7 Fitur PowerPoint Yang Harus Anda Gunakan Selama Presentasi

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Microsoft PowerPoint menawarkan rangkaian fitur yang kuat untuk membuat presentasi. Tapi alat apa yang berguna untuk benar-benar menyajikan tayangan slide? Kami akan memandu Anda melalui beberapa fitur yang dapat membantu Anda melibatkan audiens Anda. Pelatih Presenter untuk Berlatih

Sebelum tiba waktunya untuk presentasi, Anda dapat berlatih dengan bantuan dari PowerPoint itu sendiri. Menggunakan Presenter Coach, Anda dapat menerima umpan balik saat Anda menelusuri tayangan slide Anda.

Untuk menggunakan Presenter Coach, buka tab Peragaan Slide dan pilih “Berlatih dengan Pelatih.” Saat tayangan slide Anda terbuka dalam mode layar penuh, klik “Mulai Berlatih” untuk memulai.

Anda akan melihat umpan balik secara real-time saat Anda berbicara dan menelusuri presentasi Anda. Anda juga dapat melihat laporan latihan setelah Anda selesai yang meringkas waktu yang Anda habiskan untuk berlatih, mengisi kata yang Anda gunakan, kecepatan Anda, dan banyak lagi.

Rencanakan ke depan untuk presentasi Anda dengan berlatih menggunakan alat bawaan praktis ini.

Cameo untuk Umpan Kamera Langsung

Untuk sentuhan pribadi atau cara berkomunikasi secara visual, pertimbangkan untuk menggunakan umpan kamera langsung. Dengan fitur Cameo, Anda dapat menempatkan wajah dan suara Anda di depan dan tengah selama slideshow.

Untuk menambahkan objek Cameo, buka slide, buka tab Sisipkan, dan pilih “Cameo” di bagian Kamera.

Anda kemudian dapat memindahkan atau ubah ukuran objek, lihat pratinjau menggunakan ikon kamera, dan sesuaikan objek menggunakan tab Format Kamera yang muncul saat Anda memilihnya.

Jika Anda menambahkan elemen Cameo ke slide tambahan, feed kamera Anda akan terus berlanjut dengan lancar melalui presentasi Anda.

Untuk detail selengkapnya pada fitur ini, lihat cara kami menggunakan umpan kamera langsung di PowerPoint.

Subtitel untuk Menampilkan Kata-Kata yang Diucapkan

Anda mungkin memiliki audiens yang melihat presentasi PowerPoint Anda yang memiliki gangguan pendengaran atau berbicara dengan dialek yang berbeda . Dengan subtitel, Anda dapat menampilkan setiap kata yang Anda ucapkan selama presentasi dalam bahasa pilihan Anda.

TERKAIT:Cara Menyiapkan dan Menggunakan Subtitel di Microsoft PowerPoint

Untuk menyiapkan subtitel, buka tab Peragaan Slide dan pilih drop-drop Pengaturan Subtitel- menu bawah. Anda kemudian dapat menyesuaikan bahasa lisan dan subtitel, mikrofon yang ingin Anda gunakan, dan penempatan teks.

Anda dapat mencentang kotak di atas menu untuk Selalu Menggunakan Subtitel atau menggunakan ikon Toggle Subtitel (Windows) atau tombol Teks Tertutup ( Mac) untuk menyalakan dan mematikannya selama presentasi Anda.

Untuk cara terbaik untuk mengakomodasi audiens Anda selama tayangan slide Anda, cobalah fitur teks film.

Tampilan Presenter untuk Alat Selama Pertunjukan

Saat Anda menyajikan tayangan slide, Anda mungkin ingin setiap alat tersedia untuk Anda, dan PowerPoint punya banyak. Untuk mengakses alat tersebut seperti penunjuk laser atau catatan penyaji Anda, periksa Tampilan Penyaji.

Untuk menggunakan fitur di Windows, buka tab Peragaan Slide dan centang kotak Gunakan Tampilan Penyaji di bagian Monitor pada pita. Kemudian, mulailah presentasi Anda seperti biasa. Di Mac, cukup klik “Tampilan Penyaji” pada tab Peragaan Slide.

Untuk memulai Tampilan Penyaji selama pertunjukan slide, klik tiga titik di kiri bawah dan pilih “Tampilkan Tampilan Penyaji”.

Selanjutnya, Anda akan melihat layar seperti dasbor dengan semua yang Anda butuhkan. Di kiri atas adalah slide saat ini, di sebelah kanan adalah slide berikutnya, dan di bawahnya ada catatan Anda.

Di sebelah kiri, Anda dapat membuka alat tambahan, mengaktifkan atau menonaktifkan subtitel, hitam atau tidak hitam acara, beralih kamera , dan akhiri pertunjukan.

Presenter View menempatkan semua yang Anda butuhkan di ujung jari Anda selama presentasi.

Pen, Penyorot, dan Penunjuk Laser untuk Penekanan Visual

Ini mungkin tampak seperti alat yang sangat mendasar, tetapi dapat sangat berguna saat menampilkan pertunjukan slide. Anda dapat menggunakan pena untuk melingkari gambar atau menggambar panah, penyorot untuk memanggil teks tertentu, atau penunjuk laser untuk menekankan bagian slide.

Untuk mengakses alat di Tampilan Penyaji , pilih ikon Alat Penunjuk Pena dan Laser (pena) di bawah slide saat ini.

Untuk mengakses alat tanpa Tampilan Penyaji, pilih ikon Alat Penunjuk Pena dan Laser di kiri bawah slide.

Pilih alat lalu gunakan kursor Anda untuk kendalikan itu. Untuk pena dan penyorot, Anda juga dapat memilih warna di jendela pop-up.

Untuk “menyingkirkan” alat yang Anda gunakan, akses menggunakan langkah-langkah di atas dan hapus pilihannya.

Zoom untuk Tampilan Lebih Dekat

Seiring dengan menggunakan alat di atas untuk menonjolkan bagian presentasi Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur Zoom. Dengannya, Anda dapat memperbesar sebagian slide, berpindah-pindah jika Anda suka, lalu memperkecil kembali.

Catatan: Mulai November 2022, fitur ini tidak tersedia di PowerPoint di Mac.

Dalam tampilan peragaan slide biasa atau Tampilan Penyaji , pilih ikon zoom (kaca pembesar) di kiri bawah.

Anda akan melihat persegi panjang di layar yang menunjukkan area zoom. Pindahkan persegi panjang itu ke tempat yang ingin Anda perbesar dan klik.

Anda kemudian dapat menyeret untuk bergerak di sekitar slide saat slide diperbesar. Klik kanan atau gunakan tombol Escape untuk memperkecil kembali ke tampilan aslinya.

Speaker Notes untuk Poin Pembicaraan

Sama seperti memberikan pidato dengan kartu indeks untuk poin pembicaraan Anda, catatan di PowerPoint sama bermanfaatnya. Anda dapat menyertakan informasi yang ingin Anda sorot atau detail lebih lanjut untuk teks atau gambar yang Anda gunakan.

Untuk menambahkan catatan penyaji ke tayangan slide Anda, buka panel catatan. Pilih “Catatan” di bilah status atau seret ke atas dari bagian bawah slide di jendela PowerPoint.

Kemudian saat tiba waktunya untuk mempresentasikan, gunakan Tampilan Penyaji untuk menampilkan catatan Anda selama pertunjukan.

Dengan pembaruan ke PowerPoint di tahun 2022, Anda juga dapat mengedit catatan Anda saat Anda menyajikan. Ini adalah cara yang bagus untuk menangkap poin tambahan yang Anda pikirkan saat presentasi atau jika pertanyaan audiens muncul. Tempatkan kursor Anda di area catatan di sisi kanan dan tambahkan atau hapus teks. Anda juga dapat menggunakan tombol di bagian bawah untuk menambah atau mengurangi ukuran font.

Memiliki catatan pembicara selama tayangan slide adalah elemen kunci dalam presentasi yang sukses.

Ketika Anda selesai membuat tayangan slide PowerPoint, bersiaplah untuk mempresentasikannya dengan mencoba fitur ini sebelumnya. Kemudian, gabungkan mereka ke dalam tayangan slide Anda di tempat yang masuk akal. Audiens Anda akan senang Anda melakukannya!

Disadur dari HowToGeek.com.