8 Cara Asisten Google Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Perangkat lunak Asisten Google tersedia di perangkat seluler dan rumah pintar dan dapat membantu Anda menyelesaikan tugas di sekitar rumah. Kedelapan fitur Asisten Google ini akan membantu Anda fokus, tetap teratur, memasuki periode kerja keras, dan mempertahankan produktivitas tinggi secara keseluruhan selama hari kerja.

Buat Kalender Acara

Bekerja dari rumah mengharuskan Anda melatih keterampilan manajemen waktu yang baik. Jika Anda seperti kebanyakan orang, mungkin sulit untuk tetap berpegang pada jadwal yang ditetapkan sambil berusaha tetap produktif di sana.

Dengan Asisten Google, Anda dapat membuat acara khusus untuk setiap hari dalam seminggu, memungkinkan Anda mengelola kalender dengan mudah. Anda dapat memeriksa kalender bersama, menambahkan ke kalender Anda kapan saja, dan mengatur jadwal Anda.

Buat Pengingat

Jadwal yang sibuk dapat dengan cepat membuat kewalahan, bahkan untuk karyawan yang paling produktif dan berpengalaman. Anda mungkin memiliki lebih banyak tanggung jawab daripada bekerja, seperti menjemput anak Anda dari sekolah, mengantarnya ke dokter, atau membawa anjing ke dokter hewan.

Alih-alih mengandalkan ingatan Anda untuk menyelesaikan tugas ini, gunakan Asisten Google untuk menyetel pengingat harian. Anda juga dapat menanyakannya di pagi hari, “Hai Google, beri saya ikhtisar hari saya”. Mencantumkan semua yang perlu Anda selesaikan dan meminta perangkat untuk mengingatkan Anda pada waktu tertentu akan membantu Anda menjaga produktivitas.

Buat Catatan

Membuat catatan tentang proyek membantu Anda tetap produktif dan tetap teratur, terutama saat Anda memiliki banyak tugas sekaligus. Terkadang, menjauh dari laptop atau desktop untuk menulis catatan penting bisa jadi sulit. Alih-alih, gunakan Asisten Google untuk membuat catatan untuk Anda.

Asisten Google dapat membuat catatan untuk Anda — Anda hanya perlu berbicara dengannya. Ini akan membantu Anda melacak proyek, mengingat detail penting, mengatur penelitian, dan banyak lagi.

Panggilan Hands-off

Asisten Google memungkinkan Anda membuat, menjawab, atau menolak panggilan telepon bahkan tanpa mengangkat Android Anda. Anda dapat dengan percaya diri meminta Google Assistant untuk menelepon seseorang di kontak Anda tanpa menggunakan ponsel Anda.

Sayangnya, rumah bisa penuh dengan gangguan saat Anda bekerja dari sana, jadi menjaga ponsel Anda di ruangan lain dapat membantu Anda tetap fokus. Setelah melakukan panggilan, Anda mungkin terlalu lama menggunakan perangkat seluler dan mulai menggunakan media sosial atau mengirim SMS ke teman. Gunakan Google Assistant sebagai gantinya untuk berhubungan dengan orang lain pada saat itu juga.

Ajukan Pertanyaan

Apa pun pekerjaan yang Anda miliki, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan yang muncul sepanjang hari. Alih-alih membuka tab baru dan mengetik pertanyaan Anda ke mesin telusur Google, coba tanyakan kepada Asisten Google Anda. Perangkat akan menelusuri pertanyaan Anda, menemukan jawaban yang akurat, dan memberi Anda detail penting. Fitur ini memungkinkan Anda untuk tetap mengerjakan tugas dan mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi. Anda juga dapat bertanya kepada Asisten Google, “Hai Google, di mana ponsel saya?” jika Anda salah menaruhnya di suatu tempat di rumah Anda.

Pesan Perlengkapan Kantor

Meskipun Anda bekerja dari rumah, Anda tetap memerlukan beberapa perlengkapan kantor dasar untuk membuat Anda tetap produktif. Jika Anda menyadari bahwa Anda kehabisan bahan pokok, pulpen, atau catatan tempel, Anda dapat meminta Asisten Google untuk memesan beberapa.

Penting untuk disebutkan bahwa fitur ini hanya akan berfungsi jika Anda sudah menyiapkan detail keuangan Anda melalui Google. Namun, begitu Anda melakukannya, Anda akan dapat memesan lebih banyak perlengkapan kantor tanpa menghabiskan waktu untuk berbelanja online.

Play Music

Sayangnya, Asisten Google tidak dapat meminta tetangga Anda untuk berhenti membuat lanskap di tengah hari atau meminta kru konstruksi luar untuk menghentikan jackhammering. Namun, dimungkinkan untuk memintanya mengaktifkan derau putih atau suara menyenangkan lainnya untuk meningkatkan fokus Anda. Memutar musik dapat membantu meningkatkan produktivitas dan membuat Anda tetap pada tugas. Salah satu sarannya adalah mendengarkan musik instrumental atau soundtrack film favorit Anda. Hindari mendengarkan lagu yang membuat Anda ingin bangun dan menari. Musik video game dirancang untuk membuat Anda tetap bekerja tanpa gangguan dan juga menjadi pilihan produktivitas yang luar biasa.

Atur Alarm dan Pengatur Waktu

Bahkan karyawan dengan kinerja paling tinggi pun akan menghadapi tantangan dalam mempertahankan produktivitas mereka. Asisten Google dapat menyetel pengatur waktu dan alarm sepanjang hari, memungkinkan Anda mengambil istirahat kerja singkat namun sangat dibutuhkan.

Misalnya, Anda dapat meminta perangkat untuk menyetel pengatur waktu selama 25 menit. Fokus pada pekerjaan Anda untuk periode itu, tetapi istirahatlah selama lima menit saat penghitung waktu berdering. Ikuti proses ini empat kali, dan Anda telah menyelesaikan Teknik Pomodoro—praktik yang telah dicoba dan diuji untuk membantu produktivitas.

Gunakan Asisten Google Anda untuk Meningkatkan Produktivitas

Di era kerja jarak jauh, sangat penting untuk memperhatikan produktivitas Anda. Rumah Anda mungkin memiliki beberapa gangguan yang mencegah Anda menyelesaikan tugas-tugas penting. Jika Anda memiliki Google Assistant, pertimbangkan untuk menggunakan tips di atas untuk meningkatkan produktivitas Anda saat bekerja dari rumah.

Disadur dari HowToGeek.com.