8 Tips dan Trik untuk Android 13

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google memiliki lebih dari satu dekade pembaruan Android, dan setiap tahun membawa peningkatan baru. Sekarang Android 13 tersedia untuk umum, Anda pasti ingin mengetahui semua fitur hebat yang dapat Anda buka kuncinya. Ada banyak hal yang tersedia untuk Anda.

Jika Anda menyukai Android, Anda pasti berada di perusahaan yang baik. Perangkat lunak menjadi lebih lancar, responsif, dan dapat disesuaikan dengan setiap pembaruan baru. Android 12 menunjukkan kepada kita beberapa prestasi yang mengesankan, dan rilis terbaru Android 13 menjanjikan untuk diisi dengan fitur. Tapi apa sebenarnya yang bisa Anda harapkan dari yang terbaru dan terhebat? Berikut adalah beberapa tip dan trik yang dapat Anda gunakan untuk menikmati paket perangkat lunak terbaru Android sepenuhnya. Ini dapat dengan cepat menghabiskan ruang RAM Anda dan menghabiskan masa pakai baterai Anda, yang merupakan masalah terakhir yang ingin Anda tangani. Untungnya, Android 13 memiliki respons untuk ini dengan Manajer Tugas Layanan Latar Depan.

Nama mungkin terdengar mewah, tetapi perangkat lunak pada dasarnya berfungsi seperti Pengelola Tugas di komputer Anda. Fitur ini dapat menarik daftar aplikasi yang menjalankan layanan di latar depan dan memungkinkan Anda menghentikan program untuk mengakhiri tugas apa pun. Untuk menggunakannya, cukup tarik ke bawah bayangan pemberitahuan untuk mengakses panel “pengaturan cepat”. Kemudian cari kontrol “aplikasi aktif” dan ketuk untuk melihat daftar program yang aktif. Dari sini, Anda dapat menekan “berhenti” di sebelah aplikasi apa pun yang ingin Anda akhiri. Seluruh prosesnya sangat efisien!

Sesuaikan Notifikasi Anda

Notifications adalah sarana utama untuk tetap mengikuti perkembangan dunia luar, dan setiap tahun Google memastikan bahwa itu menjadi pengalaman yang lebih baik. Dengan Android 13, Anda dapat menyesuaikan pengaturan notifikasi untuk setiap aplikasi, sesuatu yang terasa lama tertunda ketika Anda merenungkan betapa rumitnya menyelesaikannya di masa lalu.

Setelah meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya, pengembang aplikasi biasanya memiliki akses instan ke pemberitahuan Anda dan dapat mengirimnya kapan pun mereka mau. Itu tidak lagi terjadi dengan Android 13, karena setiap aplikasi sekarang harus mengirim permintaan terpisah untuk mendapatkan izin pemberitahuan. Ini adalah cara mudah untuk membuat Anda tetap mengontrol aplikasi dan membuat hidup Anda jauh lebih tidak berantakan.

Anda juga dapat menyesuaikan perilaku notifikasi di Setelan. Cukup buka Pengaturan, buka “Pemberitahuan,” dan pilih “Pengaturan Aplikasi.”

Menyalin Teks Lebih Mudah

Beberapa keyboard ponsel cerdas menawarkan kemampuan untuk menyalin teks, tetapi memiliki cara yang solid untuk menyalin di seluruh ponsel Android akan jauh lebih baik bagi pengguna. Android 13 telah mengintegrasikan editor clipboard visual untuk menangani masalah ini.

Anda tidak hanya dapat menyalin teks dalam jumlah yang lebih banyak dari suatu sumber, tetapi Anda juga dapat menyalin dan menyimpan beberapa teks yang disalin untuk waktu yang lama. Terlebih lagi, Anda juga dapat mengedit teks yang Anda salin sebelum Anda menempelkannya, tidak seperti di masa lalu ketika teks tidak dapat diubah sampai setelah ditempelkan ke dokumen.

Built-In QR Scanner

Dulu, pemindai QR sekarang ada di mana-mana , terutama setelah munculnya COVID-19. Ketika mereka pertama kali muncul di tempat kejadian, banyak pengembang pihak ketiga mencoba membuat aplikasi pemindaian QR. Namun, ini menyebabkan ketidakkonsistenan dengan cara kerja aplikasi ini di ponsel, dengan beberapa ponsel tidak dapat menggunakannya sama sekali. Setelah bertahun-tahun, Android akhirnya menemukan jawaban dengan pemindai QR bawaan.

Setiap ponsel yang memasang Android 13 dapat membuka pembaca kode QR di bawah setelan cepatnya. Cukup tarik ke bawah bayangan pemberitahuan untuk mengakses opsi “pindai kode QR”, dan Anda akan siap untuk pergi. (Anda mungkin perlu mengedit pengaturan cepat untuk menambahkan tombol “pindai kode QR”.)

Material Anda, Dibuat Lebih Banyak untuk Anda

Salah satu dari tiga alasan utama mengapa orang menggunakan produk Android adalah karena kemampuan untuk menyesuaikan perlengkapan mereka agar sesuai dengan gaya hidup mereka . Ini adalah sesuatu yang telah dibangun oleh perangkat lunak Android dengan setiap pembaruan, dan Android 13 menawarkan fitur terbaru ini melalui Material You.

Secara keseluruhan, Material You menawarkan fitur yang lebih halus yang juga membantu Anda mengatur penyesuaian ke dalam grup yang mudah diakses, seperti warna atau bahasa yang serupa . Tetapi selain sebagai laci virtual, fitur ini juga menawarkan ikon aplikasi khusus (sehingga tidak perlu lagi paket ikon dari Google Play) dan warna dan skema warna yang unik. Semua ini mudah diakses melalui tab penyesuaian di bawah pengaturan telepon Anda, atau Anda dapat menekan dan menahan ikon individu untuk bekerja dengan aplikasi tertentu.

Menyesuaikan Pemutar Musik Anda

Material Anda dirancang untuk mengubah tampilan dan nuansa pengaturan telepon umum Anda , tetapi Android 13 juga memberi Anda kemampuan untuk menyesuaikan pemutar musik Anda. Pemutar media masih dapat diakses melalui layar notifikasi, tetapi keajaiban sebenarnya terjadi di layar kunci.

Di sini, Anda akan melihat tampilan media yang lebih besar dengan tombol yang lebih besar, serta bilah kemajuan yang diperbarui dengan garis berlekuk-lekuk “menari” (kami ‘masih bertanya-tanya apa yang harus dipikirkan itu). Anda dapat mengubah fitur ini langsung di bawah pengaturan aplikasi agar sesuai dengan gaya Anda. Yang terpenting, Anda memiliki pemilih outlet yang didesain ulang dan fitur “Ketuk Media untuk Mentransfer” yang menarik, yang memungkinkan pengguna mentransfer file musik secara langsung melalui Cast ke perangkat terdekat.

Menetapkan Bahasa ke Setiap Aplikasi

Senang melihat langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk mengenali pengguna multibahasa mereka. Android terbaru memberi pengguna ini kemampuan untuk menetapkan bahasa ke setiap aplikasi di perangkat mereka. Ini adalah cara unik untuk menyesuaikan pengaturan bahasa ponsel Anda, karena di masa lalu Anda hanya dapat menggunakan satu bahasa pada satu waktu dan harus mengatur bahasa itu di seluruh sistem. Sekarang, Anda dapat menentukan bahasa yang diinginkan untuk setiap aplikasi tanpa mengubah bahasa sistem ponsel Anda.

Anda dapat mengakses fitur ini melalui pengaturan sistem ponsel Anda. Buka Pengaturan, buka “Sistem,” pilih “Bahasa dan Input”, dan terakhir, tekan “Bahasa Aplikasi.”

Kontrol Lebih Banyak Dengan Pemilih Foto

Ada banyak aplikasi yang meminta Anda untuk mengakses foto dan video Anda secara penuh hanya untuk dioperasikan. Ini dianggap mengganggu ketika yang Anda inginkan hanyalah mengunggah gambar kucing Anda. Android 13 membantu melindungi Anda dari pengintaian yang tidak diinginkan dengan Photo Picker.

Tidak seperti versi Android sebelumnya, Photo Picker memastikan bahwa aplikasi hanya dapat mengakses file media yang Anda izinkan, dan tidak lebih. Anda bahkan tidak perlu melakukan sesuatu yang istimewa untuk mengaksesnya di pengaturan Anda; cukup konfirmasikan foto yang ingin Anda unggah ke aplikasi saat aplikasi mengirimkan permintaan izin, dan Anda sudah siap. Ini hanya satu lagi cara Android mencoba memberi Anda sedikit lebih banyak keamanan dan kontrol.

Secara keseluruhan, tampaknya Android 13 lebih memoles versi lama, dengan penekanan khusus pada keamanan dan penyesuaian. Pastikan untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat lunak perangkat seluler Anda dengan menggunakan semua yang ditawarkan 13, sehingga Anda dapat menikmatinya untuk waktu yang lama.

Itulah berita seputar 8 Tips dan Trik untuk Android 13, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.