Di mana Bookmark Google Chrome Disimpan?

Tautan Perangkat
LinuxMacWindowsPerangkat Hilang?
Bookmark Google Chrome mudah diurutkan dan diakses dari browser. Hanya perlu beberapa klik untuk menambah, menghapus, dan mengganti nama bookmark sesuai kebutuhan. Namun, saat Anda perlu memigrasikan bookmark ke browser baru, Anda mungkin perlu mencari file bookmark Anda untuk mentransfernya secara manual.

Chrome menyimpan semua bookmark menjadi satu file. Jika Anda ingin mencadangkan, memindahkan, atau mengakses bookmark Anda dari drive, Anda harus menemukan file itu di sistem file Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan file bookmark, Anda harus membuka folder yang salah atau berada di jalur pengguna yang salah. Itu selalu berada di folder yang sama di sistem apa pun. Namun, folder tersebut mungkin berada di lokasi yang berbeda berdasarkan OS yang digunakan, seperti Windows 10, macOS, atau varian Linux.

Artikel ini menyediakan berbagai metode untuk mengakses bookmark Google Chrome Anda untuk mencadangkannya atau mengimpornya ke browser lain.

Cara Menemukan Bookmark Google Chrome di Windows

Untuk mengakses file bookmark di Windows, Anda harus mengakses folder AppData Anda. Untuk menemukan folder, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka File Explorer. Buka C:/Users/[YourPC] dan pilih folder AppData. Jika Anda tidak melihat folder AppData, folder itu tersembunyi. Untuk mengaksesnya, Anda perlu mengubah pengaturan Anda untuk menampilkan folder tersembunyi. Pilih tab Lihat dari menu. Dalam opsi Tampilkan/sembunyikan, centang Item tersembunyi. Buka folder AppData.Klik Lokal.Masuk ke Google> Chrome > Data Pengguna.Pilih folder Profil 2.Anda mungkin melihat folder sebagai “Default” atau “Profil 1 atau 2…” bergantung pada jumlah profil di browser Google Chrome Anda .Gulir ke bawah dan Anda akan menemukan file Bookmark.
Sekarang Anda dapat memindahkan, menyalin, atau menghapus bookmark Chrome sesuai kebijaksanaan Anda.

Di mana Bookmark Google Chrome di macOS?

Google Chrome menyimpan bookmarknya di direktori ‘Dukungan Aplikasi’ di macOS. Peramban file Anda harus diatur untuk menampilkan folder tersembunyi di macOS. Anda dapat menemukan direktori ini melalui baris perintah ‘Terminal.’

Type: /Users//Library/Application Support/Google/Chrome/Default. Tekan Enter dan Finder akan mengakses folder dengan bookmark Anda.

Jika folder disembunyikan, Anda masih dapat mengaksesnya dengan Finder. Inilah yang harus Anda lakukan:
Open Finder.Navigasi ke Users//.Jika Anda tidak melihat direktori Library, tekan tombol Command + Shift + Periode untuk menonaktifkan folder tersembunyi. Atau, jika Anda ingin mengakses file Library secara langsung, tahan tombol Alt sebelum memilih menu Go.Buka Library >Application Support.Temukan Google dan klik di atasnya.Sekarang, klik Chrome.Masukkan folder Default.
Di sini, Anda seharusnya melihat file ‘Bookmark’ yang berisi semua bookmark Chrome Anda.

Di mana Bookmark Google Chrome Disimpan di Linux?

Jika Anda menggunakan Linux, Anda dapat mengakses file dengan langkah-langkah ini.
Tekan Ctrl + Alt + T untuk membuka Terminal.Dalam Jendela terminal, ketik jalur ini:
/home//.config/google-chrome/Default/

Or, tergantung pada versi Chrome yang Anda gunakan, Anda mungkin memerlukan jalur ini sebagai gantinya:

/home//.config/chromium/ Default/
Tekan Enter dan Anda akan mengakses folder dengan file bookmark Anda.
Jika Anda tidak dapat mengakses jalur/folder file, Anda perlu mengklik ‘Show hidden files’ di menu browser file.

Ekspor Bookmark Chrome sebagai File HTML

Jika tidak’ t ingin menavigasi melalui file tersembunyi dan file sistem, Anda masih dapat membuka Bookmark Google Chrome dengan mengekspornya sebagai file HTML.

Untuk mengekspor bookmark, Anda perlu:
Membuka Google Chrome.Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas jendela Chrome.Arahkan kursor ke Bookmark option.Klik Pengelola bookmark.Klik ikon Atur (tiga titik putih vertikal di bawah ikon Lainnya).Klik Ekspor bookmark. Sekarang Anda dapat memilih folder tujuan untuk file Anda.
Mengimpor file ini ke browser lain sangatlah mudah.
Ikuti langkah 1-5, dan alih-alih Ekspor, klik Impor. Kemudian, pilih tujuan file dan klik Buka. Tindakan ini akan menambahkan semua bookmark yang disimpan ke yang sudah ada.
Tidak Dapat Menemukan File atau Mengekspor Bookmark?

Jika karena alasan tertentu, Anda tidak dapat menemukan file bookmark Anda di folder yang disebutkan atau Anda mengalami masalah saat mengekspor file HMTL, Anda dapat memposting pertanyaan di Dukungan Google.

Terkadang, masalahnya adalah kesalahan pada profil Google Chrome Anda atau status OS saat ini, atau mungkin ada jenis malfungsi lainnya. Jika demikian, coba mulai ulang PC dan coba lagi atau hubungi seseorang dari tim Pelanggan, yang akan mengambil alih dan memandu Anda ke solusi.

Bawa Pergi

Meskipun Anda mungkin harus mengubah beberapa pengaturan untuk melihat folder tersembunyi, Anda dapat dengan mudah menemukan file bookmark Anda di sebagian besar perangkat dan sistem operasi. Jika mengekspor bookmark Anda tidak cukup, sekarang Anda tahu di mana lokasi file sehingga Anda dapat membuat salinan file kapan pun diperlukan.

Apakah Anda mengalami masalah dalam menemukan bookmark Anda? Apakah Anda tahu cara lain untuk menemukan bookmark Chrome Anda? Bagikan pemikiran dan pengalaman Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: