Remote Roku Tidak Berfungsi? Berikut adalah Perbaikan Teratas

Sulit dipercaya bahwa pernah ada masa ketika TV tidak memiliki remote control. Saat ini tidak mungkin untuk membeli hampir semua perangkat elektronik yang tidak memiliki remote, dan keluarga perangkat Roku tidak terkecuali. Roku tidak terlalu bagus jika Anda harus terus bangun untuk mengubah saluran atau menavigasi menu secara manual. Memang benar bahwa Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda untuk mengontrol Roku Anda, tetapi itu tidak memiliki kenyamanan satu tombol yang sama dengan remote standar. Jika remote Roku Anda berhenti berfungsi, itu bisa sangat merepotkan. Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui beberapa langkah pemecahan masalah untuk mengaktifkan dan menjalankan kembali remote Roku Anda.

Ada sejumlah model Roku yang dirilis sejak platform pertama kali diluncurkan pada tahun 2002, dan beberapa model remote control yang berbeda, tetapi ada sebenarnya hanya dua tipe dasar remote Roku yang berbeda. Ada remote inframerah standar, yang bekerja seperti remote TV biasa dengan menembakkan pulsa kode cahaya inframerah ke penerima, dan remote berkemampuan WiFi (sering diberi label sebagai remote “Ditingkatkan” oleh Roku) yang dapat diarahkan ke segala arah dan masih berfungsi , karena mereka benar-benar terhubung ke perangkat Roku itu sendiri melalui jaringan WiFi. Ada beberapa teknik pemecahan masalah yang akan bekerja pada kedua jenis remote, dan beberapa teknik khusus untuk setiap jenis.

Remote jenis apa yang saya miliki?

Ambil remote Anda dan lihat panel belakang. Lepaskan penutup baterai, dan lihat apakah ada tombol di dalam atau di sebelah kompartemen berlabel “Pairing”. Jika remote Anda memiliki tombol “Pairing”, berarti Anda memiliki remote Enhanced. Jika tidak, itu adalah remote inframerah.

Teknik pemecahan masalah umum

Tips ini akan membantu Anda mempersempit masalah pada kedua jenis remote.
Reboot kotak Roku atau lepaskan streaming stick dari TV Anda. Beri waktu sebentar lalu sambungkan lagi. Tes ulang. Keluarkan baterai dari remote, biarkan sebentar, lalu ganti. Tes ulang. Ganti baterai di remote control. Tes ulang. Jika model Roku Anda terhubung langsung ke port HDMI, coba lepaskan dari port dan pasang kembali. Tes ulang.Jika model Roku Anda dicolokkan langsung ke port HDMI, coba gunakan kabel ekstender untuk menyambungkannya ke TV alih-alih menghubungkannya secara langsung.

Teknik untuk remote Roku inframerah standar

Remote Roku standar menggunakan sinar inframerah untuk mengirim sinyal ke perangkat. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, coba ini:
Arahkan remote ke kotak Roku dan tekan tombol. Perhatikan bagian depan kotak saat Anda melakukannya. Jika lampu status berkedip saat kotak melihat perintah inframerah, berarti remote Anda berfungsi dan masalahnya ada pada kotak. Jika lampu status tidak berkedip, maka masalahnya ada pada remote. Periksa jarak pandang Anda dari remote ke kotaknya. Sinyal inframerah memerlukan garis pandang yang tidak terhalang agar dapat berfungsi. Letakkan remote Roku langsung di depan kotak dan tekan tombol. Jika baterai hampir habis tetapi tidak kosong, kekuatan balok mungkin cukup untuk mencapai kotak. Ganti baterai jika berfungsi.Coba aplikasi seluler untuk memastikan remotenya tidak berfungsi, dan bukan kotaknya.
Jika kotak tidak melihat sinyal jarak jauh dan aplikasi seluler berfungsi, Anda memiliki remote yang rusak. Jika Anda dapat meminjam remote untuk sementara waktu, silakan, tetapi akan lebih baik jika Anda segera mengganti remote.

Jika kotak melihat sinyal dan berkedip lampu status, berarti ada masalah dengan kotak. Jika ini masalahnya, saya akan menyarankan reset pabrik perangkat Roku. Ini adalah proses pilihan terakhir, tetapi jika Anda telah membuktikan remote berfungsi dan kotak tidak bekerja pada sinyal yang diterimanya, itu mungkin satu-satunya pilihan Anda. Ini terutama benar jika kotak juga tidak merespons aplikasi seluler.

Teknik untuk remote Roku yang Ditingkatkan

Remote Roku yang Disempurnakan menggunakan Wi-Fi dan bukan inframerah, jadi perlu beberapa langkah tambahan untuk pemecahan masalah. Coba langkah-langkah di atas dan kemudian:
Pasangkan kembali remote dengan melepas baterai, matikan Roku, biarkan satu atau dua detik, lalu hidupkan Roku. Setelah layar Beranda muncul, ganti baterai di remote. Tekan dan tahan tombol pairing di bawah remote atau di kompartemen baterai sampai Anda melihat lampu pairing berkedip. Tunggu sekitar 30 detik hingga semuanya disinkronkan, lalu uji ulang. Pasangkan kembali perangkat dengan aplikasi seluler. Terkadang, remote Roku yang Ditingkatkan akan membatalkan pemasangan dan berhenti bekerja. Jika ini terjadi, gunakan Aplikasi Pengontrol Roku dan akses menu Pengaturan Roku. Pilih untuk memasangkan remote baru dan ulangi proses pemasangan ulang di atas. Ini ‘membebaskan’ kotak untuk bekerja dengan remote lagi.
Jika kotak merespons Aplikasi Pengontrol Roku dan bukan remote Roku yang Ditingkatkan dan Anda telah melakukan langkah pemecahan masalah dalam panduan ini, mungkin Anda memerlukan remote baru. Coba lagi langkah pemecahan masalah ini beberapa kali terlebih dahulu, hanya untuk memastikan. Jika Anda memiliki teman dengan Roku, coba tukar remote sementara untuk menguji. Ini akan membuktikan tanpa keraguan perangkat mana yang salah.

Dapatkan tip pemecahan masalah jarak jauh Roku lainnya? Beri tahu kami tentang mereka di bawah jika Anda melakukannya!

Kami memiliki lebih banyak tips, trik, dan tutorial untuk membantu Anda dengan Roku.

Apakah akun Netflix Anda hilang dan Anda harus mendapatkan yang baru? Lihat tutorial kami tentang mengubah akun Netflix Anda di Roku.

Bukan penggemar kabel? Cari tahu cara mendapatkan saluran lokal Anda di Roku.

Ingin melihat TV Spectrum? Kami akan menunjukkan kepada Anda cara memasukkan saluran TV Spectrum di Roku.

Anda ke saluran pribadi? Lihat panduan kami untuk saluran pribadi terbaik di Roku.

Tahukah Anda bahwa Anda dapat bermain game di Roku? Berikut ulasan kami tentang sepuluh game terbaik di Roku.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: