Cara Mematikan Konsol, Pengontrol, dan Mikrofon PS5

Pada awalnya, Anda mungkin berpikir mematikan PS5 adalah tugas yang mudah. Tapi sementara aksinya tidak terdengar seperti ilmu roket, terkadang itu bukan hal yang paling mudah untuk dilakukan, terutama untuk pemilik PS5 pertama kali. Bahkan jika Anda menggunakan PS3 dan PS4 sebelumnya, proses dengan PS5 sedikit berbeda.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan petunjuk tentang cara mematikan PS5 dengan atau tanpa pengontrol DualSense dengan aman. Selain itu, kami akan membahas langkah-langkah tentang cara mematikan pengontrol DualSense Anda sendiri sehingga Anda dapat menghemat daya baterai saat mengunduh game baru.

Cara Mematikan PS5 Dengan Pengontrol

Mematikan PS5 menggunakan pengontrol DualSense adalah tugas yang relatif mudah. Pengguna pertama kali hanya perlu membiasakan diri dengan UI baru yang mungkin tidak selalu masuk akal. Meskipun mungkin tampak rumit pada awalnya, prosesnya jauh lebih jelas setelah percobaan kedua.

Sebelum kita mulai, berhati-hatilah karena ada dua status “mati” untuk PS5. Anda dapat mematikan PS5 sepenuhnya atau memasukkannya ke mode istirahat. Mematikan konsol akan mengakhiri semua aktivitas. Di sisi lain, mode istirahat masih dapat membiarkan PS5 mengunduh tambalan, menginstal game, atau mengisi daya pengontrol yang terpasang. Oleh karena itu, akan terus mengeluarkan sedikit daya.

Berikut cara mematikan PS5 tanpa harus berdiri dari tempat duduk Anda yang nyaman:

Menggunakan Menu Pusat Kontrol
Buka menu pusat kontrol PS5 dengan menekan logo PlayStation di pengontrol.Tekan tombol daya tombol. Anda akan melihat tiga opsi, termasuk “Masuk ke Mode Istirahat,” “Matikan PS5,” dan “Mulai ulang PS5.” Pilih opsi kedua untuk mematikan perangkat.
Saat Anda mematikan PS5 dengan cara ini, konsol akan mulai matikan, tetapi tidak segera. Anda akan melihat pesan “Preparing to turn off your PS5…” yang memperingatkan Anda untuk tidak mencabut kabel daya AC saat indikator daya PS5 berkedip.

Cara Mematikan PS5 Tanpa Kontroler

Mematikan PS5 tanpa menggunakan pengontrol berarti Anda harus melakukannya langsung di konsol. Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk mematikan PS5, tetapi ini mengharuskan Anda untuk mengakses konsol di mana pun berada di kamar Anda.

Anda akan melihat dua tombol pada bilah hitam di tengah konsol PS5 (Jika Anda memiliki Digital PS5 Edition, hanya akan ada satu tombol). Temukan tombol daya yang terletak di sebelah kiri konsol untuk versi disk. Jika Anda telah mengatur konsol secara vertikal, maka tombol daya akan berada di bagian bawah.

Tekan dan tahan tombol daya hingga Anda mendengar bunyi bip dua kali. Melepaskan tombol setelah bunyi bip pertama akan mengatur konsol Anda ke mode istirahat. Dua bip akan mematikan PS5 sepenuhnya.

Saat PS5 Anda bersiap untuk dimatikan, pesan akan ditampilkan di layar. Ini untuk memperingatkan Anda agar tidak mencabut konsol dari kabel daya AC-nya saat tombol daya masih menyala.

Cara Mematikan Pengontrol PS5

Jika Anda mengunduh game dan ingin menghemat masa pakai baterai pada 1,560 yang tidak terlalu kuat mAh controller PS5, maka lebih baik untuk mematikannya. Namun, mematikan pengontrol DualSense PS5 memerlukan pendekatan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan generasi PS sebelumnya.

Ada berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mematikan pad, dan dijelaskan di bawah ini.

1. Melalui Control Center
Pada pad PS5 DualSense Anda, tekan tombol PlayStation yang terletak di tengah, di antara stik analog. Arahkan ke baris bawah menu PS5 dan temukan opsi “Accessories”. Ini adalah tombol dengan gamepad dan ikon pengukur baterai kecil di atasnya. Tekan “X.” Anda akan melihat semua aksesori terhubung ke perangkat Anda. Pengontrol DualSense Anda akan diberi nama “Pengontrol Nirkabel.” Tekan “X” di atasnya. Pilih opsi “Matikan” untuk mematikan pad.
2. Matikan Secara Otomatis

Anda dapat mengatur DualSense pad Anda untuk mati secara otomatis jika tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka pengaturan PS5 Anda. Buka ikon berbentuk roda gigi yang terletak di kanan atas layar beranda. Pilih “Sistem.” Anda akan menemukannya saat menggulir submenu. Itu akan berada di paruh kedua daftar. Gulir ke “Hemat Daya” di bagian bawah daftar. Atur waktu di bagian “Atur Waktu Hingga Pengontrol Mati”. Anda dapat mematikan pengontrol setelah 10, 30, atau 60 menit tidak aktif.
Cara Mematikan Pengontrol PS5 Kontroler DualSense Mic

PS5 adalah salah satu aksesori game modern yang paling keren. Ada banyak teknologi yang dikemas ke dalam perangkat kecil ini. Diantaranya adalah mikrofon berkualitas tinggi yang terbuka secara default.

Ini berarti apa yang Anda katakan dapat diambil bahkan saat Anda tidak menginginkannya, yang dapat menyebabkan masalah dalam game multipemain daring Anda. Untungnya, cukup mudah untuk mematikan mikrofon di controller.

1 Anda. Melalui Controller

Yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol mute horizontal di tengah controller Anda, tepat di bawah logo PlayStation.

Ketika Anda mematikan mikrofon, tombol akan berkedip oranye.

2. Melalui Pusat Kontrol

Cara lain untuk menonaktifkan mikrofon pada pengontrol PS5 Anda adalah melalui Pusat Kontrol:
Tekan tombol PS pada pengontrol Anda.Tekan “X” pada ikon mikrofon di Pusat Kontrol.
Ini akan membisukan mikrofon pada pengontrol PS5 Anda . Jika Anda ingin benar-benar menonaktifkan PS5 Anda, termasuk output suara, ada langkah-langkah tambahan:
Tahan tombol mute pada pengontrol sampai mulai berkedip oranye.
Anda dapat menggunakan langkah ini untuk membisukan diri Anda dan game dengan mulus jika Anda perlu mengambil mengurus hal-hal lain.

Langkah-langkah ini membantu menonaktifkan mikrofon pengontrol DualSense Anda, sehingga Anda dapat menangani masalah pribadi dan tidak khawatir tentang rekan pemain Anda yang mendengar setiap kata yang Anda ucapkan.

3. Melalui Menu Pengaturan

Cara lain untuk menonaktifkan mikrofon Anda adalah dengan menavigasi ke menu Pengaturan. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka menu Pengaturan dengan menekan ikon roda gigi di kanan atas layar. Arahkan ke bagian “Suara”. Tekan opsi “Mikrofon” dari menu Suara. Di sinilah Anda dapat menyesuaikan pengaturan mikrofon, mengubah mikrofon yang digunakan oleh konsol, dan banyak lagi. Jika Anda ingin membisukan mikrofon pengontrol DualSense, atur Perangkat Input ke “Mikrofon di Pengontrol”. Buka “Status Mikrofon Saat Masuk”. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan mikrofon saat masuk ke konsol atau menonaktifkannya. Tekan “Mute” untuk mematikan suara. PS5 Anda sekarang tidak akan memilih kebisingan latar belakang yang datang dari Anda atau lingkungan Anda.
Tanya Jawab Tambahan
Bisakah Anda Mematikan PS5 Dari Aplikasi?

Untuk mematikan PS5 Anda dengan menggunakan aplikasi, Anda harus menginstal aplikasi PlayStation terlebih dahulu (tersedia di Google Play dan App Store) dan sambungkan ke PS5 Anda. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Pertama, aktifkan remote play di PS5. Mulailah dengan menavigasi ke “Pengaturan.”

2. Buka bagian “Sistem” dan buka “Remote Play.”

3. Nyalakan tombol “Aktifkan Putar Jarak Jauh”.

Jika PS5 Anda diatur ke mode istirahat, Anda dapat memulai Putar Jarak Jauh dengan menuju ke “Pengaturan,” lalu “Sistem,” lalu “Hemat Daya.” Di bawah “Fitur Mode Istirahat”, centang kotak “Tetap Terhubung ke Internet” dan “Aktifkan Menghidupkan PS5 dari Jaringan”. Atur PS5 dalam mode istirahat.

2. Mulai aplikasi Remote Play di ponsel Anda dan masuk dengan akun PS5 Anda.

Lain kali Anda masuk; Anda hanya perlu memilih perangkat untuk mengakses Remote Play.

Beberapa kendali jarak jauh termasuk menampilkan pusat kendali, yang memiliki opsi daya di dalamnya. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan mikrofon, mengunduh game, mengubah pengaturan layar, dan melakukan banyak hal berguna lainnya.

Catatan: Pastikan PS5 dan perangkat seluler Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Anda juga dapat menghubungkan PS5 Anda ke ponsel Anda dengan menuju ke “Pengaturan”, lalu “Pengaturan konsol”, dan “Tautkan Konsol ke Aplikasi” di PS5.
Apakah Aman Mencabut PS5 Saat Masih Hidup?

Mencabut PS5 saat daya menyala tidak dianjurkan. Pertama, Anda mungkin kehilangan kemajuan permainan Anda. Kedua, jika unduhan atau pembaruan sedang berlangsung, Anda juga dapat kehilangan data itu. Itulah mengapa Anda tidak ingin mencabut konsol Anda selama itu dihidupkan.

Perhatikan bahwa dalam mode Istirahat konsol Anda sebenarnya masih dihidupkan dan masih memungkinkan perangkat menggunakan beberapa daya. Cara paling aman untuk mencabut PS5 Anda adalah dengan mematikannya terlebih dahulu.

Mematikan PS5 Anda Menjadi Mudah

Apakah Anda pengguna PS5 pertama atau gamer PS3 dan PS4 berpengalaman, Anda mungkin menemukan pengaturannya sedikit berbeda di PS5. Ini termasuk cara PS5 dimatikan. Untungnya, Anda dapat mematikan PS5 menggunakan berbagai metode: melalui pengontrol, langsung dari konsol, atau dari perangkat seluler Anda. Dan jika Anda ingin menghemat masa pakai baterai pada pengontrol DualSense Anda saat tidak menggunakannya, Anda sekarang tahu cara mematikan pad juga.

Semoga artikel ini menjawab semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki saat mematikan PS5 Anda. .

Apakah Anda lebih suka mematikan PS5 secara langsung atau melalui pengontrol? Dalam situasi apa Anda merasa berguna untuk mematikan pengontrol? Bagikan pemikiran dan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: