Cara Membuat Hyperlink ke Google Spreadsheet

Anda melihatnya di mana-mana – di berbagai artikel yang ingin menautkan lebih banyak info atau referensi, bahkan di dokumen MS Word. Ya, tentu saja hyperlink dimungkinkan di Google Spreadsheet. Ini memungkinkan Anda mengakses halaman web dengan cepat dan bahkan folder atau file eksternal.

Menambahkan hyperlink di Google Spreadsheet sangatlah mudah. Namun, ada lebih banyak hyperlink daripada yang terlihat. Berikut cara menambahkan hyperlink ke Google Spreadsheet dan cara memanfaatkannya sebaik mungkin.

Menambahkan Hyperlink

Apakah Anda ingin menautkan sel tertentu di spreadsheet ke tautan eksternal atau ke file/folder di komputer, prinsipnya tetap sama. Namun, ada lebih dari satu cara untuk menyisipkan hyperlink di Google Sheets.

Cara yang paling mudah, tetapi belum tentu cara tercepat, untuk menyisipkan hyperlink adalah dengan memilih sel pilihan, dan buka tab Sisipkan di bagian menu atas dan pilih opsi Sisipkan tautan. Di sisi lain, Anda dapat mengeklik kanan sel yang dimaksud dan membuka tautan Sisipkan di menu tarik-turun. Opsi paling mudah di sini adalah menggunakan pintasan Ctrl + K.

Apa pun metode yang Anda gunakan, menu yang sama akan muncul, meminta Anda memasukkan tautan eksternal ke situs web, halaman web, atau file/folder eksternal. Tempel tautan di dalam kotak Tautan dan pilih Terapkan atau tekan Enter.

Sekarang, Anda akan melihat bahwa sel teks yang dimaksud telah berubah menjadi biru dan ada garis bawah di bawahnya. Ini berarti bahwa teks sekarang tertaut ke alamat online tertentu. Untuk membuka halaman web/file/folder itu, arahkan kursor ke sel, dan sebuah popup akan muncul. Klik tautan di sembulan, dan tab baru akan terbuka di browser Anda, membawa Anda ke tujuan tertaut.

Menggunakan Formula HYPERLINK

Atau, Anda dapat menggunakan rumus untuk menambahkan hyperlink ke sel mana pun di spreadsheet Anda. Ini jelas bukan cara termudah dan paling mudah untuk melakukan berbagai hal. Namun, jika Anda berlatih menambahkan rumus ke Google Spreadsheet (yang merupakan salah satu manfaat utamanya), Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan hyperlink.

Rumus hyperlink cukup sederhana, “=HYPERLINK([URL], [ teks sel].” URL adalah alamat online persis yang Anda inginkan untuk ditautkan ke sel. Teks sel adalah apa yang ingin Anda tampilkan sebagai teks di sel spreadsheet. Jadi, jika Anda ingin, misalnya, memiliki sel entri dengan teks “Mesin Pencari”, dan Anda ingin menautkannya ke Google, seperti inilah tampilan fungsi Anda:

=HYPERLINK(“https://www.google.com”,”Mesin Pencari”)

Efek dari rumus ini sama persis seperti saat menautkan menggunakan pintasan Ctrl + K. Namun, metode hyperlink standar tidak mengubah rumus di Google Spreadsheet, jadi begitulah.

Hyperlinking Lembar Lain

Jika Anda mengoperasikan beberapa lembar di dalam satu Dokumen Google Sheets (yang kemungkinan besar), Anda mungkin ingin sepotong informasi mengarah ke anot lembarnya. Ya, ini sangat bisa dilakukan di Google Spreadsheet, menggunakan fungsi hyperlink.

Untuk melakukannya, buka jendela hyperlink menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas (metode rumus tidak akan berfungsi, karena kedua lembar akan berada di bawah URL yang sama ). Di bidang Tautan, Anda akan melihat opsi Spreadsheet di spreadsheet ini. Perluas dengan mengkliknya. Di sini, Anda akan dapat memilih lembar mana yang ingin Anda hyperlink di sel yang diberikan.

Sekarang, teks sel yang dipilih akan berubah menjadi biru dan digarisbawahi. Arahkan kursor ke atasnya dan klik kiri tautan lembar, dan Anda akan segera dibawa ke lembar tertentu di dalam dokumen Google Spreadsheet Anda. Lembar tidak akan terbuka di tab baru, tetapi jika Anda menginginkannya, Anda dapat mengklik tengah tautan.

Hyperlinking ke Dokumen Google Sheets Lain

Tidak, tidak ada opsi khusus yang memungkinkan Anda untuk hyperlink ke dokumen Google Sheets lain . Ini jauh lebih sederhana dari itu, sebenarnya. Ketika Anda memikirkannya, setiap dokumen Google Sheets memiliki URL sendiri, bukan? Seluruh layanan berbasis online, dan Anda dapat meminta orang lain mengakses dokumen Spreadsheet, selama Anda memberi mereka akses ke sana. Dokumen Google Spreadsheet. Cukup gunakan salah satu metode yang disebutkan di atas dan masukkan URL dokumen yang dimaksud.

Perlu diingat, bahwa hanya pengguna dengan izin untuk mengakses dokumen yang mengarah ke tautan yang dapat mengaksesnya.

Hyperlinking ke a Range of Cells

Opsi hyperlink yang sangat berguna adalah pilihan di mana Anda dapat mengatur rentang sel untuk disorot secara otomatis saat menavigasi ke hyperlink di dalam sel. Ini adalah opsi referensi yang berguna. Ini sering digunakan ketika Anda ingin menguraikan data di dalam sel. Misalnya, katakanlah sebuah sel memberi tahu berapa banyak atlet Amerika yang ikut serta dalam sebuah kompetisi. Anda dapat menautkan sel ini untuk benar-benar mengarah ke daftar nama atlet ini dalam spreadsheet yang sama. Berikut cara hyperlink ke rentang sel.

Pilih sel tertentu yang ingin Anda hyperlink dan masuk ke menu hyperlink seperti yang telah Anda lakukan sebelumnya (tidak menggunakan rumus). Di kotak dialog popup, Anda akan melihat opsi Pilih rentang sel untuk ditautkan. Gunakan logika khas Google Spreadsheet/MS Excel untuk mengatur rentang. Tekan OK dan kemudian Terapkan. Sekarang, untuk mengujinya, arahkan kursor ke sel yang di-hyperlink dan pilih tautannya. Rentang sel yang ditentukan harus disorot secara otomatis.

Hyperlinking di Google Sheets

Meskipun tindakan hyperlink sangat mudah, Anda bisa cukup kreatif dengannya. Ada berbagai cara untuk menambahkan hyperlink, dan ada berbagai jenis hal yang dapat menyebabkan link itu sendiri. Bagaimanapun, semuanya didasarkan pada filosofi yang hampir sama.

Apakah panduan ini membantu Anda menautkan sel di dokumen Google Sheets Anda? Pernahkah Anda mempelajari sesuatu yang tidak Anda ketahui sebelumnya? Jangan ragu untuk menambahkan pemikiran Anda atau mengajukan pertanyaan di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: