Ukuran Foto Instagram Ideal

Pengguna Instagram
Avid kemungkinan akrab dengan algoritme ukuran foto platform yang rumit. Anda dapat mencoba mengunggah foto yang sempurna hanya untuk mengetahui bahwa foto itu perlu dipotong, dipangkas, atau diubah ukurannya sepenuhnya.

Tidak ada cara untuk menghindari algoritme kompresi default Instagram, tetapi Anda dapat mengoptimalkan gambar Anda dengan cara yang akan membuatnya bersinar. Artikel ini berfokus pada dimensi ideal, cara mengunggah, dan “menipu” Instagram agar menampilkan gambar Anda dengan kualitas penuh.

Apa Persyaratan Ukuran Foto Instagram?

Jika Anda ingin pengalaman memposting foto yang mulus di Instagram, Anda mungkin ingin membiasakan diri dengan Instagram persyaratan ukuran foto. Meskipun pertanyaannya sederhana, sebenarnya bisa menjadi sangat rumit.

Pertama, Instagram memiliki persyaratan ukuran yang bervariasi untuk foto tergantung pada orientasinya. Misalnya, apa yang cocok untuk potret tidak akan berfungsi untuk foto lanskap.

Instagram tidak akan memaksa Anda untuk mengubah foto dengan lebar antara 320px hingga 1080px.

Berikut adalah persyaratan ukuran untuk foto Instagram berdasarkan orientasi:
Square Photo – 1080px X 1080pxPortrait – 1080px X 1350pxLandscape – 1080px X 608px
Cara Instagram Mengubah Ukuran Foto

Instagram mengubah ukuran sebagian besar gambar menjadi 2048px x 2048px (untuk foto yang lebih besar dari 2K), dan yang lebih kecil biasanya membentang hingga 1080×1080 agar sesuai dengan standar minimum. Inilah sebabnya mengapa mengambil gambar Anda dalam 4K (3.840 × 2.160) adalah suatu keharusan, untuk menjaga kualitas/detail dalam kompresi.

Untungnya, sebagian besar resolusi untuk kamera ponsel cerdas adalah 4K atau 3.840 × 2.160. Inilah sebabnya mengapa pengeditan untuk Instagram dimulai sejak pengambilan gambar: Anda harus menyesuaikan ponsel Anda SEBELUM mengambil gambar berkualitas tinggi!

Ukuran Foto Instagram Ideal Adalah 3.840 × 2.160

Saat Anda mempublikasikan gambar dalam 4K (3.840 × 2.160) , Instagram menurunkannya ke ukuran kompresi tertinggi yang tersedia (2K – 2048px x 2048px). Ini juga mempersiapkan gambar Anda untuk masa depan jika Instagram memutuskan untuk membuat pengaturan kompresi default 4K.

Mengambil Foto Dalam Mode Potret 4K

Instagram adalah aplikasi pengguliran “vertikal” di mana pengguna mengonsumsi konten dari atas ke bawah, maka foto potret lebih disukai karena mereka dipamerkan secara vertikal. Ini berarti bahwa gambar Anda dapat mengambil lebih banyak ruang & dilihat oleh lebih banyak orang di timeline.

Untuk demo ini, kami mengambil gambar perlengkapan mandi dalam mode potret. Kami akan menunjukkan trik penerbitan yang memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak ruang dengan gambar 4K dasar mode potret 3.840 × 2.160. Ini adalah gambar yang kami ambil:
Ambil foto dengan aplikasi kamera asli Anda. Muat gambar Anda di galeri Instagram. Anda akan melihat Instagram memperbesar gambar dalam kotak dan tidak akan menampilkan mode potret penuh: Sekarang PINCH OUT dengan jari Anda dan Instagram akan menarik seluruh gambar potret dengan batas putih di side
Catatan: Batas tersebut TIDAK AKAN ditampilkan saat Anda memublikasikan gambar, tetapi gambar penuh akan ditampilkan dalam timeline: Seperti yang Anda lihat, Instagram mengunggah gambar resolusi LENGKAP secara vertikal dan gambar ini memenuhi seluruh layar.

Sementara itu, gambar lanskap hampir tidak memenuhi setengah layar. Inilah sebabnya mengapa gambar potret lebih unggul dalam hal mendapatkan perhatian di media sosial dan Anda harus memastikan untuk mengambil gambar dalam mode potret untuk menyelamatkan diri Anda dari kesulitan mengedit gambar lanskap nanti untuk menjadikannya potret.

Unggah Dengan PNG Penuh Quality

Saat Anda menyimpan gambar untuk diunggah ke Instagram, pastikan gambar tersebut disimpan dalam format .PNG. Format ini memperbesar ukuran file dan tidak praktis untuk Instagrammer yang harus mengunggah ratusan gambar, tetapi sangat cocok untuk orang yang ingin mendapatkan kualitas tertinggi.

PNG mempertahankan 100% kualitas aslinya sementara JPG dapat diturunkan skalanya dan mungkin datang keluar berkualitas lebih rendah dari yang Anda harapkan. Jika Anda mengedit foto Anda di Photoshop, Anda harus menyimpannya sebagai .PNG karena format ini mempertahankan kualitas terbaik. Memotret dalam mode potret dan resolusi setinggi mungkin, bersama dengan beberapa trik pengeditan, membuat siapa pun dapat mengunggah konten berkualitas tinggi. Apakah Anda memiliki pengalaman, tips, atau pertanyaan tentang ukuran foto Instagram yang ideal? Tinggalkan komentar di bagian bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: