4 Cara Merusak Baterai Smartphone Anda

Ada banyak informasi di luar sana tentang cara merawat baterai ponsel cerdas. Kita dapat berdebat tentang praktik terbaik, tetapi ada beberapa hal buruk yang dapat merusak baterai dengan cepat. Pastikan Anda menghindarinya.

Baterai ponsel cerdas semakin lama semakin buruk, hal itu tidak dapat dihindari. Ada sistem yang diterapkan untuk memperlambatnya sebanyak mungkin, tetapi beberapa hal mempercepat proses itu dan bahkan dapat melewatinya sampai akhir.

Menggunakan Kabel Murah atau Rusak

Salah satu hal terburuk dan paling berbahaya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan kabel murah atau tidak kompatibel dengan telepon Anda. Jika Anda pernah mendengar cerita tentang ponsel yang terbakar secara spontan, biasanya kabelnya yang salah.

Sebaiknya tetap menggunakan aksesori pengisi daya dari produsen ponsel atau merek tepercaya Anda. Hindari aksesori super murah yang tidak memiliki banyak ulasan. Pengguna iPhone dapat mencari stiker “Made for iPhone” agar merasa aman. Semua ini berlaku untuk pengisi daya nirkabel juga.

Siklus pengisian daya adalah yang paling memengaruhi masa pakai baterai. Siklus pengisian dan pengosongan yang konstan secara perlahan menurunkan kesehatan baterai. Yang membuatnya lebih buruk adalah ketika ponsel Anda sering memulai siklus dari 0%.

Sebaiknya ponsel Anda diisi daya antara 20-80% sebanyak mungkin. Beberapa ponsel memiliki fitur untuk membantu Anda melakukan ini, tetapi mereka hanya dapat melakukan banyak hal. Siklus pengisian daya yang lebih pendek lebih baik untuk baterai, jadi cobalah untuk tidak membiarkannya di bawah 20%.

Menjaganya Tetap Tercolok

Ini juga berlawanan arah. Menjaga ponsel Anda tetap terhubung 100% sepanjang waktu sama buruknya dengan membiarkannya mencapai 0%. Mengisi daya ponsel Anda dalam semalam tidak selalu buruk, tetapi Anda tidak boleh mengisi daya lebih dari yang Anda perlukan.

Ketika baterai mencapai daya 100%, baterai akan melindungi dirinya sendiri dengan menghentikan pengisian daya. Namun, segera setelah turun kembali ke 99% itu akan dikenakan biaya kembali hingga 100% lagi. Siklus kecil ini berulang dan tidak baik untuk baterai.

Kabar baiknya adalah iPhone dan beberapa ponsel Android sekarang memiliki fitur pengisian daya “Adaptif” atau “Dioptimalkan” untuk mengurangi siklus pengisian daya ini dalam semalam. Mereka menjaga baterai di sekitar 80% hampir sepanjang malam dan kemudian menyelesaikan 20% terakhir sekitar waktu bangun Anda yang biasa.

Ini terutama berlaku untuk baterai, termasuk yang ada di ponsel Anda. Panas yang berlebihan dapat memperpendek umur baterai. Itulah alasan lain mengapa tidak baik membiarkan ponsel Anda tetap terhubung sepanjang waktu.

Panas juga bisa berasal dari sumber lain. Bermain game yang membutuhkan banyak sumber daya, meninggalkan ponsel Anda di dalam mobil yang panas, atau membiarkannya berjemur di bawah sinar matahari di pantai. Semua hal ini dapat membuat ponsel Anda menjadi terlalu panas dan merusak baterai dalam prosesnya.

Kabar baiknya adalah Anda mungkin tidak perlu khawatir akan merusak baterai ponsel cerdas Anda. Sebagian besar dari hal-hal ini adalah akal sehat. Tetap gunakan aksesori pengisian daya bermerek, jangan terlalu menguras tenaga atau menguras tenaga, dan pertahankan perangkat pada suhu yang nyaman. Anda akan mendapatkan yang terbaik dari baterai Anda.

 

Itulah berita seputar 4 Cara Merusak Baterai Smartphone Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.