Instagram Diretas dan Email Diubah – Langkah Untuk Memulihkan Akun Anda

Karena Instagram adalah salah satu jejaring sosial paling populer, itu juga salah satu situs yang ditargetkan dengan ribuan serangan peretasan. Jumlah penggunanya yang besar membuat platform ini sangat menarik untuk phishing dan tindakan jahat serupa.

Jika akun Instagram Anda baru saja diretas, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Kami akan membagikan semua yang perlu diketahui tentang situasi yang tidak menguntungkan ini. Tidak peduli apakah Anda masih memiliki kendali atas kata sandi Anda atau tidak, ada harapan akun Anda dapat disimpan selama tidak dihapus secara permanen. Mari kita mulai dari dasar.

Instagram Saya Diretas – Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Tanda-tanda akun Instagram Anda telah diretas dapat muncul dalam banyak cara. Mungkin seseorang memasuki akun Instagram Anda dan memposting konten atas nama Anda. Atau mungkin kamu baru menyadari ada pembobolan saat kamu mengecek bagian Login Activity. Dalam kasus terburuk, Anda mungkin menemukan bahwa Anda kehilangan akses ke profil Anda karena peretas mengubah kata sandi, nama pengguna, atau bahkan menghapus akun.

Menurut Instagram, ada berbagai metode yang dapat Anda terapkan untuk memulihkan akun Anda setelah diretas. Kami akan memberikan petunjuk terperinci untuk setiap metode di bawah ini.

Mencari Email Dari Instagram

Apakah Anda telah menerima email dari “[email protected]” yang memberitahukan bahwa alamat email Anda telah diubah? Jika demikian, Anda dapat membatalkan tindakan jika bukan Anda yang mencoba mengubah alamat. Cukup pilih opsi “Kembalikan perubahan ini” dari pesan.

Mungkin peretas mengubah kata sandi Anda atau informasi akun penting lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat meminta tautan masuk dari Instagram.

Minta Tautan Masuk

Akun Instagram sering diretas, itulah sebabnya platform memiliki beberapa cara untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik akun. Salah satunya adalah mengirimkan link login ke nomor telepon atau alamat email Anda.

Berikut cara meminta ini:
Navigasi ke layar login Instagram.Pilih “Dapatkan bantuan untuk masuk” untuk Android atau “Lupa kata sandi?” untuk pengguna iPhone. Ketik nama pengguna, email, dan nomor telepon Anda yang terkait dengan akun yang diretas. Tekan “Berikutnya.” Jika Anda lupa informasi apa pun dari Langkah 3, pilih “Butuh bantuan lebih lanjut?” di bawah tombol “Berikutnya” dan ikuti instruksi yang disediakan di sana. Pilih lokasi di mana Anda ingin menerima tautan masuk. Itu bisa email atau telepon Anda. Ketuk “Kirim Tautan Masuk.” Ikuti petunjuk dari tautan masuk dari telepon (SMS) atau email Anda.
Atau, Anda dapat meminta kode dari Instagram untuk memverifikasi kepemilikan akun Anda.

Cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah:
Navigasi ke layar login dan pilih “Dapatkan bantuan untuk masuk.” Masukkan detail akun Anda. Ketuk “Perlu bantuan lebih lanjut?” Jika Anda memiliki beberapa akun Instagram, pilih akun yang memerlukan bantuan. Pilih di mana Anda ingin menerima kode, lalu ketuk “Kirim Kode Keamanan.”
Verifikasi Identitas

Jika Anda mengajukan permintaan verifikasi untuk akun yang tidak memiliki foto Anda, Anda akan mendapatkan email otomatis dari Tim Dukungan Instagram. Mereka akan meminta Anda untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon yang Anda gunakan untuk membuat akun, serta perangkat yang Anda gunakan (Android, iPhone, iPad, dll.).

Jika Instagram Anda memiliki foto Anda, Tim Dukungan akan meminta Anda untuk mengirim video selfie yang menampilkan Anda memutar kepala ke berbagai arah. Metode ini akan membantu mereka menentukan apakah Anda adalah pemilik sebenarnya dari akun Anda.

Instagram akan meninjau permintaan Anda untuk menghubungi Anda kembali segera setelah verifikasi selesai. Jika mereka menolak permintaan tersebut, Anda selalu dapat mengirimkan yang baru.

Jika tidak ada langkah di bawah ini yang membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas akun Instagram Anda, coba salah satu metode di bawah ini:
Kirim email pengaturan ulang kata sandi ke diri Anda sendiri.Hubungi Instagram menggunakan formulir online ini .
Instagram Diretas oleh Ray Ban

Penipuan umum yang beredar di Instagram selama beberapa tahun terakhir melibatkan penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dari akun yang menjual kacamata hitam Ray-Ban. Satu hal yang perlu diperhatikan – jika sebuah tawaran tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar memang demikian. Jadi, sebaiknya hindari semua jenis posting yang menawarkan harga yang sangat rendah untuk produk yang mahal.

Jika akun Instagram Anda diretas oleh penipuan Ray-Ban, Anda harus bertindak cepat. Atur ulang kata sandi Anda dan aktifkan otentikasi dua faktor. Untuk petunjuk tentang cara mengaktifkan autentikasi dua faktor, periksa bagian “Cara Melindungi dari Peretasan di Masa Depan” di bawah ini.

Buatlah kata sandi yang kuat, dan pastikan untuk memperingatkan teman dan keluarga Anda untuk tidak mengklik tautan apa pun yang datang dari akun Anda terkait dengan penawaran Ray-Ban.

Akun Saya Dihapus Selama Peretasan

Jika Anda yakin akun Anda dinonaktifkan selama peretasan, Anda dapat mengajukan banding atas tindakan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.Masukkan nama pengguna Anda dan kata sandi.Ikuti petunjuk di layar.
Jika pesan yang dinonaktifkan muncul, mungkin ada masalah log-in sederhana. Namun, jika peretas menghapus akun, tidak ada cara untuk memulihkannya. Sebagai gantinya, Anda dapat mendaftar untuk akun Instagram baru menggunakan alamat email yang sama.

Cara Melindungi Dari Peretasan di Masa Depan

Berapa kali Anda mendengarnya: “Gunakan kata sandi yang kuat termasuk setidaknya satu huruf besar, angka, simbol, dll.”? Meskipun kata sandi yang kuat adalah blok penting untuk menjaga keamanan akun Instagram Anda, seringkali dibutuhkan lebih dari itu. Cara teraman untuk melindungi akun Instagram Anda agar tidak diretas lagi adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Alat keamanan canggih ini meminta Anda memasukkan kode keamanan dari aplikasi atau mengirimkan kode ke ponsel Anda setiap kali Anda masuk masuk dari perangkat baru. Jadi, bahkan jika seorang peretas membobol akun Anda dari perangkat lain dengan menggunakan kata sandi Anda, mereka juga harus mengakses kotak masuk SMS ponsel Anda untuk mendapatkan kodenya. Hal ini membuat peretas hampir tidak mungkin menyelesaikan upayanya.

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, kunjungi halaman “Keamanan” Instagram Anda, lalu buka “Otentikasi Dua Faktor”, dan ikuti petunjuk di layar.

Perhatikan pada Aktivitas Masuk

Anda dapat mengakses daftar semua perangkat yang saat ini masuk ke akun Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Navigasi ke halaman “Pengaturan” Instagram. Buka “Keamanan,” lalu “Aktivitas Masuk.”
Saat Anda melihat daftar, pastikan untuk memeriksa perangkat atau lokasi yang tidak dikenal tempat akun Anda masuk. Ketuk aktivitas apa pun yang Anda anggap mencurigakan dan pilih “Log Out.”

Jangan lupa untuk mengubah kata sandi Anda setelah selesai logout dari perangkat yang mencurigakan.

Jauhi Phishers

Instagram memiliki fitur bermanfaat yang disebut “Email dari Instagram” yang memungkinkan Anda melihat email mana yang dikirimkan kepada Anda dari perusahaan. Gunakan fitur ini setiap kali Anda merasa seseorang mencoba masuk ke akun Anda dengan mengirimi Anda email yang berpura-pura dari Instagram. Peretas mungkin secara keliru memperingatkan Anda bahwa seseorang mencoba membobol akun Anda dan Anda harus segera mengubah kata sandi Anda. Untuk memverifikasi apakah email ini berasal dari Instagram, navigasikan ke “Pengaturan”, lalu “Keamanan”, lalu “Email dari Instagram”.

Anda akan melihat tab “Keamanan” dengan semua email yang dikirimkan platform kepada Anda dalam dua minggu terakhir.

Jika peringatan email tentang upaya login atau perubahan kata sandi memang berasal dari Instagram, Anda harus segera menindaklanjutinya dengan mengubah detail login Anda.

Amankan Akun Instagram Anda

Jika seseorang meretas akun Instagram Anda dan Anda berhasil mendapatkan kembali kendali atasnya – Anda salah satunya dari mereka yang beruntung. Pengalaman tersebut seringkali bisa berubah menjadi penantian yang panjang dan tidak pasti, terutama jika Anda melibatkan Tim Dukungan Instagram. Untuk mencegah menjadi korban serangan berbahaya, pastikan untuk mengamankan akun Anda dengan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua faktor. Juga, jangan pernah mengklik tautan dan penawaran yang belum diverifikasi yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Bagaimana Anda memulihkan akun Instagram Anda setelah serangan peretasan? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: