7 Hal yang Tidak Anda Ketahui Dapat Anda Lakukan di PowerPoint

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Beberapa fitur di Microsoft PowerPoint menonjol seperti membuat animasi, menambahkan transisi slide, dan menyisipkan bagan, bentuk, dan model 3D. Tapi kemudian ada fitur-fitur yang agak tersembunyi.

Apakah Anda ingin meningkatkan slide Anda saat Anda membangunnya atau meningkatkan presentasi slideshow Anda, lihat hal-hal ini yang mungkin tidak Anda sadari dapat Anda lakukan di PowerPoint.

1. Menghapus Gambar Latar Belakang

Anda memiliki banyak pilihan untuk mengedit gambar di PowerPoint. Anda dapat memotong foto, mengaburkan gambar, dan membalik gambar. Namun salah satu fitur pengeditan gambar terbaik di PowerPoint adalah kemampuan untuk menghapus latar belakang.

Pilih gambar dan buka tab Format Gambar yang ditampilkan. Klik “Hapus Latar Belakang” di sisi kiri di bagian Sesuaikan pada pita.

Anda akan melihat latar belakang gambar Anda redup sehingga subjek tetap fokus. Anda kemudian dapat menyesuaikan gambar dengan menandai area tambahan untuk dihapus atau yang lain untuk disimpan. Pilih salah satu opsi ini di sisi kiri pita.

Saat Anda selesai, pilih “Simpan Perubahan” untuk menyimpan penyesuaian Anda. Jika Anda berubah pikiran, pilih “Buang Semua Perubahan” sebagai gantinya.

2. Mencocokkan Warna Dengan Eyedropper Tool

Slideshow adalah tentang visual. Jadi jika Anda ingin presentasi dengan tampilan yang konsisten, profesional, dan menarik, Anda dapat menggunakan pencocokan warna yang tepat dengan alat pipet.

 

Pilih item yang warnanya ingin Anda ubah dan cocokkan lain. Ini bisa berupa bentuk, teks, atau objek. Buka pemilih warna untuk jenis item yang Anda pilih. Misalnya, Anda dapat menggunakan tab Beranda untuk menggunakan Font Color atau Shape Fill.

Pilih “Eyedropper” di daftar drop-down.

Ketika kursor Anda berubah menjadi pipet, klik warna yang ingin Anda gunakan. Anda dapat melakukan ini dalam PowerPoint atau aplikasi lain.

Anda akan melihat item Anda langsung berubah menjadi warna itu.

3. Mengubah Ukuran Banyak Gambar atau Objek Sekaligus

Saat Anda menambahkan gambar atau objek lain ke slide, Anda mungkin ingin semuanya berukuran sama. Anda tidak perlu mengubah ukurannya satu per satu untuk mencapai ini. Ya, Anda dapat mengubah ukuran beberapa gambar ke ukuran yang sama sekaligus di PowerPoint.

Pilih gambar atau objek yang ingin diubah ukurannya. Anda dapat melakukannya dengan menahan Ctrl di Windows atau Command di Mac saat Anda mengeklik masing-masing item.

Buka tab untuk jenis item. Misalnya, jika Anda memilih gambar, buka tab Format Gambar, atau untuk bentuk, buka tab Format Bentuk.

Di sisi kanan pita di bagian Ukuran, masukkan tinggi atau lebar, lalu tekan Enter atau Return .

Anda akan melihat semua item yang dipilih diperbarui ke ukuran yang sama.

4. Potong Video Langsung di PowerPoint

Anda dapat dengan mudah menambahkan video ke tayangan slide Anda. Tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa Anda dapat mengeditnya langsung di PowerPoint. Anda dapat memotong video ke panjang yang Anda inginkan tanpa meninggalkan PowerPoint.

 

Pilih video yang ingin Anda edit dan buka tab Pemutaran. Klik “Potong Video” di bagian Pengeditan pita.

Anda akan melihat klip Anda muncul di kotak Pangkas Video. Seret penggeser dari kiri atau kanan untuk memotong awal atau akhir. Anda juga dapat menggunakan kotak Waktu Mulai dan Waktu Akhir untuk memasukkan waktu yang tepat untuk pemangkasan.

Tekan Putar untuk melihat pratinjau bagian yang telah Anda simpan. Anda dapat melakukan penyesuaian lebih lanjut jika diperlukan dan klik “OK” untuk menyimpan perubahan saat Anda selesai.

5. Gunakan Subtitel untuk Terjemahan Langsung

Jika Anda mempresentasikan tayangan slide kepada audiens yang berbicara bahasa lain atau memiliki gangguan pendengaran, Anda dapat menggunakan subtitel dalam presentasi Anda.

Buka tab Peragaan Slide dan pilih panah tarik-turun Setelan Subtitle. Anda dapat memilih Bahasa Lisan dan Bahasa Subtitle. Kemudian, ubah mikrofon dan pilih posisi subtitle.

Untuk mengaktifkan subtitle sebelum presentasi Anda dimulai, tandai kotak Always Use Subtitles di atas Pengaturan Subtitle pada tab Slide Show.

Untuk mengaktifkan subtitle selama presentasi, klik kanan a geser dan pilih “Mulai Subtitle” di menu pintasan. Jika Anda menggunakan Presenter View, cukup klik ikon Toggle Subtitles.

6. Membuat Slide Zoom Ringkasan

Meskipun slide daftar isi adalah cara praktis untuk melompat ke slide yang berbeda, slide Zoom Ringkasan adalah alternatif yang menarik. Fitur ini menempatkan thumbnail tertaut dari slide Anda pada satu slide dan memungkinkan Anda berpindah ke satu slide saat menampilkan efek zoom.

Catatan: Anda dapat membuat Zoom Ringkasan di Windows dengan Microsoft 365 atau PowerPoint 2019 dan yang lebih baru.

Buka tab Sisipkan dan pilih Zoom > Zoom Ringkasan di bagian Tautan pada pita.

Saat kotak Sisipkan Zoom Ringkasan muncul, pilih slide yang ingin Anda gunakan dan klik “Sisipkan.”

Anda akan melihat slide Zoom Ringkasan sebagai slide pertama dalam presentasi Anda. Anda kemudian dapat menambahkan judul atau teks lain sesuka Anda.

Saat Anda mempresentasikan slideshow, cukup klik salah satu thumbnail untuk pindah ke slide tersebut.

7. Build Custom Shows

Tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat presentasi mini dari slideshow utama Anda? Dengan pertunjukan khusus, Anda dapat mengatur tayangan slide yang lebih kecil hanya dengan slide yang Anda inginkan. Ini memungkinkan Anda membuat presentasi yang berbeda untuk audiens yang berbeda dari tayangan slide yang sama.

 

Buka tab Pertunjukan Slide, klik panah tarik-turun Pertunjukan Slide Kustom, dan pilih “Pertunjukan Kustom.”

Pilih “Baru” di jendela berikutnya. Kemudian beri nama acara dan pilih slide yang Anda inginkan di jendela berikut.

Setelah Anda memilih slide yang Anda inginkan di sebelah kiri, klik “Tambah” untuk memasukkannya ke dalam pertunjukan. Anda dapat menggunakan tombol Atas dan Bawah untuk mengatur ulang slide jika Anda mau. Setelah selesai, klik “OK.”

Anda akan melihat acara kustom baru Anda dalam daftar. Anda kemudian dapat membuat yang lain atau menggunakan “Tampilkan” untuk menyajikan pertunjukan khusus itu. Kembali ke tempat yang sama untuk mempresentasikan acara nanti.

Semoga Anda menemukan kejutan yang menyenangkan di daftar ini yang membantu Anda dengan presentasi PowerPoint berikutnya! Jika Anda juga bekerja dengan spreadsheet, lihat panduan kami untuk fitur Excel yang mungkin Anda abaikan.

 

Itulah berita seputar 7 Hal yang Tidak Anda Ketahui Dapat Anda Lakukan di PowerPoint, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.