Cara Streaming Langsung di YouTube

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
YouTube awalnya adalah perpustakaan video paling luas di dunia. Sejak itu, ia telah berkembang pesat, dan streaming langsung adalah bagian besar dari model bisnis. Namun, streaming langsung tidak seintuitif yang Anda kira.

Jika Anda memiliki saluran baru dan berpikir untuk menyelenggarakan streaming langsung, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel berikut akan mengajari Anda cara melakukan streaming YouTube langsung dari berbagai perangkat dan platform.

Cara Streaming Langsung di YouTube Dari PS4

Apakah Anda ingin melakukan streaming beberapa gameplay langsung di YouTube? PS4 membuatnya sangat mudah, tetapi pertama-tama, penting untuk menautkan akun Anda. Berikut cara memulai:
Buka menu Pengaturan di PS4 Anda. Arahkan ke “Pengelolaan Akun”. Pilih opsi “Tautkan dengan Layanan Lain”. Pilih YouTube dari daftar. Tekan tombol “Masuk”. Masuk ke Google Akun yang Anda gunakan di YouTube. Saat diminta, tekan tombol “Izinkan” untuk membiarkan PlayStation Network memverifikasi kredensial Anda. Tekan tombol “OK” untuk menyelesaikan sinkronisasi akun Anda. streaming langsung.
Mulai game yang ingin Anda streaming.Tekan tombol “Bagikan” pada pengontrol.Pilih opsi “Siaran Gameplay”.Pilih YouTube sebagai layanan pilihan.Ketik deskripsi siaran.Konfigurasikan pengaturan video Anda.Tekan tombol Tombol “Mulai Siaran”.
Sekarang Anda siap untuk melakukan siaran langsung dan berbagi keahlian Anda dengan dunia.

Cara Melakukan Streaming Langsung di YouTube Dari Xbox

Microsoft memungkinkan pengguna Xbox untuk melakukan streaming dengan mudah di platform populer seperti Twitch dan Mixer. Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang YouTube. Konsol tidak memiliki aplikasi penyiaran YouTube asli.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi masalah ini jika Anda memiliki PC yang dapat digunakan.
Buka Microsoft Store.Unduh dan instal aplikasi Xbox Console Companion.Unduh dan instal OBS Studio software.Luncurkan aplikasi Xbox Console Companion di PC atau laptop Anda.Masuk menggunakan akun Microsoft/Xbox Anda.Klik ikon menu di sudut kiri atas.Pilih opsi “Koneksi”.Klik tombol “Tambah perangkat”. Nyalakan Xbox Anda untuk melihatnya di daftar.Hubungkan Xbox Anda ke komputer Anda.Klik tombol “Stream” di bilah alat atas.Mulai ulang Xbox Anda jika layarnya tidak muncul di komputer Anda.Klik ikon layar penuh di Xbox Console Companion app.
Ini akan menyiarkan layar Xbox Anda ke aplikasi pendamping Anda. Sekarang, Anda harus mengonfigurasi OBS Studio untuk melakukan streaming gameplay Xbox dari komputer Anda.
Buka aplikasi OBS Studio. Buka panel Scenes dan tambahkan scene baru. Beri nama scene Anda dan tekan “OK.” Klik tanda plus (+ ) di panel Sumber. Buka “Game Capture.” Pilih opsi “Create New Capture”. Gunakan opsi “Capture Specific Window” di tab Mode. Gunakan Xbox Console Companion di tab Window. Arahkan ke “Settings” di OBS Studio, terletak di bawah header Controls.Klik tombol “Stream”.Pilih YouTube sebagai Layanan.Klik tombol “OK” dan mulai streaming.
Perhatikan bahwa langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi OBS Studio yang Anda jalankan .

Cara Streaming Langsung di YouTube Dari iPhone

Untuk streaming dari iPhone, Anda memerlukan aplikasi YouTube.
Unduh aplikasi YouTube jika Anda belum memilikinya. Ketuk ikon Kamera di sudut kanan atas layar. Ketuk tombol “Langsung”. Izinkan aplikasi mengakses kamera, mikrofon, dan penyimpanan Anda. Verifikasi akun Anda i f diperlukan dengan mengikuti petunjuk. Ketuk ikon Kamera di bagian atas untuk memilih kamera mana yang akan digunakan saat streaming. Masukkan detail streaming. Konfigurasikan pengaturan privasi Anda dan ketuk “Berikutnya.” Berpose untuk foto thumbnail Anda. Gunakan thumbnail khusus jika Anda tidak puas. Ketuk ikon Bagikan untuk membagikan URL streaming. Ketuk tombol “Siarkan Langsung” saat Anda siap melakukan streaming.
Jangan lupa bereksperimen dengan filter dan fitur penyesuaian lainnya.

Cara Streaming Langsung di YouTube Dari Android

Jika Anda belum menginstal aplikasi YouTube, pastikan untuk menuju ke Google Play Store dan menginstalnya.
Ketuk ikon Kamera di sudut kanan atas.Ketuk tombol “Langsung”.Berikan akses aplikasi saat diminta .Verifikasi akun Anda jika diminta.Ketuk ikon Kamera dan pilih kamera mana yang akan digunakan saat streaming.Ketuk ikon Telepon jika Anda ingin mengalirkan layar ponsel Anda.Masukkan detail streaming Anda.Konfigurasikan setelan privasi Anda.Ketuk tombol “Berikutnya”. Ambil foto mini. Opsional, gunakan cust om thumbnail dengan mengunggahnya. Ketuk ikon Bagikan untuk membagikan URL streaming. Ketuk tombol “Siarkan Langsung” setelah selesai.
Anda hanya perlu mengizinkan aplikasi mengakses kamera, penyimpanan, dan mikrofon Anda sekali. Sesi streaming mendatang tidak akan meminta akses lagi.

Cara Streaming Langsung di YouTube Menggunakan OBS

OBS adalah aplikasi penyiaran terkemuka gratis yang bersinergi sempurna dengan YouTube. Namun sebelum dapat memulai streaming langsung, Anda harus memenuhi persyaratan saluran tertentu, memverifikasi akun, dan mendapatkan kunci streaming Anda. Lihat langkah-langkah di bawah ini untuk memulai:
Buka YouTube Studio.Klik ikon Kamera di sudut kanan atas layar.Pilih opsi “Siarkan Langsung”. Pilih “Stream Terjadwal”. Tekan tombol “Buat Streaming”.Lihat untuk kunci yang dibuat secara otomatis di bawah panel Pengaturan Aliran.Salin kunci.
Sekarang saatnya untuk menautkan akun Anda.
Buka OBS Studio.Buka menu Pengaturan.Buka tab Video dan Output.Konfigurasikan aliran Anda sesuka Anda.Navigasi ke tab Stream di menu sebelah kiri.Buka “Layanan.”Pilih YouTube sebagai layanan streaming pilihan.Tempel kunci streaming Anda di bidang Stream Key.Buka menu Audio untuk mengonfigurasi pengaturan suara.Terapkan semua perubahan.Buka ke panel Sumber dan tekan ikon plus (+). Pilih metode pengambilan yang diinginkan, misalnya, Game Capture, Display Capture, dll. Buat sumber baru jika Anda juga ingin melakukan streaming webcam Anda. Klik opsi “Mulai Streaming” di OBS Studio.Buka Dasbor YouTube Anda dan klik “Siarkan Langsung”.
Koneksi akan stabil sh dalam hitungan detik, lalu streaming langsung Anda dalam penundaan 20 detik akan dimulai.

Cara Streaming Langsung di YouTube Dari Zoom

Ingin streaming webinar atau rapat di YouTube secara real-time? Ini lebih mudah daripada yang Anda pikirkan dengan Zoom.

Namun, pertama, Anda harus mengaktifkan streaming YouTube.
Buka Manajemen Akun.Klik “Pengaturan Akun.” Arahkan ke bagian “Dalam Rapat”. Aktifkan “Izinkan streaming langsung untuk webinar ” opsi.Pilih YouTube sebagai layanan.
Ini akan mengaktifkan streaming untuk rapat dan webinar.
Masuk ke akun Zoom Anda dan menyelenggarakan rapat atau webinar.Di bawah menu Kontrol, klik tombol “Lainnya”. Pilih “Langsung di YouTube. ”Login ke akun YouTube Anda.Masukkan detail streaming.Buat pengaturan privasi Anda.Klik tombol “Go Live!” option.
Perhatikan bahwa streaming akan otomatis berhenti jika webinar atau rapat Anda berakhir.

Cara Streaming Langsung di YouTube Dari Google Meet

Google Meet tidak memiliki fitur penyiaran bawaan yang memungkinkan streaming YouTube langsung. Namun, Anda masih dapat melakukan streaming langsung rapat Anda.

Anda memerlukan yang berikut:
Akun YouTube terverifikasiKunci streaming YouTube StudioPerangkat lunak OBS Studio
Setelah Anda memverifikasi akun menggunakan nomor telepon Anda, mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam bagi YouTube untuk memverifikasinya dan memungkinkan Anda melakukan streaming.

Saat siap melakukan streaming, buka aplikasi OBS Studio Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:
Buka menu Pengaturan.Buka tab Video dan Output.Konfigurasikan streaming Anda.Buka tab Stream di menu sebelah kiri.Buka ke “Layanan.” Pilih YouTube sebagai layanan streaming pilihan. Tempel kunci streaming Anda di bidang Kunci Aliran. Pilih “Jendela Tangkap” dari daftar Sumber. Pilih jendela yang menjalankan rapat Google Meet Anda. Klik tombol “Siarkan Langsung” di dasbor YouTube Anda.
Tanya Jawab Tambahan
Bisakah Saya Streaming Langsung Tanpa 1.000 Pelanggan?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Anda tidak dapat membuat streaming langsung di YouTube sampai Anda mendapatkan minimal 1.000 pelanggan dan memverifikasi saluran Anda. Anda juga tidak dapat memiliki pembatasan streaming dalam 90 hari sebelumnya.

Sudah Memiliki Pelanggan?

Seperti yang Anda lihat, dalam banyak kasus streaming di YouTube adalah proses yang mudah. Tetapi memiliki aplikasi perekaman dan penyiaran khusus seperti OBS Studio mungkin juga diperlukan.

Selain itu, mengonfigurasi streaming Anda mungkin memerlukan waktu sebelum Anda mendapatkan kualitas audio dan video yang tepat berdasarkan peralatan Anda.

Beri tahu kami bagaimana pengalaman live YouTube Anda dibandingkan dengan yang lain platform dan apa yang menurut Anda dapat ditingkatkan oleh Google di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: