Chrome Tidak Meminta untuk Menyimpan Kata Sandi – Cara Memperbaiki

Praktik keamanan yang baik adalah memiliki kata sandi yang unik dan sulit ditebak untuk setiap login yang Anda gunakan. Itu bagus secara teori tetapi tidak mungkin kita dapat mengingat semua login yang kita gunakan setiap hari. Itu sebabnya browser web menawarkan untuk mengingatnya untuk Anda. Jadi setiap kali Anda perlu masuk ke situs web, itu akan mengingat Anda. Tetapi apa yang terjadi ketika Chrome tidak meminta untuk menyimpan kata sandi?

Pertama, Anda benar-benar tidak boleh bergantung pada browser Anda untuk mengingat login. Mereka saat ini tidak dianggap cukup aman. Anda akan jauh lebih baik menggunakan pengelola kata sandi khusus. Saya akan membahasnya sebentar lagi. Pertama-tama izinkan saya mengatasi masalah aslinya, membuat Chrome meminta untuk menyimpan sandi lagi.

 

Memecahkan Masalah Chrome Saat Tidak Meminta untuk Menyimpan Sandi

Hal pertama yang harus dilakukan saat Chrome berhenti meminta untuk menyimpan sandi adalah memastikan setelan untuk menyimpannya telah belum dimatikan. Ini seharusnya tidak terjadi kecuali Anda berbagi akses ke komputer Anda, tetapi ini adalah pemeriksaan cepat, jadi masuk akal untuk melakukannya terlebih dahulu.
Buka Chrome dan ketik ‘chrome://settings/passwords’ ke dalam bilah URL. Pastikan Penawaran untuk menyimpan sandi diaktifkan. Periksa di bawah Never Saved untuk situs yang Anda masuki, hapus dari daftar jika ada.
Anda akan melihat daftar Kata Sandi Tersimpan di bawah bagian Masuk Otomatis, yang akan menunjukkan login Anda yang terakhir digunakan yang diakses melalui Chrome. Bagian Tidak Pernah Disimpan adalah daftar situs web yang kata sandinya Anda minta agar tidak disimpan oleh Chrome. Periksa daftar ini untuk situs yang Anda buka yang tidak meminta untuk menyimpan kata sandi, untuk berjaga-jaga.

Jika Chrome disetel untuk meminta untuk menyimpan kata sandi dan situs web tertentu tidak ada dalam daftar Tidak Pernah Disimpan, kami harus melakukannya sedikit pemecahan masalah lagi.

Masuk dan Keluar dari Akun Google Anda Lagi

Masalah sandi mungkin merupakan masalah sinkronisasi antara Chrome dan akun Google Anda. Meskipun kata sandi disimpan secara lokal, kata sandi juga disinkronkan ke cloud.

Keluar dari akun Google Anda dan masuk kembali. Coba lagi login.

Hapus Data Penjelajahan

Cache Chrome terkadang dapat menyebabkan masalah pada browser. Ini tidak unik untuk Chrome dan terjadi pada semua browser dan lusinan aplikasi. Untuk menghapus cache di Chrome, lakukan ini:
Buka Chrome dan pilih ikon menu tiga titik di kanan atas. Pilih Alat lainnya > Hapus data penelusuran… Pilih semua opsi untuk Sepanjang waktu, lalu tombol Hapus data. Coba lagi masuk ke situs web lagi.
Hapus Folder Kata Sandi Chrome di Windows

Perbaikan yang lebih rumit mengharuskan Anda menemukan folder kata sandi yang ada dan menghapus dua file. Ini akan memaksa Chrome untuk mengunduh salinan baru dan harus mengatur ulang proses kata sandi.
Arahkan ke ‘C:Users[Username]AppDataLocalGoogleChromeUser DataDefault’ menggunakan File Explorer. Di mana Anda melihat [Nama Pengguna], masukkan nama profil Windows Anda. Salin dua file bernama, Login Data dan Login Data-journal dan tempel di tempat yang aman. Hapus kedua file tersebut dari folder yang ditunjukkan di atas dan tunggu untuk menyalinnya kembali. Lakukan proses di atas untuk menghapus data penelusuran, tetapi pilih tab Lanjutan sekarang dan kemudian Kata sandi dan data masuk lainnya. Kunjungi kembali situs web yang Anda ketahui loginnya, masukkan detail Anda untuk login, lalu tutup Chrome. Salin dua file yang Anda simpan di tempat yang aman kembali ke posisi semula. Chrome seharusnya membuat ulang file tetapi Anda harus menimpanya dengan aslinya. Retest.
Check Your Registry Files

Jika Anda merasa berani atau tahu apa yang Anda lakukan, maka Anda mungkin ingin memeriksa file Registry Anda, untuk masalah. Catatan, Anda disarankan untuk membuat cadangan Registry Anda sebelum melakukan perubahan apa pun.
Untuk membuat cadangan, tekan tombol Windows + R, ketik “regedit” dan tekan Enter. Sekarang, klik File > Ekspor. Dari sini, pilih rentang Ekspor, pilih lokasinya, beri nama file Anda, dan klik Simpan.
Dengan itu, mari edit Registry.
Navigate to ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesGoogleChrome. Dari sini, klik kanan pada PasswordManagerEnabled dan pilih Hapus.Tutup Registry Editor dan mulai ulang Chrome sebelum menguji untuk melihat apakah sudah diperbaiki.
Mengapa Pengelola Kata Sandi Lebih Baik Daripada Peramban

Menggunakan pengelola kata sandi pihak ketiga seperti 1Password atau LastPass lebih disukai daripada peramban . Mereka cenderung lebih aman, lebih fleksibel dan dapat melakukan lebih dari sekadar menyimpan kata sandi. Memiliki browser yang menyimpan kata sandi alih-alih menggunakan pengelola kata sandi benar-benar bukan yang terbaik untuk privasi dan keamanan, inilah alasannya.

Misalnya, LastPass menggunakan enkripsi AES 256-bit untuk menyimpan semua datanya, kata sandi, dan situs terkait. Saat ini standar enkripsi paling aman yang tersedia untuk penggunaan umum dan diimplementasikan baik secara lokal maupun di cloud. Detail yang tepat dari enkripsi Chrome sangat sulit ditemukan tetapi mungkin tidak melebihi this.

LastPass dan pengelola kata sandi lainnya menawarkan opsi ekstensif untuk membuat kata sandi dengan panjang dan kerumitan apa pun. Mereka juga menggunakan pengasinan untuk membuatnya lebih aman. Meskipun Chrome memang menawarkan untuk membantu membuat kata sandi, opsinya lebih terbatas daripada Chrome.

Pengelola kata sandi juga dapat menyimpan detail kartu kredit, jaminan sosial, dan nomor SIM, menawarkan autentikasi dua faktor dan pemindaian kerentanan lanjutan seperti LastPass Security Challenge.

The yang paling penting untuk diingat adalah bahwa pengelola kata sandi dirancang untuk tujuan eksplisit menjaga kata sandi tetap aman dan dapat dikelola, jadi enkripsi dan kegunaan adalah komponen inti dari desain mereka.

Ada banyak pengelola kata sandi hebat lainnya yang tersedia, periksa apa yang cocok untuk Anda terbaik. Lain kali Chrome tidak meminta untuk menyimpan sandi, anggap itu sebagai tanda dan coba yang lain.

Menyimpan Sandi

Menyimpan dan mengelola sandi di Chrome biasanya tidak menjadi masalah, tetapi jika hal itu terjadi, kini Anda mengetahui beberapa cara untuk memperbaiki situasi . Jika restart sederhana atau masuk dan keluar dari akun Anda tidak berfungsi, maka Anda akan ingin mencoba membersihkan beberapa cache atau file Chrome di perangkat Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: