Telemarketer Menggunakan Nomor Telepon Anda untuk Panggilan Spam? Bagaimana mungkin?

Telemarketer telah menjadi gangguan nyata selama beberapa tahun terakhir. Mereka akan mengajukan serangkaian pertanyaan tanpa akhir dan selalu mencoba dan menjual sesuatu kepada Anda.

Sayangnya, ini adalah situasi yang akrab bagi banyak orang. Tapi bagaimana mereka mendapatkan nomor telepon Anda?

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda bagaimana telemarketer menemukan nomor telepon untuk dihubungi, apakah itu legal, dan bagaimana mencegahnya.

Bagaimana Nomor Saya Digunakan untuk Panggilan Spam ?

Telemarketer memiliki cara berbeda untuk menemukan nomor yang dapat dihubungi. Biasanya, pihak ketiga terlibat dari siapa mereka membeli daftar nomor. Di mana pun Anda meninggalkan nomor telepon Anda dapat menjadi sumber data potensial untuk telemarketer.

Misalnya, Anda adalah pemilih terdaftar atau Anda telah mengajukan permohonan kredit. Atau mungkin Anda telah memberikan nomor telepon Anda ketika Anda membeli sesuatu atau mengikuti kontes atau disumbangkan untuk amal. Ini semua adalah database besar yang dapat dibeli oleh telemarketer dari pemiliknya.

Pada dasarnya, siapa pun dapat menjadi korban telemarketer, terutama jika perusahaan menggunakan robocall. Robocaller bahkan bukan manusia; mereka adalah komputer yang diprogram untuk memanggil nomor telepon acak, termasuk yang tidak terdaftar. Meskipun robocalling adalah jenis telemarketing yang dilarang, beberapa melanggar hukum. Selain itu, kandidat politik dan badan amal tidak dilarang menggunakan robocalling.

Diperkirakan ribuan orang kehilangan uang karena scammers telepon setiap tahun, mulai dari beberapa dolar hingga tabungan seumur hidup mereka. Scammers akan melakukan segalanya untuk mendapatkan kepercayaan Anda, termasuk mengobrol, memanggil Anda dengan nama depan Anda, dan menanyakan tentang anak-anak Anda. Mereka mungkin berpura-pura sebagai perwakilan layanan (seperti telepon atau penyedia listrik) atau mengklaim memiliki informasi tentang produk konsumen yang Anda gunakan.

Meskipun siapa pun dapat menjadi korban telemarketer, banyak scammer menargetkan demografi tertentu, seperti orang tua atau milenial. Terlibat dalam taktik penipuan mereka tidak hanya membahayakan dana Anda, tetapi juga meningkatkan peluang Anda untuk diburu oleh telemarketer di masa depan.

Dapatkah Telemarketer Secara Sah Menelepon Menggunakan Nomor Anda?

Memanggil nomor telepon orang lain sebagai telemarketer tidak sepenuhnya dilarang. Peraturan FCC melarang orang atau badan mana pun untuk memberikan informasi ID penelepon yang menipu atau tidak akurat dengan tujuan untuk menipu, merugikan, atau secara tidak adil mendapatkan sesuatu yang berharga menurut Truth in Caller ID Act.

Namun, di bawah peraturan ini, tidak ada niat untuk menyakiti. Jika itu adalah perusahaan legal, telemarketer dapat menggunakan nomor orang lain. Bahkan jika niatnya adalah untuk menyakiti atau menipu, beberapa pusat panggilan berada di luar Amerika Serikat, sehingga sulit untuk mengatur atau menutupnya.

Adakah Yang Dapat Saya Lakukan Tentang Ini?

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegahnya panggilan yang mengganggu ini. Anda dapat mendaftar untuk “Daftar Jangan Panggil” yang akan menghentikan panggilan penjualan untuk menjangkau Anda. Namun, masih dimungkinkan untuk menerima panggilan lain seperti panggilan dari partai politik, badan amal, survei telepon, penagih utang, atau panggilan informasi. Daftar ini telah ada selama 15 tahun dan lebih dari 200 juta nomor telah terdaftar.

Hal yang baik tentang panggilan telemarketing adalah Anda dapat mengetahui apakah itu panggilan telemarketing bahkan sebelum Anda menjawab telepon. Berikut adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai:
Nomor tersebut tidak Anda kenal. Enam digit pertama nomor telepon identik dengan enam digit pertama dari sepuluh digit nomor telepon Anda. Ditandai sebagai SPAM pada ID penelepon Anda. Ini adalah panggilan dari kota tempat Anda baru saja membeli tiket pesawat atau memesan hotel menginap secara online.
Jika Anda memutuskan untuk menjawab telepon meskipun Anda tidak mengetahui nomornya, hitung sampai lima dalam hati sebelum menyapa. Mereka mungkin akan mengatakan sesuatu pada saat itu jika itu adalah seseorang yang Anda kenal. Anda dapat merespons jika Anda mengenali suara tersebut. Robocaller, di sisi lain, akan menutup telepon jika tidak ada respons. Biasanya akan ada jeda waktu satu atau dua detik sebelum orang di ujung sana mulai berbicara jika itu adalah telemarketer manusia.

Telemarketer tidak selalu ingin mengidentifikasi diri mereka sendiri. Namun, jika Anda mengatakan “halo” dan orang di ujung telepon salah mengucapkan nama atau alamat Anda dengan salah, Anda mungkin sedang berbicara dengan telemarketer. Jika orang di ujung telepon meminta informasi pribadi Anda, kemungkinan besar itu adalah scammer daripada telemarketer.

Hal terbaik yang harus dilakukan jika Anda berada dalam situasi seperti itu adalah menutup telepon atau mengatakan bahwa Anda tidak tertarik dalam apa yang mereka tawarkan. Anda tidak boleh mengkonfirmasi pengucapan atau ejaan nama Anda, memberikan informasi kontak atau kartu kredit Anda, atau elemen apa pun dari nomor jaminan sosial Anda. Jangan mencoba membujuk orang di ujung telepon untuk menambahkan Anda ke “Daftar Jangan Panggil” apa pun.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah telemarketer menelepon Anda adalah dengan mengubah pesan suara Anda. Rutekan ulang semua nomor yang tidak dikenal ke pesan suara dan jelaskan situasinya dalam pesan singkat. Ini akan mencegah perusahaan telemarketing menghubungi Anda lagi, dan nomor telepon Anda akan menjadi kurang menarik bagi mereka.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi untuk memblokir nomor yang tidak dikenal. Menggunakan aplikasi untuk mencegah panggilan masuk dari orang yang tidak ada dalam daftar kontak Anda adalah cara praktis untuk menghentikan telemarketer menghubungi Anda. Setiap nomor yang tidak dikenal akan dikirim ke pesan suara Anda.

Beberapa langkah ini tidak akan langsung berfungsi, tetapi akan membuat perbedaan dalam jangka panjang. Jika telemarketer berulang kali diblokir untuk menghubungi Anda, mereka akan beralih ke orang lain yang tidak beruntung.

FAQ Tambahan
Di mana Saya Dapat Melaporkan Panggilan yang Tidak Diinginkan?

Jika Anda tidak kehilangan uang dan hanya ingin melaporkan panggilan, buka DoNotCall.gov dan isi keluar formulir pelaporan yang disederhanakan.

Buka ReportFraud.ftc.gov jika Anda pernah menjadi korban penipuan telepon atau memiliki informasi tentang perusahaan atau scammer yang menelepon Anda.

Sebaiknya laporkan nomor telepon penelepon, nomor yang ditampilkan pada ID penelepon Anda. Bahkan jika Anda menduga itu telah dipalsukan atau dipalsukan, Anda harus melaporkannya ke nomor apa pun yang diperintahkan untuk Anda hubungi kembali. Jika memungkinkan, sertakan tanggal dan waktu panggilan yang sebenarnya.
Apakah Saya Akan Mendengar Kembali Dari FTC?

Karena FTC menerima jutaan laporan setiap tahun, mereka tidak dapat membalas satu per satu. Namun, laporan Anda penting. Komisi Perdagangan Federal (FTC) dan organisasi penegak hukum lainnya memeriksa catatan untuk mengidentifikasi dan menuntut mereka yang bertanggung jawab atas panggilan dan penipuan yang melanggar hukum.

FTC juga mengumpulkan nomor telepon yang Anda laporkan dan mendistribusikannya setiap hari kerja untuk membantu operator telekomunikasi dan mitra industri lain yang mengembangkan solusi pemblokiran panggilan dan pelabelan panggilan.

Pencegahan Adalah Kunci

Mudah-mudahan, saran yang diuraikan dalam artikel ini akan membantu Anda mengurangi atau menghilangkan panggilan telemarketing. Ingatlah bahwa lebih baik tidak menjawab panggilan yang mencurigakan atau mengarahkannya ke pesan suara Anda daripada berurusan dengan telemarketer. Selain itu, perhatikan di mana Anda meninggalkan informasi kontak Anda.

Jika tampaknya tidak ada yang membantu, Anda dapat mengajukan keluhan ke Komisi Komunikasi Federal (FCC). Menurut kepala badan tersebut, mereka berusaha untuk menekan orang-orang yang melakukan robocall dan panggilan palsu yang melanggar hukum, sehingga informasi apa pun yang Anda kirimkan dapat bermanfaat. Anda dapat mengajukan keluhan ke Pusat Keluhan Konsumen online mereka.

Pernahkah Anda menjadi korban telemarketer? Apa yang Anda lakukan dalam situasi tersebut? Apakah Anda punya rekomendasi? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: