Fitbit Tidak Mengisi Daya – Cara Memperbaiki

Fitbits dirancang untuk membantu Anda dalam perjalanan kebugaran Anda dengan melacak tujuan Anda. Tersedia dalam model yang berbeda, yang Anda pilih sepenuhnya bergantung pada preferensi dan anggaran pribadi.

Seperti kebanyakan perangkat elektronik, Fitbits terkadang dapat mengalami masalah pengisian daya. Ini bisa menjadi ketidaknyamanan besar, terutama jika Anda mengandalkan Fitbit sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

Untungnya, ada beberapa teknik pemecahan masalah yang dapat dicoba oleh pemilik Fitbit sebelum menyerah dan membeli perangkat baru. Artikel ini akan membahas berbagai alasan mengapa Fitbit Anda tidak dapat mengisi daya dan cara memperbaikinya.

Fitbit Tidak Mengisi

Umumnya, Fitbits memiliki masa pakai baterai yang layak di antara pengisian daya, dengan model terbaru yang bertahan hingga tujuh hari. Meskipun demikian, tidak jarang sesekali mengalami masalah dengan pengisian daya.

Ada banyak alasan mengapa Fitbit Anda mungkin tidak mengisi daya seperti biasa. Jika Anda mengalami masalah pengisian daya, berikut adalah beberapa alasan mengapa dan cara memperbaikinya.

Ganti Pengisi Daya

Fitbit biasanya disertakan hanya dengan satu kabel pengisi daya. Bukan hal yang aneh jika kabel pengisi daya atau port USB mengalami masalah. Untuk menguji apakah ini masalahnya, coba gunakan kabel lain. Jika Anda tidak ingin melanjutkan dan membeli yang baru, pertimbangkan untuk meminjam pengisi daya milik teman.

Mulai Ulang Fitbit Anda

Jika digunakan terlalu banyak, perangkat elektronik terkadang dapat mengalami gangguan, dan Fitbits tidak terkecuali. Pada dasarnya, ini beroperasi seperti komputer mini. Dan seperti komputer, beberapa masalah mungkin dapat diperbaiki hanya dengan memulai ulang perangkat.

Tergantung pada model Anda, memulai ulang Fitbit Anda dapat bervariasi. Biasanya, ini melibatkan menekan satu atau lebih tombol samping selama beberapa detik. Setelah Anda selesai melakukannya, coba colokkan kembali ke port pengisian daya untuk melihat apakah itu berfungsi.

Fitbit Tidak Mengisi hingga 100

Beberapa pengguna Fitbit telah melaporkan bahwa perangkat mereka menolak untuk mengisi daya 100% dan malah berhenti di 99%. Pengguna tidak perlu terlalu khawatir tentang hal ini karena persentase pengisian akhir mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan (biasanya sekitar 2 jam). yang harus dilakukan pengguna adalah me-restart perangkat Fitbit mereka. Lebih sering daripada tidak, Fitbit yang digunakan secara teratur dan jarang dimatikan dapat mulai mengalami gangguan. Dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat, masalah ini dapat dihilangkan. Setelah restart, pasang kembali Fitbit Anda ke dok pengisi daya dan biarkan selama kurang lebih 2 jam sebelum memeriksa tingkat pengisian ulang baterai.

Coba Cabut Pengisi Daya

Jika memulai ulang Fitbit Anda gagal mengisi daya hingga 100%, opsi selanjutnya adalah mencoba mencabut mengisi daya kabel selama sekitar setengah jam sebelum mencolokkannya kembali.

Fitbit Tidak Mengisi Daya: Menjadi Panas

Pernahkah Anda mengalami pengisi daya memanas saat mencoba mengisi daya Fitbit? Anda tidak sendirian dalam hal ini, karena banyak pengguna melaporkan masalah serupa. Beberapa orang khawatir bahwa ini akan merusak perangkat mereka dalam jangka panjang.

Ketika pengisi daya fungsional mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah, pengisi daya ini mentransmisikan sekitar 70% arus listrik sementara 30% lainnya akan menyebar dan berubah menjadi energi panas.

Namun demikian, meskipun normal jika perangkat sedikit memanas saat mengisi daya, panas berlebih yang menghambat kemampuan pengisian daya dapat menjadi perhatian dan harus diselidiki.

Periksa Pengisi Daya

Terkadang, panas berlebih dapat terjadi karena pengisi daya mungkin tidak kompatibel dengan perangkat. Jika Anda menggunakan pengisi daya yang berbeda dari yang Anda terima saat membeli Fitbit, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam pengisi daya baru yang cocok dengan aslinya. Meskipun pengisi daya mungkin cocok dengan perangkat Anda, ini tidak berarti bahwa pengisi daya akan kompatibel. Tanda ketidakcocokan adalah panas berlebih dan pengisian daya yang buruk.

Selain itu, mungkin pengisi daya yang Anda gunakan tidak berkualitas tinggi. Pengisi daya yang dibuat dengan harga murah jarang dilengkapi dengan tindakan pencegahan keamanan yang ketat, sehingga panas berlebih sering menjadi masalah yang akan segera terjadi.

Fitbit Not Charging: Alta

Dirilis pada Februari 2016, Fitbit Alta adalah cara yang bagus untuk melacak kebugaran harian. Teknologi wearable menggunakan fungsi yang sama seperti model sebelumnya. Ini termasuk OLED (organic light-emitting diode) lengkap yang mengaktifkan pengingat, notifikasi, dan jam, semuanya dengan beberapa ketukan.

Sayangnya, tidak jarang pengguna Fitbit Alta mengalami masalah dengan pengisian daya. Untungnya, ada beberapa solusi yang tersedia.

Mulai Ulang Perangkat Anda

Banyak pengguna Fitbit telah melaporkan bahwa masalah pengisian daya mereka diselesaikan hanya dengan menyegarkan memori Fitbits. Untuk memulai ulang Fitbit Alta:
Colokkan kabel pengisi daya ke perangkat Anda.Tekan tombol bulat kecil yang terletak di bagian bawah kabel tiga kali.Logo Fitbit kemudian akan muncul, yang menunjukkan bahwa gadget sedang memulai ulang.
Ganti Pengisi Daya Anda

Salah satu alasan mengapa Fitbit Alta mungkin tidak mengisi daya karena kabel pengisi daya yang rusak. Perangkat elektronik modern terkadang dapat mengalami port pengisian daya yang sensitif, sehingga kabel harus dicolokkan sekencang mungkin. Namun, harus terus-menerus memegang pengisi daya pada posisi tertentu dapat melelahkan, jadi ada baiknya berinvestasi dalam kabel pengisi daya baru.

Bersihkan Pengisi Daya Alta Fitbit Anda

Untuk hasil terbaik, pastikan untuk memeriksa kedua sisi kabel pengisi daya dari kerusakan atau kotoran. Mungkin beberapa debu atau kotoran tambahan telah menumpuk dari waktu ke waktu dan membuat Fitbit Anda tidak dapat mengisi daya sepenuhnya.

Bersihkan Fitbit Anda

Seperti pengisi daya, Fitbit Anda juga dapat menumpuk debu seiring waktu, sehingga semakin sulit untuk diisi dayanya. Untuk presisi, coba gunakan kapas dan setetes alkohol. Setelah Anda benar-benar membersihkan Fitbit Anda, coba colokkan kembali ke port pengisian daya, dan ingat untuk mengurangi tekanan.

Colokkan Alta Fitbit Anda Ke Sumber yang Berbeda

Jika port pengisian daya yang Anda gunakan adalah USB PC, pertimbangkan untuk mencolokkan perangkat Anda ke sumber yang berbeda jika Anda mengalami masalah. Perubahan firmware terkadang dapat menyebabkan perangkat berperilaku tidak biasa. Ketika ini terjadi, coba colokkan perangkat ke port alternatif atau adaptor USB. Jika Fitbit masih tidak mengisi daya, mungkin ada masalah dengan perangkat itu sendiri daripada pengisi daya.

Fitbit Tidak Mengisi: Mengisi daya 4

Fitbit Charge 4 adalah salah satu model pelacak kebugaran terbaru yang tersedia, dirilis pada tahun 2020, tetapi beberapa pengguna telah melaporkan masalah tentang pengisian. Untungnya, pengguna dapat menyelesaikan masalah dengan relatif cepat dengan memeriksa aspek-aspek tertentu.

Mulai ulang Perangkat

Seperti yang terlihat dengan versi Fitbit lainnya, mungkin membantu untuk mencoba memulai ulang perangkat. Untuk melakukannya:
Tekan dan tahan tombol pelacak selama kira-kira 8 detik.Fitbit akan bergetar, dan ikon senyum akan muncul, yang menunjukkan bahwa ia telah dimulai ulang.
Periksa Pengisi Daya

Seringkali, masalah pengisian daya mungkin disebabkan oleh kabel pengisi daya yang rusak. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kabel Anda, pastikan tidak kotor. Jika ya, gunakan kapas dan alkohol gosok untuk membersihkan kontak logam.

Fitbit Not Charging: Verse 2

Fitbit’s Verse 2 berbeda dari model lain karena pengguna juga dapat menggunakan Alexa Amazon untuk menavigasinya. Jika Anda menemukan Fitbit Verse 2 Anda tidak mengisi daya, beberapa tindakan dapat diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mulai Ulang Perangkat

Memulai ulang Fitbit Verse 2 Anda berpotensi menghapus masalah pengisian daya yang terkait dengan perangkat. Untuk melakukannya:
Tekan dan tahan tombol pelacak yang terletak di samping Fitbit Verse 2.Saat logo Fitbit muncul, lepaskan tombol. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 10 detik. Proses restart Fitbit Anda selesai.
Ganti Pengisi Daya

Jika Anda menggunakan pengisi daya yang berbeda dari pengisi daya yang disertakan dengan Fitbit Verse 2 Anda, mungkin pengisi daya tersebut tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Ketidakcocokan ini dapat menyebabkan masalah saat mengisi daya.

Jika demikian, pertimbangkan untuk membeli kabel pengisi daya baru yang kompatibel dengan Fitbit Anda. Untuk memastikan kompatibilitas, cari bantuan dari ahlinya.

Bersihkan Perangkat Anda

Terkadang, perangkat tidak dapat mengisi daya dengan benar karena akumulasi kotoran pada pengisi daya atau Fitbit itu sendiri. Untuk memastikan bahwa itu dibersihkan secara menyeluruh, gunakan kapas dan setetes alkohol. Pastikan pengisi daya dan perangkat benar-benar kering sebelum menyambungkan kembali ke sumber listrik.

A Informasi Akhir (Fit)

Memiliki Fitbit dapat berdampak positif pada kesehatan individu secara keseluruhan. Memasukkan penggunaan satu ke dalam rutinitas kebugaran sehari-hari Anda dapat secara signifikan membantu Anda dalam perjalanan kesehatan Anda.

Salah satu hal paling menjengkelkan yang dapat terjadi saat menggunakan Fitbit Anda adalah baterai menolak untuk mengisi daya. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Apakah Anda menggunakan Fitbit? Pernahkah Anda mengalami masalah dengan pengisian daya? Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: