Cara Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Hard Drive

Hard drive Anda adalah jiwa dari komputer Anda, dan Anda dapat mengandalkannya untuk menyimpan data penting.

Jika rusak karena alasan apa pun dan Anda belum melakukan pencadangan baru-baru ini, ada kemungkinan data Anda dapat dihapus. Untuk mengurangi risiko terjadinya hal ini, sebaiknya perhatikan kesehatan hard drive Anda.

Lanjutkan membaca untuk mempelajari empat cara berbeda untuk melakukan ini di Windows 10.

Menggunakan BIOS

Anda dapat memeriksa kesehatan hard drive Anda tanpa mem-boot Windows.

All komputer menyertakan program Basic Input Output System (BIOS) atau Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang memungkinkan sistem operasi terhubung ke firmware komputer. Setiap kali Anda mem-boot komputer Anda, perangkat lunak itu akan dimuat pada awalnya, mem-bootstrap Windows dan memungkinkan Anda menjalankan diagnostik komputer sebelum komputer Anda boot. Metode ini dapat digunakan jika komputer Anda tidak dapat boot ke Windows atau hard drive tidak dapat diakses.

Proses untuk menjalankan diagnostik pra-booting hard drive akan bervariasi tergantung pada pabrikannya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa situs web pabrikan untuk mendapatkan petunjuk tentang cara mengakses dan menjalankan diagnostik sistem pra-booting untuk PC Anda.

Sementara itu, untuk mengetahui cara melakukannya, berikut ini cara mengakses sistem pra-booting melalui Dell dan Lenovo.

Dell:
Saat komputer Anda mencoba untuk boot, terus ketuk tombol “F12” hingga menu boot ditampilkan. Dari “screenHP,” pilih “Diagnostics.”
Lenovo:
Saat komputer Anda boot, ketuk berulang kali ” Esc” hingga Anda melihat menu boot. Tekan tombol “F2” untuk memulai “diagnosticsRefer.”
Gunakan Windows CHKDSK Tool

Windows CHKDSK, salah satu alat bawaan, akan memindai hard drive Anda untuk mencari kesalahan sistem dan bad sector. Ini memeriksa kesehatan hard drive Anda dengan menyorot kesalahan apa pun. Selain memindai masalah, jika memungkinkan, itu akan memperbaikinya dan memberi tahu Anda jika ada masalah yang tidak dapat ditangani. Ikuti langkah-langkah ini untuk menggunakan alat ini:
Buka “Search” dan ketik “cmd.” Di bawah “Command Prompt,” pilih “Run as administrator.” Ketik “chkdsk” pada baris prompt untuk menjalankan pemindaian dasar, lalu tekan “Enter. Anda juga dapat menggunakan “chkdsk /f /r” untuk memperbaiki bad sector dan memulihkan data yang dapat dibaca jika memungkinkan. Untuk turun dari drive Anda, pertama-tama masukkan “chkdsk /f /r /x.” Klik di sini untuk daftar lengkap perintah Microsoft menggunakan alat CHKDSK.
Gunakan WMIC

Perintah Instrumentasi Manajemen Windows (WMIC) adalah antarmuka baris perintah untuk melakukan tugas admin seperti memeriksa kesehatan hard disk Anda. Gunakan fitur Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology (S.M.A.R.T.) yang memungkinkan hard drive memantau secara otomatis dan memberikan kesimpulan dasar untuk status hard drive Anda saja. Anda harus menginstal aplikasi pihak ketiga untuk informasi tambahan.

Cara memeriksa status hard disk Anda menggunakan WMIC:
Tekan tombol “Windows” + “R” secara bersamaan untuk membuka jendela perintah run.Ketik “cmd” lalu tekan tombol Tombol “Enter”. Klik kanan tampilan command prompt, lalu pilih “Run as administrator.” Ketik “wmic” di jendela command prompt, lalu tekan “Enter.” Ketik “diskdrive get status,” lalu tekan “Enter.” Jika status laporan “OK”, Anda memiliki hard drive yang sehat.
Gunakan App

Pabrikan HDD Sebagian besar produsen hard drive akan mengembangkan aplikasi untuk memantau kinerja dan kesehatan hard drive. Anda dapat mengunduh aplikasi melalui situs web produsen. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui siapa produsen hard drive Anda:
Tekan tombol “Windows” + “R”. Di jendela perintah jalankan, ketik “msinfo32” dan tekan “Enter” untuk “Informasi Sistem.” Klik tanda plus (+) tanda untuk memperluas opsi “Komponen”. Temukan “Penyimpanan” dan tekan tanda plus yang berdekatan untuk menemukan “Disk.” Pilih “Disk” untuk menemukan pabrikan dan model hard drive Anda.
Setelah Anda mengonfirmasi pabrikan, buka ke halaman dukungan mereka untuk menemukan utilitas hard drive.

FAQs
Bagaimana Mengenalinya Jika Ada Yang Salah Dengan Hard Drive Saya

Biasanya, sebelum hard drive Anda mulai rusak, Anda akan menerima beberapa tanda peringatan dini. Tanda-tanda ini mungkin hanya muncul beberapa minggu sebelum hard drive Anda benar-benar bermasalah. Dalam skenario itu, bertindak cepat dan cadangkan data Anda secara teratur.

Beberapa tanda peringatan dini yang umum termasuk:

• Waktu booting yang lebih lama secara bertahap

• Sistem crash secara teratur

• Munculnya layar biru kematian secara teratur

• Kesalahan BIOS saat startup

• File yang hilang berarti segmen gagal

• “File Explorer” membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat file

Menjaga Kesehatan Hard Drive Anda

Hard drive adalah salah satu komponen utama komputer Anda. Ini tidak hanya menyimpan file yang Anda simpan tetapi juga berisi kode yang diperlukan untuk sistem operasi. Meskipun Anda dapat menggantinya jika memiliki masalah yang tidak dapat disembuhkan, data Anda tidak akan tergantikan kecuali Anda melakukan backup secara teratur.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui seberapa sehat hard drive Anda, termasuk bertanya melalui alat bawaan seperti CHKDSK dan WMIC. Pabrikan juga akan memiliki alat diagnostik khusus yang tersedia di situs web mereka.

Apa lagi yang Anda lakukan untuk menjaga kesehatan komputer Anda secara keseluruhan? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: