Cara Mengabjadkan di Google Spreadsheet dan Menjaga Baris Bersama

Jika Anda tidak mengetahui berbagai kemungkinan yang terkait dengan Google Spreadsheet, versi online Microsoft Excel ini dapat melakukan banyak hal. Namun, untuk menggunakannya dengan benar, Anda perlu memperkenalkan diri Anda pada beberapa fungsi dasar.

Mengabjad dan menjaga baris tetap bersama tentu termasuk dalam kategori itu. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukan kedua fungsi utama ini di Google Sheets.

Alphabetizing

Cara paling mudah untuk mengurutkan spreadsheet menurut abjad adalah dengan menggunakan fungsi Sortir. Ini memungkinkan Anda untuk mengurutkan rentang data, kolom, atau beberapa kolom yang dipilih secara alfabetis.

Kolom Tunggal

Untuk mengabjadkan satu kolom data dalam urutan A-ke-Z, Anda harus memasukkan rumus yang melakukan ini secara otomatis. Fungsi Sortir dapat mengambil lebih banyak argumen, tetapi jika Anda ingin melakukan pengurutan abjad yang cepat, menaik, gunakan fungsi “=SORT(A2:A12)”.

Perlu diingat bahwa rumus ini adalah array. Artinya, rumus menempati rentang yang ukurannya persis sama dengan rentang input. Gunakan rumus ini, dan Anda tidak akan dapat mengubah apa pun di dalam array. Anda tidak akan dapat menghapus satu sel pun dari hasil. Anda dapat menghapus seluruh hasil rumus, tetapi bukan nilai sel.

Beberapa Kolom

Jika Anda memiliki kumpulan data beberapa kolom, fungsi Urutkan masih dapat membantu Anda mengatur sel menurut abjad. Ada formula yang akan membantu Anda melakukan ini. Masukkan fungsi “=SORT(A2:B12,1,FALSE)” untuk mengurutkan beberapa kolom menurut abjad sesuai keinginan Anda. Rumus yang disebutkan bekerja dengan tiga argumen.

Argumen pertama adalah rentang. Pada dasarnya, rentang entri yang ingin Anda urutkan. Pada gilirannya, ini memungkinkan Anda untuk memilih kolom yang ingin Anda urutkan. Argumen kedua adalah kolom di mana Anda ingin mengurutkan hasilnya. Ini disebut sort_column.

Argumen ketiga adalah argumen is_ascending. Itu dapat memiliki salah satu dari dua nilai: TRUE atau FALSE. TRUE berarti bahwa pengurutan akan dilakukan dalam urutan menaik. FALSE berarti bahwa pengurutan akan dilakukan dalam urutan menurun.

Opsi Pengurutan Bawaan

Anda mungkin ingin mengurutkan data yang tersedia menurut abjad dan mendapatkan nilai statis, bukan nilai dinamis. Fungsi Sortir tidak dapat melakukan ini, tetapi ada alat bawaan di Google Spreadsheet yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi abjad statis. Ini mungkin cara paling sederhana untuk mengurutkan abjad di Google Sheets, tetapi itu tidak akan banyak membantu Anda jika Anda terus-menerus memperbarui daftar. Jika Anda ingin mengubah nilai statis sel di dalam kolom, berikut cara melakukannya.

Sesederhana memilih seluruh kolom (klik huruf kolom yang sesuai) dan menavigasi ke entri Data di menu atas.

Jika Anda memilih sort range, alat akan mengurutkan rentang yang dipilih dalam urutan naik/turun. Jika Anda memilih salah satu dari dua opsi pengurutan lembar, itu akan mengurutkan seluruh lembar dalam mode naik/turun.

Anda dapat mengakses lebih banyak opsi untuk pengurutan abjad dengan memilih Opsi penyortiran rentang lanjutan di bawah menu Urutkan rentang. Ini membuat penyortiran lebih mudah jika Anda memiliki banyak kolom untuk dipilih. Setelah selesai, pilih Sort.

Mengabjadkan Dataset Berdasarkan Satu Kolom

Mulai dengan memilih dataset yang dimaksud dan pastikan Anda telah menyertakan header juga. Lalu, buka Data, pilih Sortir rentang, dan Opsi penyortiran rentang lanjutan dari menu tarik-turun. Aktifkan opsi Data has header row. Kemudian, di bawah Urutkan menurut, pilih header yang Anda inginkan. Pilih opsi A-Z atau Z-A untuk dan urutan naik/turun (masing-masing). Klik Sort.

Freezing

Terkadang, Anda mungkin ingin mempertahankan baris dan kolom seperti yang Anda atur dan membuat daftar kolom lain menurut abjad. Ini sepenuhnya mungkin. Anda dapat membekukan baris atau seluruh kolom. Setelah dibekukan, baris/kolom yang dipilih dipisahkan dengan garis abu-abu tebal. Ini berarti, terlepas dari bagaimana Anda mencoba menyortir bagian mana pun dari dokumen, baris/kolom yang dipilih akan tetap di tempatnya, seperti yang Anda tentukan.

Ini sangat mudah dilakukan. Pilih sel di baris/kolom yang ingin Anda bekukan. Kemudian, navigasikan ke entri Lihat di menu atas Google Spreadsheet. Arahkan kursor ke fungsi Bekukan. Anda memiliki empat opsi untuk baris dan kolom masing-masing.

Tidak ada baris yang akan membatalkan pembekuan dan Anda akan melihat garis abu-abu tebal yang sesuai menghilang dari lembar. 1 baris akan membekukan baris pertama. 2 baris akan membekukan dua baris pertama. Hingga baris saat ini (x) akan membekukan semuanya hingga baris yang telah Anda pilih (angka x, di mana x adalah jumlah baris yang dimaksud).

Hal yang sama berlaku untuk kolom. Anda mendapatkan Tidak ada kolom, 1 kolom, 2 kolom, dan Hingga kolom saat ini (y), di mana “y” adalah huruf dari kolom yang dipilih.

Setelah Anda memilih baris/kolom/keduanya, Anda dapat membuka Data, abjad semuanya, dan Anda akan melihat bahwa baris/kolom “beku” tidak akan mengubah nilainya. Ini adalah opsi praktis dan dapat digunakan dalam berbagai cara kreatif.

Mengabjad dan Menjaga Kolom dan Baris Tetap Utuh

Ada dua cara utama untuk mengurutkan abjad di Google Spreadsheet. Yang pertama menggunakan berbagai formula dan cukup dinamis. Ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal dengan spreadsheet Anda. Namun, ini relatif kompleks. Jika Anda ingin menyusun lembar menurut abjad, gunakan metode kedua. Jangan khawatir. Anda dapat mengunci baris dan kolom di tempatnya dengan fungsi Bekukan.

Apakah panduan ini bermanfaat? Apakah Anda berhasil melakukan apa yang Anda inginkan dengan spreadsheet Anda? Jangan ragu untuk menekan bagian komentar di bawah ini dengan pertanyaan apa pun yang Anda miliki. Komunitas kami siap dengan semua jawaban yang Anda butuhkan.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: