4 Alasan Anda Tetap Harus Menyimpan Drive Optik

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Komputer desktop dan laptop modern biasanya dikirimkan tanpa drive optis, dan Anda mungkin mengira keduanya sudah usang sekarang. Sebenarnya setiap orang harus memiliki drive optik yang tersimpan di suatu tempat karena ada kemungkinan besar Anda akan membutuhkannya.

Bootable Rescue Discs

Anda secara teknis tidak memerlukan disk optik yang dapat di-boot untuk menginstal sistem operasi, mengakses live CD, atau menggunakan alat penyelamat yang dapat di-boot . Anda dapat menggunakan flash drive yang dapat di-boot, atau perangkat penyimpanan USB apa pun untuk memformatnya sebagai volume yang dapat di-boot. Namun, ini lebih rumit daripada membuat disk yang dapat di-boot.

Juga, flash drive tidak murah. Setidaknya tidak terlalu murah sehingga Anda membeli beberapa dan menyimpannya di laci berisi alat yang Anda butuhkan dalam keadaan darurat. Selain itu, memori flash dapat mengalami pembusukan bit jika Anda tidak menyambungkan drive secara berkala. Itu tidak berarti bahwa cakram optik tidak mengalami pembusukan cakram (memang demikian!), tetapi waktu hingga memori flash mulai kehilangan daya yang mewakili data di setiap sel memori bisa lebih cepat dari yang Anda perkirakan.

Murah, Andal, Panjang -Term Storage

Sementara kita membahas topik pembusukan disk dan umur panjang media, cakram optik menawarkan umur panjang dan keandalan yang sangat baik untuk penyimpanan data. Dengan asumsi bahwa Anda menyimpan disk Anda sesuai dengan pedoman pabrikan, mereka cenderung bertahan lebih lama dari yang Anda butuhkan juga. CD dan DVD juga sangat murah sehingga Anda dapat menyalin banyak salinan dari data yang sama untuk redundansi, dan menyimpannya di lokasi terpisah.

Berapa lama disk bertahan? Canadian Conservation Institute memiliki artikel bagus tentang masa pakai cakram optik yang tidak hanya merinci praktik terbaik saat mencadangkan data ke cakram, tetapi juga menyajikan perkiraan masa pakai rata-rata untuk berbagai jenis cakram. Disk yang dapat dibakar bervariasi dalam bahan yang digunakan.

DVD-RW, misalnya, akan bagus untuk rata-rata 5-10 tahun, sedangkan DVD-R lapisan logam emas tingkat arsip seharusnya bagus untuk antara 50-100 tahun! Cakram CD-R lapisan logam emas berwarna phthalocyanine mungkin hanya menampung data sebesar 700MB, tetapi cakram ini dinilai memiliki daya tahan lebih dari satu abad.

Musik dan Film!

Saat ini kebanyakan orang menonton film atau acara TV di layanan streaming, tetapi ada perpustakaan besar konten DVD dan Blu-ray yang tidak akan Anda temukan di layanan streaming mana pun pada waktu tertentu. Dengan drive optis, Anda mendapatkan akses ke semua media tersebut, termasuk beberapa permata yang mungkin tidak akan pernah dirilis lagi. Sayang sekali jika Anda menemukan DVD yang menarik, mungkin di perpustakaan atau toko barang bekas, tetapi tidak dapat menontonnya karena Anda tidak memiliki drive seharga $20 yang tersimpan di laci.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari monitor laptop atau desktop 4K, membeli drive Blu-ray UHD adalah ide bagus. Layanan steaming, bahkan yang terbaik sekalipun, tetap menggunakan kompresi berat agar praktis untuk menonton sesuatu melalui internet. Tidak ada perbandingan antara rekaman dari Blu-ray dan layanan streaming.

Hal yang sama berlaku untuk musik. Anda masih dapat membeli rekaman baru dan bekas dalam bentuk CD, dan kualitas audio CD masih mengalahkan kompresi musik lossy pada umumnya. Drive optis memungkinkan Anda mendengarkan musik ini dalam format aslinya atau mengonversi CD yang Anda temukan menjadi file audio digital yang dapat disinkronkan ke perangkat seluler Anda. Banyak album tidak tersedia di layanan streaming mana pun, dan siapa pun yang suka menelusuri toko musik bekas untuk permata tersembunyi dapat membuktikannya. NbspRetro PC Gaming dan Game Backups

Dahulu kala, game PC dijual dalam barang yang disebut “kotak” di rak-rak toko. Game PC saat ini mungkin sepenuhnya digital, tetapi masih ada banyak game PC klasik di luar sana yang ada dalam bentuk disk, dan hampir selalu memungkinkan untuk menjalankan game PC pada sistem modern, bahkan jika Anda harus menggunakan beberapa trik untuk melakukannya. membuatnya mungkin.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa Steam memungkinkan Anda mencadangkan game Anda sebagai file berukuran DVD yang berguna, meskipun Anda masih memerlukan aktivasi online untuk memainkannya. Good Old Games (GoG) di sisi lain, menjual game bebas DRM dan Anda bebas membuat cadangan disk fisik Anda sendiri dari judul-judul ini, yang tidak memerlukan aktivasi online untuk bekerja, bahkan jika GoG sudah tidak ada lagi.

Menemukan drive optik tidaklah sulit; mereka masih tersedia, setidaknya untuk saat ini. Namun, kemungkinan besar komputer desktop Anda sama sekali tidak memiliki ruang drive untuk drive optik internal, dan laptop Anda hampir pasti tidak mendukung drive tambahan internal. Bays

Itu menjadikan drive DVD dan Blu-ray eksternal sebagai opsi terbaik secara keseluruhan. Anda tidak harus menggunakannya setiap saat, cukup colokkan drive saat Anda ingin membakar atau membaca disk. Demikian juga, Anda hanya perlu membeli satu drive untuk membaginya dengan semua komputer Anda. Drive pembakar DVD USB eksternal sangat murah akhir-akhir ini; Anda akan membayar $30 atau kurang bahkan untuk hard disk dari merek ternama. Ini sempurna untuk menyelinap ke dalam tas laptop Anda dan melupakannya sampai Anda membutuhkannya.

Jika Anda memiliki anggaran lebih besar, Anda juga dapat memilih pembakar Blu-ray UHD yang memungkinkan Anda menonton 4K film, tetapi juga memberi Anda akses ke disk yang dapat ditulis hingga ukuran 100 GB. drive LG ini terasa seperti senjata rahasia geek yang tidak dibicarakan orang.

Jika Anda pengguna Mac, sebagian besar drive USB akan berfungsi tanpa masalah, meskipun Anda mungkin harus memberikan daya tambahan ke beberapa drive untuk drive tersebut untuk berputar. Apple memang menjual USB SuperDrive yang akan bekerja dengan Mac modern apa pun, jadi jika Anda mencari solusi yang paling elegan, ini adalah pilihan yang bagus. Sangat disarankan untuk pengguna setia Mac.

Sementara Anda menggunakan cakram optik tersebut, jangan lupa bahwa jika Anda cukup beruntung menemukan beberapa floppy disk, Anda sebenarnya masih dapat membacanya juga.

Disadur dari HowToGeek.com.