Cara Mengonfigurasi Penskalaan Tampilan di

Pengaturan
Resolution di Windows 10 memutuskan bagaimana detail gambar dan teks muncul, tetapi penskalaan menentukan tampilannya di layar. Apa pun resolusi yang Anda tetapkan untuk monitor atau TV, Windows 10 menskalakan tampilan agar sesuai dengan semua yang ada di layar, meskipun harus menambahkan panah gulir dan atas/bawah, seperti di bilah tugas yang menampilkan ikon untuk jendela aktif .Terkadang, monitor dengan resolusi tinggi seperti 4K cenderung membuat teks, jendela, dan ikon menjadi lebih kecil. Situasi ini membuat sulit untuk melihat apa yang ada di layar, terutama dari kejauhan. Windows 10 umumnya secara otomatis menyesuaikan penskalaan pada tampilan 4K hingga 150% untuk mencegah jendela dan teks kecil. Terlepas dari itu, Anda masih dapat meningkatkan ukuran semuanya secara manual sehingga Anda dapat melihat dengan lebih nyaman, meskipun hanya untuk monitor default Anda.

Mengapa Menyesuaikan Penskalaan Windows 10?

Menggunakan banyak layar adalah cara yang bagus untuk mengatur pekerjaan atau berbagai aktivitas Anda. Namun, tetap saja menjengkelkan jika harus menyeret jendela antar monitor saat resolusinya berbeda. Penskalaan Windows 10 bermanfaat dalam situasi ini, memungkinkan Anda untuk mencocokkan teks, gambar, dan ikon ke tampilan default dengan lebih baik.

Selanjutnya, selalu menyenangkan untuk memiliki resolusi yang lebih tinggi untuk pengalaman visual seperti video dan game, tetapi terkadang, teks dan ikon terlihat terlalu kecil untuk dibaca dengan nyaman. Skenario ini adalah di mana penskalaan berperan. Anda dapat memperbesar teks, ikon, dan lainnya untuk mengimbangi resolusi yang lebih tinggi tanpa khawatir kehilangan visual. Orang yang kesulitan melihat teks dan gambar yang lebih kecil dapat membuat penggunaan PC menjadi pengalaman yang lebih mudah dengan menggunakan penskalaan.

Pengaturan Penskalaan Windows 10

Windows 10 hadir dengan fitur penskalaan prasetel yang dapat Anda ubah secara manual, dengan asumsi Windows tidak secara otomatis menyesuaikan dengan keinginan Anda . Sayangnya, opsi penskalaan terbatas pada 100%, 125%, dan 150% dari ukuran aslinya. Opsi skala kustom juga tersedia, tetapi Windows menerapkan pengaturan itu ke semua tampilan yang terhubung.

Apa yang Dilakukan Penskalaan Windows 10?

Secara keseluruhan, penskalaan membuat layar default Anda tetap dapat dilihat, dan juga menjaga ukuran layar cukup konsisten antara monitor berukuran berbeda dengan resolusi berbeda pilihan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, menggeser jendela atau gambar ke layar lain dapat terlihat berbeda jika proporsi penskalaan tidak cocok. Layar yang lebih besar mungkin memerlukan pengaturan skala yang lebih rendah untuk mencerminkan ukuran antara dua monitor.

Artikel ini menunjukkan kepada Anda cara mengatur penskalaan tampilan Windows 10 untuk menggunakan satu, dua, atau lebih layar secara bersamaan sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan semuanya dalam ukuran yang sama— atau perluas monitor yang ada untuk visibilitas yang lebih baik.

Cara Menggunakan Penskalaan Preset Windows 10 pada Satu Layar

Scaling memungkinkan monitor utama Anda menampilkan teks, gambar, dan ikon yang diperbesar untuk pengalaman menonton yang lebih baik. Penskalaan preset Windows 10 mencakup tiga opsi. Berikut langkah-langkahnya.
Klik pada “Start Menu,” lalu pilih “Settings.” Pilih “System.” Pilih “Display.” Gulir ke bawah ke bagian “Scale and layout”, lalu klik dropdown untuk “Change the size of teks, aplikasi, dan item lainnya.” Pilih “100%”, “125%”, atau “150%”. Ketiga ukuran penskalaan prasetel tersebut adalah satu-satunya pilihan yang tersedia untuk satu tampilan menggunakan opsi menu “Skala dan tata letak”.
Menggunakan Penskalaan Tampilan Prasetel Windows 10 untuk Dua Monitor atau Lebih

Saat Anda menggunakan beberapa monitor dan memperluas layar, penskalaan mungkin berbeda, seperti sebagai layar 1080P default dan HDTV 4K. Meskipun Windows secara otomatis menyesuaikan skala untuk membuat teks dan jendela lebih besar di HDTV, Anda mungkin perlu mengubahnya karena menggeser jendela ke layar yang berbeda dapat mengubah ukurannya, yang tidak selalu bermanfaat. Berikut cara menyesuaikan penskalaan pada beberapa monitor menggunakan ukuran prasetel agar lebih cocok, secara proporsional.

Catatan: Sebaiknya monitor dengan resolusi yang sama atau serupa secara proporsional. Jika tidak, Anda mungkin akan mendapatkan teks dan gambar yang buram.
Buka “Start Menu > Settings > System > Display” dan pilih monitor yang ingin Anda skalakan. Anda juga dapat mengklik “Identify” jika Anda tidak yakin monitor apa yang harus dipilih. Gulir ke bawah ke opsi “Scale and layout” dan pilih persentase dari menu dropdown. Selanjutnya, kecilkan jendela di layar utama sehingga menjadi lebih kecil dari layar desktop Anda, tahan bilah judul, dan geser ke layar kedua untuk melihat apakah Anda menyukai transisi dari Monitor 1 ke Monitor 2. Pastikan untuk menggesernya sepenuhnya (atau sangat dekat) ke Monitor 2, atau itu tidak akan mengubah penskalaan. Jika tidak puas, ulangi opsi Skala dan tata letak di atas hingga Anda mendapatkan tampilan yang Anda butuhkan. Perhatikan bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan ukuran yang tepat karena hanya memiliki tiga pilihan.—100%, 125%, dan 150%.
Anda dapat melihat Monitor 1 dan Monitor 2 menggunakan opsi “Identify” yang menampilkan kotak hitam dengan nomor untuk masing-masing layar pada gambar di atas. Anda juga melihat bahwa jendela yang diubah ukurannya (menggunakan langkah-langkah di atas) pada monitor 1 cocok dengan pengaturan monitor 2. Jika penskalaan dinonaktifkan untuk monitor 2, menggeser jendela yang mengecil akan mengubah ukurannya.

Penskalaan Khusus di Windows 10

Jika Anda memerlukan skala tampilan yang lebih tepat, Anda dapat menggunakan opsi penskalaan lanjutan. Pilihan ini memungkinkan Anda mengatur persentase penskalaan secara manual sesuai kebutuhan. Perhatikan bahwa perubahan apa pun di sini memengaruhi SEMUA layar yang terpasang, dan ini memerlukan logout untuk mengaktifkannya. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menyesuaikan setiap layar secara individual menggunakan metode ini.

Penskalaan kustom adalah proses sederhana pada Windows 10. Petunjuk di bawah ini didasarkan pada Windows 10 Home, versi 21H1, OS Build 19043.1348 dengan Windows Feature Experience Pack 120.2212.3920.0. Lokasi pengaturan di versi atau build sebelumnya mungkin sedikit berbeda.
Klik “Start Menu,” lalu “Settings.” Pilih “Ease of Access.” Di bagian “Buat semuanya lebih besar”, klik “Ubah ukuran aplikasi dan teks pada tampilan lain.” Meskipun tertulis “tampilan lain”, opsi yang Anda pilih berlaku untuk semua layar/monitor. Di bagian “Skala dan tata letak”, klik “Opsi penskalaan lanjutan”. Di bagian “Penskalaan khusus”, ketik ukuran penskalaan khusus (berdasarkan persen), lalu klik “Terapkan.” Agar persentase penskalaan baru berlaku, Anda harus keluar dengan mengeklik “Keluar sekarang.” Simpan pekerjaan atau kemajuan apa pun sebelumnya. Konfirmasikan ukuran penskalaan baru Anda dan sesuaikan kembali menggunakan langkah sebelumnya jika diinginkan. Perhatikan bahwa teks dan item lain dalam gambar lebih besar karena persentasenya menjadi 140%. Tentu saja, resolusinya tetap sama.
Proses ini akan menyesuaikan ukuran teks dan gambar pada kedua layar, yang hanya praktis jika Anda memerlukan tampilan detail dari sesuatu.

Sebagai penutup, penskalaan tampilan Windows 10 ditangani oleh OS dengan cukup baik, seperti selama resolusinya secara proporsional sama—dibandingkan dengan rilis yang lebih lama. Namun, relatif mudah untuk menyesuaikan jika Anda perlu melakukan intervensi secara manual, tetapi tidak selalu memberikan hasil yang diinginkan.

Seperti yang Anda lihat, Anda dapat mengubah penskalaan satu per satu untuk setiap monitor atau sekaligus menggunakan tiga prasetel. Namun, jika Anda memerlukan persentase penskalaan khusus, Anda hanya dapat mengubah semua layar sekaligus. Meskipun skenario ini membatasi opsi penskalaan Anda, ini lebih baik daripada tidak sama sekali, sama seperti masa lalu di mana pengaturan resolusi adalah satu-satunya pilihan.

Terakhir, Windows tidak menggunakan ukuran layar untuk pengaturan penskalaan karena tidak relevan ketika titik per inci (DPI) adalah faktor esensial. Layar dengan resolusi dua kali (secara proporsional) hanya akan memiliki kerapatan piksel dua kali lipat.

Apakah Anda mengalami masalah saat mengonfigurasi penskalaan tampilan? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: