8 Tanda Power Supply Komputer Anda Gagal

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tidak pernah ada perasaan yang luar biasa ketika Anda menduga komponen PC gagal, dan itu adalah perasaan yang sangat buruk jika Anda menduga itu adalah PSU. Berikut adalah beberapa tanda bahwa PSU Anda tidak akan bertahan lama.

Ketika ada suara letupan dan gumpalan asap membumbung ke atas dari bagian belakang PC Anda langsung dari knalpot kipas PSU, Anda tidak benar-benar memerlukan gelar yang lebih tinggi dalam subjek untuk menyimpulkan bahwa PSU Anda mati.

Tetapi tidak semua masalah PSU begitu dramatis dan langsung terlihat. Faktanya, banyak tanda-tanda bahwa PSU Anda rusak yang mudah membingungkan untuk masalah komputer lainnya. Dengan mengingat hal itu, kami menyarankan jika Anda memiliki kecurigaan sekecil apa pun bahwa PSU Anda mungkin penyebabnya, Anda harus menguji PSU secara langsung. Anda dapat mengujinya dengan penguji PSU khusus atau menggunakan multimeter digital.

Ciri Kegagalan Power Suply

Penasaran apakah masalah Anda harus memandu Anda menuju pengujian dan berpotensi mengganti PSU Anda? Berikut adalah beberapa masalah yang disebabkan oleh PSU yang rusak.

Asap atau Bau Terbakar

Meskipun api dan asap yang terlihat di bagian belakang PSU Anda adalah tanda-tanda yang jelas, waspadalah terhadap apa pun yang berbau seperti ozon, asap, atau sedikit plastik yang terbakar.

Sementara akhir masa pakai PSU mungkin sekejap, berderak, meletus, sering kali ada tanda-tanda kecil bahwa ada yang tidak beres sebelumnya—seperti isolasi kabel yang meleleh dan sedikit terbakar karena komponen gagal.

Menyentuh Casing Komputer Anda Mengejutkan Anda

Jika Anda menyentuh casing komputer Anda , atau bahkan periferal yang terpasang, dan Anda mendapatkan kejutan, Anda tidak boleh mengabaikannya.

Di suatu tempat di komputer Anda, pelindung dan pentanahan gagal dan energi itu seharusnya mengikuti tanah melalui PSU dan ke stopkontak yang diarde, bukan ke dalam tubuh Anda.

Mematikan atau Memulai Ulang Komputer Secara Acak

Penuaan atau malfungsi PSU dapat menyebabkan penghentian atau restart acak dan tampaknya tidak dapat dijelaskan secara acak.

nbs pAlasannya banyak dan dapat mencakup kelebihan beban termal karena PSU kotor atau komponennya rusak, kapasitor rusak, atau hubungan pendek terputus-putus pada PSU.

Kesulitan Memulai dari Booting Dingin

Sama seperti aki mobil lama dapat menyulitkan Anda untuk menstarter mobil Anda , PSU yang lama atau rusak dapat menyulitkan Anda untuk memulai komputer. Waktu antara saat PSU dihidupkan dan saat komputer memiliki tegangan penuh dan yang dibutuhkan di semua konektor disebut sebagai pengukuran PG (Power Good).

Waktu antara daya hidup dan daya siap sepenuhnya harus kurang dari setengah detik (jendela yang dapat diterima adalah 100-500 milidetik). Anda dapat mengukur PG PSU Anda dengan tester PSU.

Jika berada di luar kisaran tersebut, komputer dapat mengalami masalah boot yang tidak menentu atau bahkan mungkin terjebak dalam loop boot yang menyebabkan crash sebelum menyelesaikan proses boot dan memuat sistem operasi.

Mematikan Saat Komputer Di Bawah Beban Berat

Saat PSU Anda semakin tua, meskipun belum gagal, PSU menjadi kurang efisien dan kurang mampu memenuhi permintaan puncak yang diiklankan untuk unit tersebut.

Antara itu dan fakta bahwa komponen dan kapasitor yang menua tidak akan berfungsi sebaik biasanya di bawah tekanan berat, bukan hal yang aneh jika PSU berfungsi dengan baik saat Anda melakukan sesuatu yang ringan (seperti menjelajahi web dan membaca artikel tentang PSU) tetapi tersandung ketika diletakkan di bawah beban yang berat.

Blue Screens atau Kesalahan Serupa

Kesalahan layar biru bisa sangat membuat frustrasi, dan dua kali lipat ketika Anda mendapatkannya karena masalah dengan PSU Anda. e menyebabkan pemadaman listrik, undervolting, dan sebaliknya menyebabkan komponen PC berfungsi secara tidak terduga.

Jika Anda mengalami kesulitan memecahkan masalah kesalahan layar biru yang sepertinya tidak dapat Anda temukan, ada baiknya menguji PSU Anda untuk memastikan ghost-in- masalah mesin tidak terkait dengan stabilitas daya dan pengiriman.

PSU Kegagalan Kipas atau Grinding

Kebanyakan PSU di pasaran didinginkan secara aktif, yang berarti mereka memiliki kipas. Jika Anda mendengar suara gerinda atau derit logam-ke-logam yang berasal dari PSU, kemungkinan besar kipas rusak.

Jika kipas PSU tidak berputar sama sekali (dan Anda tidak memiliki PSU kelas atas dengan variabel kecepatan kipas sesuai permintaan) itu juga pertanda buruk. Penggemar

PSU tidak dimaksudkan untuk dapat diservis oleh pengguna. Meskipun terkadang ukuran standar dalam hal diameter, mereka biasanya tidak memiliki konektor standar dan, lebih sering daripada tidak, disolder langsung ke papan internal tepat di sebelah komponen PSU lainnya.

Mengingat bahwa membuka PSU dan menyentuh komponen dapat membunuh Anda, kami sarankan Anda tidak mencoba untuk memperbaiki atau mengganti kipas dan anggap saja kipas mati sebagai tanda bahwa PSU harus diganti. dapat mendeteksi. Bahkan jika Anda tidak memiliki pendengaran yang paling sensitif di dunia, sedikit “rengekan” yang dapat dideteksi selain suara kipas pendingin yang bekerja sering kali dapat dideteksi.

Suara rengekan samar itu berasal dari transformator dan kumparan di dalam PSU . Sedikit kebisingan bukanlah masalah besar dan terkadang tidak dapat dihindari. Setelah banyak digunakan, pemanasan dan pendinginan berbagai komponen terkadang dapat melonggarkan epoksi yang menahannya (dan membantu meredam kebisingan). Meskipun ada sedikit peningkatan kebisingan, PSU dapat bekerja selama bertahun-tahun tanpa masalah.

Tetapi peningkatan yang mencolok pada suara mendengung, terutama yang tiba-tiba, dapat menunjukkan satu atau lebih komponen listrik yang lebih besar di PSU sedang dalam proses keluar—Anda benar-benar tidak boleh membiarkan PSU berjalan untuk mencari tahu apa efek akhir dari crescendo merengek listrik.

Itulah berita seputar 8 Tanda PSU Komputer Anda Gagal, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.