonfirmasi status online router.Periksa apakah perangkat Anda berhasil tersambung ke internet.
Cara Memulai Ulang Router AT&T

Untuk memulai ulang AT&T router:
Matikan PC Anda.Temukan tombol “Reset”, baik di belakang atau di samping input daya pada router.Tekan lama tombol setidaknya selama lima detik. Jangan menekan lebih dari sembilan detik, karena ini dapat mereset unit ke pengaturan pabriknya dengan menghapus semua pengaturan Anda. Tunggu hingga lampu LED hijau solid muncul untuk mengonfirmasi bahwa restart telah selesai. Konfirmasikan bahwa perangkat Anda berhasil tersambung ke internet.
Cara Restart Eero Router

Untuk me-restart unit eero router Anda, lakukan hal berikut:
Temukan tombol “Reset” dan tekan lama hingga LED berkedip kuning. Setelah kira-kira tujuh detik lepaskan. Setelah beberapa detik, lampu LED router eero seharusnya kembali ke putih solid dengan garis hijau.Periksa perangkat Anda dapat terhubung ke internet.
Cara Restart Router Linksys

Untuk me-restart router Linksys Anda:
Matikan unit melalui tombol daya.Putuskan kabel daya.Tunggu sebentar atau jadi sebelum menyambungkan kembali kabel daya. Nyalakan kembali router dengan menekan tombol daya. Pastikan perangkat Anda dapat terhubung dengan sukses ke internet.
Cara Restart Router dari Jarak Jauh
nb spRestart router dari jarak jauh dapat dilakukan dengan masuk ke antarmuka router Anda sebagai administrator menggunakan IP Anda. Begini caranya:
Dari komputer Anda, luncurkan jendela browser web baru. Ketikkan alamat IP router Anda ke dalam URL. Pada layar masuk, masukkan kredensial admin Anda. Setelah masuk, cari opsi untuk memulai ulang router Anda. Ini biasanya ditemukan melalui bagian “Lanjutan” dari menu perute. Klik opsi “Boot ulang”. Router Anda kemudian dapat menampilkan hitungan mundur untuk mematikan. Setelah router Anda dimatikan, router akan restart secara otomatis. Proses ini biasanya memakan waktu 30 hingga 60 detik untuk selesai.
Restart Jarak Jauh Menggunakan Windows Telnet

Jika router Anda dapat memulai ulang menggunakan klien Windows Telnet, Anda dapat memulai ulang dari jarak jauh. Setelah Anda mengaktifkan klien Telnet di Windows 10:
Pilih “Mulai” dan buka “Klien Telnet.” Ketik “Buka” lalu tekan “Enter,” Anda mungkin diminta untuk memasukkan kredensial admin. Setelah terhubung, masukkan “bantuan system” untuk menemukan perintah reboot. Ketik perintah reboot untuk me-restart router Anda.
Restart Jarak Jauh Menggunakan Smart Plug

Atau, Anda bisa mencolokkan router Anda ke “Smart Plug.” Dengan metode ini, setiap kali Anda mengalami masalah koneksi dan perlu memulai ulang router, Anda dapat mengakses “Smart Plug” melalui aplikasinya di ponsel Anda.

Dari antarmuka cukup putuskan sambungan lalu sambungkan kembali daya untuk memulai ulang router.

Bagaimana caranya untuk Memulai Ulang Router Dari Ponsel Anda

Memulai ulang router dari jarak jauh melalui ponsel Anda dapat dilakukan dengan masuk ke router Anda sebagai administrator dari browser web. Anda memerlukan alamat IP perute lalu lakukan hal berikut:
Buka jendela peramban web baru dari ponsel Anda. Ketik alamat IP perute Anda ke bilah alamat. Pada layar masuk, masukkan kredensial admin Anda. Setelah masuk, temukan pilihan untuk me-restart router Anda. Biasanya ditemukan melalui bagian “Lanjutan” dari menu router. Klik opsi “Reboot”, router Anda kemudian dapat menampilkan hitungan mundur untuk mematikan. Setelah router dimatikan, router akan restart secara otomatis. Seluruh proses biasanya memakan waktu 30 hingga 60 detik.
Tambahan FAQ
Apakah Mencabut Router Menyetel Ulang?

Ya, benar. Memutuskan daya dari router selama 30 detik atau lebih sebelum menyambungkan kembali akan melakukan soft reset (memulai ulang).

Memberikan Awal yang Baru pada Router

Memutuskan sambungan router atau menahan tombol “Reset” selama beberapa detik dapat menghasilkan keajaiban.

Ini akan menghapus cache-nya, mengatur ulang penetapan IP, dan berfungsi sebagai alat pemecahan masalah yang hebat. Setelah router Anda dimulai ulang, koneksi Wi-Fi Anda akan lebih kuat, dan router akan terus beroperasi seperti yang diharapkan. Sebagai praktik, mungkin ada baiknya untuk sesekali me-restart router Anda, seperti yang Anda lakukan pada komputer Anda.

Apakah memulai ulang router membantu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: