iMessage Tidak Berfungsi [Mac, iPhone, iPad] – Perbaikan yang Disarankan

Device Links
iPhoneMacDevice Missing?
Meskipun layanan pesan Apple biasanya bekerja tanpa masalah, Anda mungkin memperhatikan bahwa terkadang pesan Anda tidak terkirim atau Anda tidak menerima pesan.

Beberapa faktor dapat memengaruhi iMessage Anda. Untungnya, solusinya biasanya sederhana. Lihat kemungkinan penyebab dan solusinya di artikel ini.

iMessage Tidak Berfungsi di Mac

Jika menurut Anda iMessage tidak berfungsi di Mac Anda, berikut kemungkinan penyebab dan perbaikannya:

Periksa Koneksi Internet Anda

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Tidak seperti pesan teks biasa, iMessage memerlukan koneksi internet. Periksa apakah Anda tersambung ke internet dan pastikan internet berfungsi dengan mengunjungi situs web.

Mulai Ulang Mac

Mulai ulang Mac Anda menyegarkan semua app yang terpasang, termasuk iMessage. Tekan logo Apple di sudut kiri atas dan kemudian pilih “Restart.” Setelah dimulai ulang, coba buka iMessage dan kirim pesan teks.

Periksa ID Apple atau iCloud

iMessage Anda tidak akan berfungsi tanpa ID Apple atau iCloud Anda. Jika Anda salah memasukkan atau keluar, iMessage tidak akan berfungsi. Berikut cara memeriksanya:
Tekan logo Apple. Pilih “System Preferences.” Buka “iCloud Settings.” Pengaturan
In, pastikan Anda masuk dengan ID yang cocok dengan apa yang Anda gunakan di perangkat lain. Jika tidak, iMessage tidak akan disinkronkan dan Anda mungkin mengalami masalah dengan pesan Anda.

Aktifkan Kembali iMessage

Anda dapat mencoba menonaktifkan dan mengaktifkan iMessage. Aplikasi mungkin mengalami gangguan sementara yang dapat diatasi dengan cara ini:
Buka aplikasi dan buka menu. Pilih “Preferensi.” Di tab iMessage, hapus centang pada kotak di samping “Aktifkan Pesan di iCloud” dan tutup aplikasi. Buka aplikasi dan kembali ke pengaturan yang sama untuk mengaktifkannya lagi.
Keluar Dari Aplikasi

Anda juga dapat mencoba keluar dan masuk kembali. Ikuti langkah-langkah ini:
Buka aplikasi perpesanan dan buka menu.Tekan “Preferensi” dan buka tab iMessage .Tekan “Keluar” dan tutup aplikasi. Buka aplikasi dan masuk lagi dengan ID Apple Anda.
Hapus Cache

Solusi lain yang mungkin adalah mengosongkan cache aplikasi. Ingatlah bahwa ini mungkin menghapus teks Anda. Berikut cara melakukannya:
Buka Finder.Tekan “Command + Shift + G.” Masukkan yang berikut: “~/Library/Messages/”Hapus file yang berisi “chat.db”.Kosongkan folder sampah.
Periksa Perangkat Apple Lainnya

Kemungkinannya adalah Anda juga menggunakan iPhone atau iPad. Periksa apakah aplikasi berfungsi pada perangkat tersebut. Jika tidak, masalahnya mungkin bukan di pihak Anda. Server Apple mungkin sedang down atau mungkin ada masalah teknis yang berbeda. Anda dapat melaporkan masalah dan menunggu hingga masalah diperbaiki.

iMessage Tidak Berfungsi di iPhone

Beberapa hal dapat menyebabkan iMessage tidak berfungsi pada iPhone Anda. Coba daftar tindakan berikut.

Periksa Koneksi Internet Anda

Seperti yang Anda ketahui, iMessage memerlukan koneksi internet. Baik itu Wi-Fi atau data, pastikan koneksi stabil dengan mengunjungi situs web atau membuka aplikasi yang juga menggunakan internet. Jika Anda menggunakan data, periksa apakah Anda telah menggunakannya.

Nonaktifkan Mode Pesawat

Anda mungkin tidak sengaja mengaktifkan mode Pesawat. Ini akan menonaktifkan internet, yang menyebabkan iMessage berhenti bekerja. Berikut cara keluarnya:
Buka Pusat Kontrol. Ketuk ikon pesawat di pojok kiri atas.
Periksa Pengaturan iMessage Anda

Saat Anda mengirim SMS ke seseorang yang tidak menggunakan iPhone, Anda sebenarnya mengirim pesan SMS biasa. Jika SMS dinonaktifkan, pesan Anda tidak akan terkirim. Berikut cara memeriksa apakah Anda telah mengaktifkan ini:
Buka Pengaturan dan buka Pesan. Alihkan tombol sakelar di sebelah “Kirim sebagai SMS.”
Mulai Ulang iPhone Anda

Sesederhana kedengarannya, mematikan dan menghidupkan iPhone mungkin dapat mengatasi masalah ini. Tahan tombol daya dan naikkan volume hingga perangkat mati, lalu hidupkan kembali. Ini dapat memperbaiki gangguan sementara dan memulihkan iMessage.

Periksa Nomor atau Email yang Anda Masukkan

Jika iMessage Anda tidak berhasil, Anda mungkin memasukkan nomor atau alamat email yang salah. Periksa kembali untuk memastikan semuanya benar dan kirim ulang pesan Anda.

Keluar Dari Aplikasi

Anda dapat keluar dan kembali ke aplikasi:
Buka Pengaturan dan buka Pesan. Ketuk “Kirim dan Terima”. Ketuk “Apple ID” dan tekan “Keluar .”
Buka pengaturan yang sama untuk masuk kembali.

Perbarui iPhone

AndaApple sering mengeluarkan pembaruan iOS. Jika Anda tidak yakin apakah perangkat Anda menjalankan versi terbaru, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Pengaturan. Ketuk “Umum”. Ketuk “Pembaruan Perangkat Lunak.”
Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi, masalahnya mungkin ada di pihak Apple. Server mungkin sedang down sementara. Dalam hal ini, Anda hanya dapat menunggu hingga masalah teratasi.

iMessage Not Working on iPad

Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat memperbaikinya sendiri dalam banyak kasus. Lihat solusi potensial di bawah ini.

Periksa Koneksi Internet Anda

iPesan memerlukan koneksi internet yang stabil agar berfungsi. Jika Anda terhubung ke Wi-Fi, pastikan koneksi aktif. Jika Anda menggunakan data Anda, periksa dan lihat apakah Anda sudah mencapai batasnya. Jika Anda kehabisan data, iMessage tidak akan berfungsi kecuali Anda terhubung ke Wi-Fi.

Nonaktifkan Mode Pesawat

iMessage tidak akan berfungsi dalam mode pesawat karena Anda tidak terhubung ke internet. Periksa apakah itu dinonaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Pusat Kontrol. Pilih ikon pesawat di sudut kiri atas dan pastikan itu dinonaktifkan.
Periksa Pengaturan

Anda hanya dapat mengirim iMessage ke pengguna Apple. Kapan pun Anda ingin mengirim SMS ke pengguna non-Apple, pesan akan dikirim sebagai SMS biasa jika Anda mengaktifkan opsi itu. Jika dinonaktifkan, teks tidak akan masuk. Periksa ulang ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Pengaturan dan buka Pesan. Periksa tombol sakelar di sebelah “Kirim sebagai SMS.”
Mulai Ulang iPad Anda

Mematikan dan menghidupkan iPad Anda dapat membuat iMessage berfungsi.

Jika iPad Anda tidak memiliki tombol home, tahan bagian atas dan tombol volume dan seret penggeser matikan. Jika ya, tahan tombol atas dan seret penggeser.

Tunggu beberapa menit sebelum menyalakan iPad Anda kembali.

Periksa Informasi Penerima

Anda mungkin memasukkan nomor atau alamat email yang salah. Periksa kembali informasi dan coba kirim ulang pesan.

Keluar Dari Aplikasi

Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan keluar dan kembali ke aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:
Buka Pengaturan dan tekan Pesan.Tekan “Kirim dan Terima.” Ketuk “Apple ID” dan pilih “Keluar.”
Masuk kembali dengan mengulangi langkah-langkahnya.

Perbarui iPad

AndaKesalahan mungkin terjadi jika perangkat Anda tidak berjalan OS terbaru. Anda dapat memeriksa pembaruan sebagai berikut:
Buka Pengaturan. Tekan “Umum.” Pilih “Pembaruan Perangkat Lunak.”
Jika tersedia, tekan “Unduh dan Instal.”

iMessage Tidak Berfungsi untuk Satu Kontak

Jika masalah iMessage Anda hanya memengaruhi satu orang, berikut adalah kemungkinannya solusi:
Saat mengirim pesan kepada seseorang untuk pertama kalinya, periksa apakah nomornya benar. Dilaporkan bahwa memasukkan kembali nomor yang sama dapat menyelesaikan masalah ini.Hapus utas pesan sebelumnya.Periksa koneksi internet Anda.Tambahkan alamat email ke Kontak.Pastikan kedua perangkat diatur dengan benar.Mulai ulang perangkat Anda.
iPesan Tidak Bekerja Dengan Nomor Telepon

Banyak pengguna telah melaporkan mendapatkan pemberitahuan “Nomor telepon tidak terdaftar dengan iMessage.” Inilah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya:
Aktifkan kembali iMessage dengan membuka Pengaturan Anda. Jika Anda baru saja mengubah nomor telepon Anda, perangkat Anda mungkin macet di yang lama. Periksa dan lihat apakah nomor Anda saat ini dipilih dengan membuka Pengaturan.Jika Anda menggunakan beberapa perangkat Apple, Anda harus menggunakan ID Apple yang sama untuk semua.Mulai ulang perangkat Anda.Perbarui perangkat Anda.
Perbaiki iMessage dalam Sekejap Mata

iMessage adalah salah satu keuntungan terbesar memiliki perangkat Apple. Meskipun demikian, aplikasi dapat mengalami bug sesekali. Tapi kabar baiknya adalah mereka biasanya mudah diperbaiki.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan iMessage? Apakah Anda menggunakan salah satu metode yang disarankan di atas? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: