Cara Menambahkan Situs Tepercaya ke Google Chrome

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Google Chrome menganalisis situs web demi keamanan Anda dan memperingatkan Anda jika sambungan tidak aman. Namun, terkadang fitur ini dapat membatasi akses ke situs web yang ingin Anda kunjungi terlepas dari status keamanannya. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan situs web ke daftar situs tepercaya, kami di sini untuk membantu.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara menambahkan situs tepercaya di Google Chrome – di Windows, Mac, Android, iPhone, dan dengan GPO . Selain itu, kami akan menjawab beberapa pertanyaan paling umum terkait situs tepercaya di Chrome.

Cara Menambahkan Situs Tepercaya di Google Chrome di Windows

Mengubah setelan keamanan situs web di Windows adalah proses yang sederhana. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk di bawah ini:
Di Chrome, buka situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya.Di sebelah kiri dari kotak masukan situs web, klik ikon kunci, info, atau peringatan.Pilih Setelan situs dari menu.Pilih opsi pengaturan keamanan – untuk menandai situs web sebagai tepercaya, klik ikon kunci. Perubahan disimpan secara otomatis.
Anda juga dapat mengelola pengaturan keamanan untuk beberapa situs sekaligus. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk di bawah ini:
Di Chrome, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar Anda. Pilih Pengaturan dari menu tarik-turun. Sekarang, navigasikan ke bagian Privasi dan keamanan dan pilih Situs Pengaturan. Anda akan melihat daftar situs web yang Anda kunjungi. Kelola izin situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya, perubahan akan disimpan secara otomatis.
Cara Menambahkan Situs Tepercaya di Google Chrome di Mac

Mengelola izin situs di Chrome di Mac sama seperti Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Di Chrome, buka situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya.Di sebelah kiri dari kotak input situs web, klik ikon kunci, info, atau peringatan.Pilih Pengaturan situs dari menu.Pilih pengaturan keamanan – untuk menandai situs web sebagai tepercaya, klik ikon kunci . Perubahan disimpan secara otomatis.
Cara Menambahkan Situs Tepercaya di Google Chrome Dengan GPO

Jika Anda menggunakan Kebijakan Grup, mengelola pengaturan keamanan situs web di Chrome sedikit lebih rumit daripada tanpa pengontrol domain apa pun. Anda harus mengatur pengaturan melalui GPO Anda daripada Chrome. Untuk menandai situs web sebagai tepercaya, ikuti petunjuk di bawah ini:
Buka folder Google Chrome GPO di PC Anda. Di bawah bagian Template Administrasi, navigasikan ke Kebijakan untuk Otentikasi HTTP. Klik dua kali pengaturan Daftar Putih Server Otentikasi. Tandai kotak centang di samping Diaktifkan. Ketik alamat situs web ke kotak input teks di bawah daftar putih server Otentikasi. Konfirmasikan dengan mengklik OK.
Cara Menambahkan Situs Tepercaya di Google Chrome pada Perangkat Android

Petunjuk untuk mengubah pengaturan keamanan situs web di Google Chrome Aplikasi Android sedikit berbeda dari yang untuk PC. Untuk menandai situs web sebagai tepercaya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Di Chrome, buka situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya.Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar Anda.Dari menu tarik-turun, pilih Pengaturan situs.Buka Izin dan pilih ikon kunci untuk menandai situs web sebagai tepercaya, perubahan akan disimpan secara otomatis.
Untuk mengelola izin beberapa situs web di Android sekaligus, ikuti petunjuk di bawah:
Di aplikasi Chrome, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar Anda. Gulir ke bawah ke bagian Lanjutan, lalu pilih Pengaturan situs. Kelola izin yang ingin Anda perbarui.
Cara Menambahkan Situs Tepercaya di Google Chrome di iPhone atau iPad

Anda dapat mengubah pengaturan keamanan situs web di Chrome untuk iPhone atau iPad dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Di aplikasi Chrome, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan bawah layar Anda.Pilih Pengaturan dari menu tarik-turun.Kemudian, pilih Pengaturan Konten.Kelola keamanan izin untuk situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya.
Pertanyaan Umum (FAQ)

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menambahkan situs web tepercaya di Google Chrome, Anda mungkin ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang setelan keamanan situs web browser. Baca bagian ini untuk mendapatkan jawaban atas beberapa pertanyaan paling umum.
Bagaimana Cara Mengatur Situs Tepercaya di Edge?

Untuk mengubah pengaturan keamanan situs di Microsoft Edge, Anda harus menggunakan Panel Kontrol Windows.

1. Buka menu mulai, ketik “Panel Kontrol”, lalu klik aplikasi.

2. Kemudian, navigasikan ke Opsi Internet, Anda mungkin perlu mengubah opsi Lihat menurut ke Ikon kecil.

3. Sekarang, pilih tab Keamanan dari bagian atas menu.

4. Klik situs Tepercaya, lalu klik dua kali tombol Situs.

5. Ketik alamat situs web ke dalam kotak teks Tambahkan situs web ini ke zona, klik Tambahkan, lalu klik OK.
Bagaimana Saya Mengizinkan Situs Web di Chrome?

Jika Google Chrome mengidentifikasi situs web sebagai tidak aman, Anda dapat menandainya sebagai tepercaya melalui pengaturan Situs.

1. Untuk melakukan itu, buka situs web yang diinginkan di Chrome.

2. Kemudian, klik ikon info atau peringatan di sebelah kotak input alamat situs.

3. Pilih Pengaturan Situs, lalu ubah info atau ikon peringatan menjadi ikon kunci. Perubahan akan disimpan secara otomatis.

Secara opsional, Anda dapat mengelola pengaturan keamanan beberapa situs web sekaligus – untuk melakukannya, buka browser dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar Anda. Pilih Pengaturan dari menu tarik-turun. Arahkan ke Privasi dan Keamanan, lalu ke Pengaturan Situs. Anda akan melihat daftar semua situs web yang pernah Anda kunjungi. Kelola izin keamanan untuk situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya.
Bagaimana Cara Memeriksa Situs Tepercaya?

Memeriksa status keamanan situs web di Google Chrome sangat mudah.

1. Buka situs web di browser Anda dan temukan ikon yang sesuai di sebelah kiri dari kotak masukan alamat situs. Ikon kunci berarti koneksi aman. Informasi yang masuk melalui situs web tidak terlihat oleh pihak ketiga tetapi bersifat pribadi.

2. Ikon info menunjukkan bahwa tidak ada informasi yang cukup atau situs tidak aman. Ini berarti bahwa informasi di situs web tidak bersifat pribadi. Namun, ini dapat diubah dengan mengunjungi https:// alih-alih versi situs web http://. Cukup ketik ulang alamat situs web dengan https:// di depan.

3. Jika Anda melihat ikon peringatan merah, situs web tersebut tidak aman atau berbahaya. Informasi dari situs web tersebut kemungkinan besar akan tersedia untuk pihak ketiga. Kami sangat menyarankan situs web semacam itu untuk menghindari kebocoran informasi Anda, terutama jika Anda berencana untuk melakukan pembayaran melalui situs.
Bagaimana Cara Menambahkan Situs ke Situs Tepercaya Saya di Registri?

Jika Anda menjalankan akun Chrome terkelola dan menggunakan Windows, Anda dapat menandai situs web sebagai tepercaya hanya melalui Chrome GPO.

1. Untuk melakukan ini, buka folder Chrome GPO dan arahkan ke Kebijakan untuk Otentikasi HTTP.

2. Kemudian, pilih Diaktifkan dan ketik alamat situs web yang ingin Anda tandai sebagai tepercaya. Anda dapat mengelola kebijakan browser yang tidak tersedia di GPO melalui registri Windows.

Misalnya, Anda dapat mengelola daftar blokir pemasangan ekstensi, mengaktifkan penjelajahan aman, atau mengaktifkan pelaporan penggunaan dan data terkait kerusakan. Pertama, unduh file zip ini. Jalankan file dan arahkan ke Konfigurasi, lalu pilih Contoh. Temukan file chrome.reg dan salin. Buka file ini dengan editor teks apa pun, seperti Microsoft Word atau Google Documents, dan edit teks file. Anda dapat menemukan template untuk pengaturan tertentu di sini.
Mengapa Situs Web Tampak Tidak Aman di Chrome?

Tanda peringatan berwarna merah atau ikon info di samping alamat situs web menunjukkan bahwa informasi yang dibagikan melalui situs tidak bersifat pribadi. Paling sering, Chrome menandai situs web dengan http:// di depan sebagai tidak aman. HTTP adalah singkatan dari protokol transfer hypertext. HTTPS, di sisi lain, adalah protokol transfer hypertext yang aman.

Beberapa situs web memiliki dua versi, artinya Anda dapat mengedit alamat situs dari http:// menjadi https://. Chrome kemudian akan mengenali situs tersebut sebagai aman. Jangan bagikan detail pembayaran Anda dan informasi sangat pribadi lainnya melalui situs web HTTP.
Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan “Koneksi Anda Tidak Pribadi” di Chrome?

Kadang-kadang, Chrome menampilkan pesan “Koneksi Anda tidak pribadi” dan menonaktifkan akses ke sebuah situs. Ini sering terjadi ketika Anda mencoba menggunakan Wi-Fi publik, misalnya, di bandara. Dalam hal ini, coba masuk ke halaman http:// mana pun. Jika ini tidak berhasil, coba masuk ke halaman yang sama dalam mode Penyamaran. Jika proses masuk tidak berhasil, masalahnya kemungkinan besar terletak pada ekstensi Chrome, dan Anda harus mematikannya. Anda juga dapat mencoba memperbarui sistem operasi Anda atau mematikan antivirus Anda.

Waspada Mengelola Pengaturan Keamanan

Semoga dengan bantuan panduan kami, Anda akan dapat dengan mudah mengelola pengaturan keamanan situs di Google Chrome. Namun, berhati-hatilah – sering kali, Chrome memiliki alasan yang sah untuk menandai situs web sebagai tidak aman. Jangan membagikan informasi pribadi melalui situs web yang tidak menggunakan enkripsi. Jika situs web yang Anda kunjungi sering menggunakan HTTP, pertimbangkan untuk meminta mereka beralih ke versi HTTPS untuk meminimalkan risiko atau menggunakan setelan atau ekstensi peramban yang secara otomatis mengenkripsi lalu lintas yang dikirim melalui HTTP.

Peramban mana yang menjadi favorit Anda, dan mengapa? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: