5 Alasan Memilih Stadia Dibandingkan Platform Cloud Gaming Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ketertarikan pada ruang cloud gaming sedang memanas. Karena merek besar seperti Xbox, NVIDIA, dan Amazon semuanya berebut tempat di pasar, perintis awal Google Stadia terus berkembang sejak diluncurkan pada akhir 2019. Berikut adalah beberapa alasan Anda mungkin ingin memilih Stadia daripada kompetisi.

Console -Seperti Experience

Sementara layanan cloud gaming utama seperti GeForce NOW dan Shadow menawarkan pengalaman yang paling cocok untuk gamer PC, Stadia terasa lebih seperti dibuat untuk pemain konsol. Sebagai pengganti masuk ke Steam, Epic Games Store, dan Ubisoft Connect, Anda hanya perlu satu akun Google untuk mengakses semua game Anda. Antarmuka pengguna, termasuk perpustakaan game, semuanya dapat di-scroll dengan pengontrol game — tidak perlu mouse dan keyboard, kecuali Anda menginginkannya.

Stadia memiliki dukungan pencapaian penuh, tempat untuk melihat tangkapan layar dan video, dan toko game yang dapat diakses melalui aplikasi seluler atau di browser Chrome. Bahkan ada hub teman berfitur lengkap yang memungkinkan Anda mengirim permintaan pertemanan, memulai pesta, obrolan suara, dan bertukar pesan berbasis teks. Secara keseluruhan, pengalaman Stadia akan terasa sangat familiar bagi pemain PlayStation dan Xbox.

Pertahankan Apa yang Anda Klaim di Stadia Pro
Deep Silver Volition, Rainbow Studios, Peachy Keen Games, WayForward, Mediatonic, Triple Topping

Model berlangganan telah terbukti sukses di ruang cloud gaming, mendorong etos inti Xbox Cloud Gaming dan Amazon Luna. Namun, Google Stadia saat ini adalah satu-satunya platform game cloud yang memungkinkan pemain membeli game dari toko digital dan berlangganan untuk “mengklaim” judul tambahan bulanan baru dengan Stadia Pro.

Hal paling keren tentang layanan berlangganan Stadia adalah game Stadia Pro yang dapat diklaim akan jangan pernah meninggalkan perpustakaan Anda setelah ditambahkan. Selama Anda tetap berlangganan, Anda dapat memainkannya selamanya, dengan kecepatan Anda sendiri, tanpa khawatir mereka akan dihapus begitu saja. Bahkan jika Anda menurunkan versi ke tingkat gratis Stadia dan kembali ke Pro beberapa bulan (atau bertahun-tahun) kemudian, game yang diklaim sama akan langsung muncul kembali di perpustakaan Anda, bersama dengan semua data yang disimpan.

Sementara pelanggan Stadia Pro baru dapat mendaftar dan mengklaim lebih dari 50 game hari ini — termasuk Control Ultimate Edition, Outriders, Saints Row: The Third – Remastered, dan Saints Row IV: Re-Elected — pemain yang telah berlangganan sejak awal memiliki akses tak terbatas ke ratusan judul Pro dengan lebih banyak lagi yang jatuh setiap bulan. Dengan kata lain, semakin lama Anda berlangganan, semakin banyak game yang akan Anda miliki di perpustakaan Anda.

Stadia-Fitur Eksklusif

Ketika Stadia pertama kali diumumkan pada tahun 2019, Stadia tidak dimaksudkan hanya sebagai konsol di cloud. Ini memperkenalkan berbagai fitur eksklusif yang tidak dapat ditiru oleh sebagian besar platform game cloud pesaing bertahun-tahun kemudian.

Yang paling berarti dari fitur ini adalah Click to Play. Stadia memungkinkan untuk mengklik hyperlink sederhana dan terjun langsung ke game berfitur lengkap — tidak perlu mengunduh, mendaftar, atau info kartu kredit. Ini adalah fitur ajaib yang sepertinya tidak mungkin, namun Anda dapat langsung melompat ke Destiny 2, PUBG: BATTLEGROUNDS, atau HITMAN – Paket Pemula sekarang juga. Anda bahkan tidak perlu memasangkan pengontrol Bluetooth ke perangkat Anda, tetapi saya merekomendasikannya jika Anda memilikinya di sekitar.

Fitur eksklusif Stadia hebat lainnya adalah Live Stream. Sementara sebagian besar streamer game harus menggunakan alat screencasting pihak ketiga seperti OBS untuk menangkap dan mengalirkan cuplikan game di Twitch dan YouTube, Stadia hadir dengan trik ini. Setelah akun YouTube Anda terhubung, Anda dapat memancarkan gameplay langsung langsung dari server Stadia ke saluran YouTube Anda. Satu-satunya downside adalah bahwa Live Stream ke Youtube tidak mendukung webcam, tetapi memungkinkan Anda memasang mikrofon untuk komentar lengkap.

Meskipun hanya ditemukan di sebagian kecil permainan, ada beberapa fitur eksklusif Stadia hebat lainnya yang mungkin Anda temui di perpustakaan Anda:

Crowd Choice memungkinkan pemirsa Live Stream memilih tantangan spesifik yang akan Anda hadapi dalam game Anda.Crowd Play memungkinkan streamer mengundang pemirsa untuk bermain game langsung bersama mereka.State Share memungkinkan pemain berbagi tangkapan layar game mereka dengan orang lain, lalu memungkinkan para pemain tersebut menyelam ke tempat yang sama persis di dalam game untuk merasakannya sendiri.Stream Connect adalah fitur kerja sama yang memberikan tampilan langsung layar satu sama lain kepada rekan satu tim sehingga mereka dapat mengoordinasikan serangan melawan musuh dengan lebih baik.Komunitas Stadia
Google Stadia

Tidak ada merek game yang berharga tanpa pemainnya, dan untuk platform yang semuda dan mengganggu seperti Stadia, grup ini sangat penting.

Meskipun komunitas Stadia rel relatif kecil dibandingkan dengan yang ditemukan di PlayStation atau Xbox, ukurannya tidak merugikan mereka. Seperti kota kecil di mana semua orang tahu nama Anda, tagar Twitter seperti #TeamStadia dan #Stadia100, serta subreddit r/Stadia resmi, dipenuhi dengan keluarga pemain yang suka berbagi pengalaman, bertukar ide, mengadvokasi game baru, dan saling membantu untuk memaksimalkan platform Stadia.

Singkatnya, para pemain ini adalah detak jantung yang membuat Stadia terus berjalan, meskipun umur panjangnya berulang kali dipertanyakan.

Konsol Game Ubiquitous

Beberapa pemain Stadia suka mengatakan bahwa akun Gmail mereka adalah milik mereka konsol, dan meskipun ini tidak sepenuhnya akurat, itu tidak terlalu jauh dari kebenaran.

Akun Google sederhana menyediakan pintu gerbang untuk mengaktifkan dan menjalankan Stadia. Dengan perkiraan 1,5 miliar orang mendaftar ke layanan Google, banyak dari mereka dapat menggunakannya untuk mengakses game di cloud, selama mereka tinggal di wilayah yang didukung. Cukup aktifkan Stadia di akun Anda, dan Anda sudah siap.

Untuk perangkat apa yang merupakan “konsol” Anda, kemungkinan perangkat yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini. Stadia berfungsi di ponsel, tablet, komputer, TV, dan bahkan beberapa lemari es pintar dan Tesla. Hampir semua hal dengan browser Chrome dapat menjadi mesin game Stadia. Secara teknis Anda bahkan tidak perlu menghubungkan pengontrol atau mouse dan keyboard, karena semua game mendukung kontrol sentuh pada perangkat yang berlaku, tetapi ini meningkatkan pengalaman.

Memulai Stadia Hari Ini

Google membuatnya semudah mungkin untuk mulai bermain game di Stadia. Bahkan, Anda bahkan tidak memerlukan akun Stadia untuk mengakses lebih dari 120 uji coba dan demo gratis. Cukup kunjungi situs web resmi Stadia, temukan game yang menurut Anda bagus, klik game tersebut, dan selami.

Saat Anda siap untuk masuk lebih dalam, gunakan akun Google Anda untuk mengaktifkan tingkat gratis Stadia. Anda hanya membayar untuk game yang ingin Anda beli dan mainkan saat Anda memilih opsi ini. Tidak seperti banyak tingkatan gratis yang akan Anda temukan di layanan cloud gaming yang bersaing, tidak ada waktu tunggu atau batas waktu juga. Anda bisa bermain selama yang Anda mau, gratis.

Lalu jika Anda ingin lebih menikmati pengalaman Stadia Anda, berlangganan Stadia Pro seharga $9,99 per bulan. Anda tidak hanya mendapatkan bulan pertama gratis, tingkat ini memungkinkan Anda mengklaim dan menyimpan 3-6 game Pro baru setiap bulan, streaming hingga 4K, dan mendengarkan suara surround 5.1. Pemain pro juga mendapatkan akses ke penjualan game reguler dan akhir pekan bermain gratis di mana game yang belum dibeli dapat dinikmati tanpa biaya tambahan.

Jadi itu saja — semua yang perlu Anda ketahui tentang Google Stadia. Beberapa pemain menyukainya. Yang lain skeptis terhadapnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui di mana Anda berdiri adalah dengan mencobanya sendiri. Cukup buka situs web Stadia dan luncurkan demo gratis sekarang.

Itulah berita seputar 5 Alasan Memilih Stadia Dibandingkan Platform Cloud Gaming Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.