Cara Membuat Background Transparan di MS Paint

Jika Anda secara teratur menggunakan Microsoft Paint sebagai alat desain grafis dasar, Anda mungkin ingin membuat latar belakang transparan.

Mungkin Anda ingin menyempurnakan pekerjaan Anda dengan memandu perspektif pemirsa ke bagian tertentu dari suatu gambar. Atau mungkin Anda ingin melapisi gambar tertentu di atas yang lain tanpa kekacauan latar belakang yang tidak diinginkan.

Apa pun alasan Anda, memahami cara menerapkan alat transparansi pada MS Paint dapat meningkatkan kualitas keseluruhan pekerjaan Anda.

Untungnya, prosesnya relatif mudah.

Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda pada panduan langkah demi langkah tentang cara berhasil mengaktifkan alat transparansi pada MS Paint dari desktop Anda. Selain itu, kami akan memberikan saran tentang masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi saat melakukannya.

MS Paint Transparent Background: Windows 10

Jika Anda mengedit gambar tertentu menggunakan MS Paint, Anda mungkin ingin membuat latar belakang transparan untuk efek yang lebih ditingkatkan secara keseluruhan. Berikut cara melakukannya menggunakan Windows 10:
Buka gambar yang ingin Anda gunakan di “Paint” di komputer Anda. Selanjutnya, klik “Pilih” di sisi kiri bilah yang terletak di bagian atas halaman Anda. Pilihan “Transparent Selection” dari daftar yang tersedia. Setelah Anda selesai melakukannya, pilih “Free-Form Selection” dari tombol “Select”. Lacak di sekitar area yang ingin Anda pertahankan dengan menahan tombol kiri mouse dan seret. Kanan -klik persegi panjang yang muncul di sekitar area yang dilacak dan pilih “Potong.” Buka halaman baru di Paint dan tekan Ctrl – V untuk menempelkan gambar Anda. Gambar sekarang akan memiliki latar belakang transparan.
Ada juga cara lain untuk membuat transparan latar belakang pada gambar Anda menggunakan MS Paint. Metode ini adalah sebagai berikut:
Di sisi kanan MS Paint, Anda akan melihat tab yang disebut “Layers.” Klik di atasnya. Pilih “Lapisan Duplikat.” Ketika Anda telah memilih gambar asli, pilih alat “Tongkat Ajaib” yang terletak di panel sebelah kiri. Menggunakan “Tongkat Ajaib” pilih area gambar yang ingin Anda putar transparan. Setelah selesai, ketuk tombol “Hapus” pada keyboard Anda dan simpan pekerjaan Anda dengan menekan “File” lalu “Save As.”
MS Paint Transparent Background: Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi populer lainnya yang dibuat oleh Microsoft. Ini sering dipuji karena kecepatannya, intuisinya, dan sistemnya yang mudah dinavigasi secara keseluruhan. Versi Windows ini, tentu saja, juga dilengkapi dengan versi MS Paint.

Untuk membuat latar belakang transparan menggunakan Windows 7, cukup ikuti langkah-langkah berikut:
Buka gambar yang ingin Anda edit di MS Paint. Dari bilah alat di bagian atas Anda halaman, pilih “Warna 2.” Dari sini, Anda harus memilih warna latar belakang untuk gambar Anda. Selanjutnya, klik alat “Eyedropper” dari bilah alat, lalu klik latar belakang gambar. Ini akan mengatur latar belakang Anda ke warna yang Anda pilih di “Warna 2.” Anda kemudian harus mengklik “Pilih”, lalu “Pilihan Transparan” dari menu tarik-turun. Pilih “Pilihan Persegi Panjang” atau “Bebas- Seleksi Formulir”, lalu lacak di sekitar bagian gambar yang ingin Anda hapus dengan menahan tombol kiri pada mouse Anda. Klik kanan dan pilih “Potong” untuk mengabaikan bagian gambar yang ingin Anda potong . Kemudian pilih “Salin” di atas bagian gambar yang ingin Anda simpan.Buka jendela baru di Paint dan “Tempel” gambar yang Anda salin.Sekarang akan muncul dengan latar belakang transparan.
MS Paint Transparent Background Not Working

Jika Anda telah mengikuti semua langkah-langkah untuk membuat latar belakang transparan tetapi untuk beberapa alasan, fungsinya masih tidak berfungsi. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa bagian area yang Anda pilih tidak berubah menjadi transparan.

Lebih sering daripada tidak, masalahnya adalah karena melewatkan salah satu langkah saat menggunakan alat “Pilihan Transparan”. Misalnya, Anda mungkin lupa mencentang kotak itu sebelum mengklik “Pilihan Persegi Panjang” atau “Pilihan Bentuk Bebas.”

Jangan takut, karena kami memiliki cara mudah untuk memperbaiki masalah ini. Cukup ikuti langkah-langkah ini, pastikan untuk tidak melewatkan apa pun:
Buka gambar yang ingin Anda edit di MS Paint, lalu klik kanan pada gambar dan pilih “Buka Dengan.” Dari bilah alat, pilih “Warna 2” dan pilih a warna latar belakang untuk gambar Anda. Selanjutnya, klik alat “Eyedropper” di bilah alat. Pilih latar belakang gambar. Anda sekarang dapat memisahkan gambar Anda dari latar belakang. Buka menu “Pilih” di bilah alat dan klik “Pilihan Transparan” dari opsi yang tersedia. Pastikan kotak centang di sebelah fungsi ini dicentang. Pada titik ini Anda dapat memilih “Pilihan Persegi Panjang” atau “Pilihan Bentuk Bebas.” Sekarang, pilih bagian gambar yang ingin Anda pisahkan dengan mengklik tombol kiri pada mouse Anda. Klik kanan gambar dan pilih “Potong” atau “Salin.” Buka file Paint baru dan klik kanan untuk “Tempel” gambar yang Anda pilih. Latar belakang sekarang harus transparan.
Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah ini dan masih berjuang untuk membuat latar belakang transparan, maka Anda mungkin ingin menerapkan perangkat lunak konversi gambar. Contoh dari sistem tersebut adalah Microsoft’s Image Converter yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah yang mungkin Anda alami dengan transparansi pada MS Paint.

MS Paint Text: Transparent Background

Latar belakang teks transparan sering digunakan pada MS Paint untuk meningkatkan efek desain. Fitur ini dapat menambah kedalaman proyek Anda dan merupakan pengetahuan yang berguna untuk dimiliki.

Berikut cara melakukannya:
Dari toolbar di sisi kiri jendela Anda, pilih ikon teks (Fitur ini memiliki huruf kapital A). Setelah itu memilih ikon ini, Anda akan melihat banyak ikon baru di halaman Anda. Pilih ikon “Latar Belakang Transparan”. Selanjutnya, gunakan mouse Anda untuk menggambar kotak teks di mana Anda ingin tulisan Anda muncul. Luangkan waktu Anda dengan ini karena setelah ini diatur, tidak akan dapat mengubah ukurannya tanpa memulai dari awal. Pilih font, ukuran, dan warna yang ingin Anda gunakan dari toolbar lalu ketik teks Anda. Setelah Anda puas, klik di luar kotak teks untuk mengatur perubahan Anda.Anda kemudian akan melihat bahwa latar belakang teks sekarang transparan.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana Cara Memilih Latar Belakang di MS Paint?

Jika Anda ingin memilih latar belakang yang berbeda untuk proyek Anda, cukup ikuti ini langkah-langkah:

1. Buka MS Paint, lalu buka gambar yang ingin Anda edit.

2. Dari bilah alat di sisi kiri, pilih “Warna 2.”

3. Selanjutnya, klik alat “Eyedropper”.

4. Setelah Anda selesai melakukannya, klik kiri pada latar belakang gambar Anda dan pilih warna yang ingin Anda gunakan.
Bagaimana Anda Menambahkan Gambar untuk Latar Belakang ke MS Paint?

Jika Anda ingin menyisipkan gambar terpisah sebagai latar belakang Anda , Anda perlu melakukan hal berikut:

1. Kepala untuk melukis dan pilih “Buka” dari bilah atas.

2. Selanjutnya, pilih “stiker” dari menu tarik-turun.

3. Masuk ke ikon folder yang terletak di bilah sisi dan klik “Tambah Stiker.”

4. Cari gambar yang ingin Anda gunakan.

5. Pilih “Buka” untuk menempelkan gambar ke kanvas.

Jadilah Lebih Transparan

Menambahkan latar belakang transparan ke gambar di MS Paint dapat membantu Anda menyempurnakan keseluruhan desain proyek Anda. Mengetahui cara menggunakan alat ini dapat menjadi bagian penting dari perjalanan pengeditan grafik Anda, terutama jika Anda seorang pemula.

Banyak orang yang baru memulai karir desain grafis dapat memilih untuk menggunakan MS Paint sebagai cara untuk mengenal proses pengeditan sebelum beralih ke perangkat lunak yang lebih canggih.

Apakah Anda menggunakan MS Paint untuk proyek Anda? Apakah Anda merasa mudah untuk membuat latar belakang transparan? Beri tahu kami tentang pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: