8 Tips untuk Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Anda

Wi-Fi adalah tulang punggung pengalaman internet di rumah dan jika Anda tidak mendapatkan sinyal yang kuat antara router dan ponsel, TV pintar, atau perangkat lain, Anda tidak akan bersenang-senang. Berikut ini cara meningkatkan pengalaman Wi-Fi Anda.

Pertimbangkan untuk Meningkatkan Router

Anda Dengan segala cara, lakukan semua tips dalam daftar ini untuk memaksimalkan peralatan yang Anda miliki. Tapi kami memimpin dengan membuang gagasan untuk memutakhirkan router Anda terlebih dahulu dan terutama karena dalam pengalaman puluhan tahun kami dengan teknologi nirkabel baik di pengaturan konsumen dan perusahaan, itu telah terbukti secara konsisten menjadi peluru perak.

yang Lebih BaikJika router Anda relatif baru (atau bahkan baru keluar dari kotaknya!) dan Anda tidak mendapatkan kekuatan sinyal dan pengalaman Wi-Fi yang Anda harapkan, maka semua tips ini akan sangat berguna. Tetapi jika router Anda panjang, maka Anda hanya akan mendapatkan begitu banyak peningkatan dari penyesuaian dan perubahan kecil. Tidak ada tip dan trik yang secara ajaib dapat membuat router berusia sepuluh tahun tidak, yah, router berusia sepuluh tahun.

Apa router yang dapat diservis dengan sempurna saat orang hanya memiliki segelintir perangkat Wi-Fi tidak potong di rumah modern di mana segala sesuatu mulai dari TV hingga termostat berkemampuan internet. Jika terasa seperti router Wi-Fi lama Anda bekerja di bawah beban semua perangkat baru dan permintaan bandwidth yang meningkat, ada kemungkinan besar. koneksi, kami sarankan mengganti gigi lama. Teknologi Wi-Fi telah meningkat secara eksponensial dan tidak ada bandingannya dengan router Wi-Fi awal bahkan router anggaran modern apalagi router Wi-Fi premium.

Untuk banyak orang yang membeli sistem router mesh seperti Eero atau Nest Wi-Fi menghapus semua masalah router—sinyal lemah, jangkauan buruk, perangkat membebani router, dll.—semua dalam satu gerakan.

Pindahkan Router

Anda Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi dan kekuatan sinyal Anda adalah dengan memindahkan router Anda seperti yang dilakukan kebanyakan orang router mereka di lokasi yang kurang optimal.

Mengapa memindahkan router begitu efektif? Pikirkan router Anda seperti bola lampu. Sinyal radio Wi-Fi memancar keluar darinya seperti cahaya tampak yang memancar keluar dari lampu (topografi radio sinyal Wi-Fi sedikit lebih rumit dari itu, tetapi Anda mengerti maksudnya).

Jika Anda mencoba membaca a pesan di sofa di tengah ruang tamu Anda, Anda tidak akan meletakkan lampu di sudut terjauh ruangan karena cahayanya tidak akan berada di tempat yang Anda inginkan.

Dengan ukuran yang sama, jika Anda menginginkan Wi-Fi yang kuat sinyal saat bermain-main di ponsel Anda di sofa yang sama, tidak masuk akal untuk menempatkan router Wi-Fi Anda di sudut terjauh ruang bawah tanah di sisi berlawanan dari rumah.

Idealnya, router Wi-Fi Anda harus ditempatkan di lokasi yang menjadi pusat aktivitas dan perangkat di rumah Anda dan tidak ditempatkan hanya berdasarkan di mana kabel atau jalur serat masuk ke rumah Anda.

Beralih Perangkat ke Ethernet

Ini mungkin salah satu tips yang paling sering diabaikan karena ketika orang-orang memecahkan masalah Wi-Fi mereka tidak memikirkan hal lain selain koneksi nirkabel.

Tetapi salah satu cara sederhana untuk mengatasi kemacetan perangkat Wi-Fi adalah dengan mencari perangkat yang dapat Anda lepaskan dari jaringan Wi-Fi dan alihkan ke Ethernet.

Kami memahami bahwa tidak setiap orang memiliki rumah yang terhubung dengan Ethernet dan dalam banyak kasus, Wi-Fi adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan beberapa perangkat—seperti Xbox atau TV pintar di kamar tidur lantai dua—online.

Pada saat yang sama, bagaimanapun, kami telah berada di banyak rumah di mana modem dan router Wi-Fi berada di ruang tamu atau kantor rumah dan ada banyak perangkat kabel Ethernet di sana (seperti desktop PC, konsol game, atau TV) yang menggunakan Wi-Fi alih-alih Ethernet.

Jika Anda memiliki perangkat stasioner seperti komputer atau TV yang dapat dengan mudah dihubungkan ke jaringan melalui Ethernet, tidak ada ruginya melakukannya. Anda akan mengosongkan ruang untuk perangkat Wi-Fi lain, dan menikmati koneksi yang lebih cepat dengan waktu ping yang lebih baik.

Hapus Perangkat yang Tidak Diperlukan

Mengalihkan perangkat ke Ethernet jika tersedia adalah awal yang baik untuk mengeluarkan perangkat dari jaringan Wi-Fi Anda. Anda harus menindaklanjutinya dengan mematikan perangkat yang tidak lagi perlu berada di jaringan rumah Anda.

Misalnya, jika Anda tidak pernah menggunakan fungsi pintar TV pintar Anda karena Anda memiliki Roku atau Chromecast yang terhubung ke dalamnya, mengapa harus mengaktifkannya jaringan? Hal yang sama berlaku sebaliknya. Jika Anda tidak menggunakan Chromecast lagi karena Anda menyukai kenyamanan menggunakan remote TV dengan antarmuka pintar TV, cabut Chromecast untuk melepaskannya dari jaringan.

Hal yang sama berlaku untuk apa pun yang Anda tambahkan ke jaringan Wi-Fi Anda tetapi sebenarnya tidak perlu berada di jaringan Wi-Fi Anda. Sebagai contoh, saya memiliki kompor sous vide yang memiliki konektivitas internet melalui Wi-Fi. Saya mengaturnya ketika saya mendapatkan perangkat bertahun-tahun yang lalu tetapi saya tidak benar-benar menggunakan fitur internet. Itu adalah kandidat utama untuk di-boot dari jaringan.

Update Firmware

Router Anda Pembaruan firmware penting karena dua alasan besar. Pertama, dan jauh lebih penting daripada mendapatkan sinyal Wi-Fi yang kuat, memperbarui router Anda memastikan bahwa Anda menjalankan firmware paling aman yang tersedia untuk model khusus Anda. Itu cukup penting sehingga kami menyarankan Anda untuk membuang router lama Anda dan memutakhirkan jika tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan.

Memperbarui firmware Anda bukan hanya tentang keamanan. Pembaruan firmware juga dapat menghilangkan bug dan meningkatkan kinerja. Perbaikan bug yang memastikan router lama Anda berfungsi dengan baik dengan ponsel baru Anda dapat membuat Anda merasa seperti memiliki router baru.

Mengubah Saluran Wi-Fi Anda

Router Wi-Fi berkomunikasi di sebagian spektrum radio. Saat Anda membeli router dual-band, misalnya, Anda membeli router yang dapat berkomunikasi di band 2,4 GHz dan 5 GHz. Pita tersebut dibagi lagi menjadi saluran.

Saluran ini tidak berbeda dengan saluran individual pada walkie-talkie. Jika semua orang di lokasi konstruksi berkomunikasi di Saluran 9 dan semua orang di lokasi konstruksi tepat di seberang jalan juga berkomunikasi di Saluran 9, itu menghambat komunikasi untuk semua orang.

Ketika beberapa router Wi-Fi mencoba menggunakan saluran yang sama dalam jarak dekat, seperti router Anda dan router tetangga Anda menembus dinding apartemen yang tipis, hal yang sama terjadi dan menurunkan pengalaman Wi-Fi untuk klien di kedua router Wi-Fi.

Secara historis, mengutak-atik alokasi saluran Anda adalah masalah yang lebih besar daripada itu sekarang. Ketika semua router adalah 2,4 GHz, jangkauan dan saluran “lebar” dan tumpang tindih yang dihasilkan sering mengharuskan Anda untuk menyesuaikan saluran mana yang digunakan router Anda hanya untuk mendapatkan koneksi yang stabil (Saluran 1, 6, dan 11 adalah satu-satunya yang tidak tumpang tindih). Saluran di pita 5GHz tidak tumpang tindih—jadi meskipun Anda mungkin menemukan situasi di mana Anda perlu menyesuaikannya secara manual, itu tidak biasa.

Selanjutnya, sebagian besar router akan secara otomatis menyesuaikan saluran untuk Anda jika kemacetan terdeteksi. Sebagian besar waktu ini cukup untuk menghindari masalah.

Meskipun perlu dicatat dalam kasus yang jarang terjadi, terutama dengan kepadatan tinggi router Wi-Fi di area kecil seperti kompleks apartemen, fitur perubahan otomatis dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada menyelesaikannya karena terlalu agresif dalam berpindah saluran untuk mengoptimalkan koneksi. Dalam kasus seperti itu, ada baiknya mematikan fitur dan mengatur saluran secara manual.

Pada akhirnya, masih layak diselidiki jika Anda mencurigai kemacetan pita/saluran adalah sumber masalah Anda. Kemudian Anda dapat mengesampingkannya dengan mencari saluran terbaik untuk digunakan router Anda.

Pertimbangkan Extender untuk Dead Pixel

Secara keseluruhan, extender Wi-Fi sebagian besar merupakan bandaid pada masalah Wi-Fi. Untuk sebagian besar, mereka adalah pengganti yang buruk untuk hanya menggunakan router yang berdiri sendiri atau sistem mesh yang lebih baik.

Jika Anda ingin menghindari relokasi router Anda ke tempat yang lebih baik di rumah dan mencoba untuk memperbaiki masalah cakupan dengan menempatkan anggaran- grade Wi-Fi extender seperti TP-Link AC750 di tengah rumah Anda, Anda mungkin akan mengalami pengalaman buruk. Hanya saja tidak cukup kuat untuk mengulang seluruh koneksi Wi-Fi Anda lebih dari setengah rumah dengan cara yang memuaskan.

Di sisi lain, jika Anda hanya ingin mendapatkan sinyal yang lebih kuat ke area tertentu yang memiliki titik mati, ini adalah solusi yang dapat digunakan. Katakanlah, misalnya, jangkauan Wi-Fi Anda di dalam rumah Anda cukup bagus, tetapi ketika Anda duduk di teras, koneksi Wi-Fi Anda terus turun. Menempatkan repeater di ruangan yang berdekatan dengan teras (terutama jika memiliki garis pandang ke tempat Anda duduk di luar) kemungkinan akan memberikan cakupan yang cukup untuk menghemat Anda memutakhirkan seluruh router. Fi extender harganya naik drastis. Pada saat Anda masuk ke extender premium seperti Netgear Nighthawk EAX80 ($200 per April 2022), Anda sebaiknya merombak seluruh pengaturan Anda. Anda bisa mendapatkan sistem Eero tiga-simpul Wi-Fi 6 dengan harga yang sama.

Tingkatkan ke Antena Penguatan Tinggi

Tidak semua router memiliki antena yang dapat dilepas tetapi yang biasanya menggunakan lampiran standar yang dikenal sebagai RP-SMA (yang merupakan singkatan dari RP-SMA). untuk Reverse Polarity SubMiniature versi A, jika Anda penasaran).

Peningkatan kekuatan sinyal radio menggunakan antena diukur dalam dBi (decibel isotropic). Tanpa mengubah ini menjadi kuliah singkat tentang teknik radio, cukuplah untuk mengatakan bahwa memberikan sedikit dorongan pada router Wi-Fi Anda di departemen dBi bermanfaat.

Jika antena pada router Anda adalah antena dengan gain rendah (3-5 dBi) dan mereka dapat dilepas, ada baiknya mencari untuk menggantinya dengan antena gain tinggi (8-10 dBi). Ini adalah perbaikan yang cukup murah sekitar $15-25 untuk satu set.

Jika salah satu masalah Wi-Fi yang Anda alami adalah konektivitas yang buruk ke PC desktop, konektor RP-SMA yang sama digunakan pada koneksi motherboard dan PCI-E Wi -Fi kartu ekspansi juga. Jadi, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membeli antena baru yang dapat dilepas dengan kabel yang memungkinkan Anda memindahkan antena ke lokasi optimal di dekat PC.

Semoga beberapa tips murah dan mudah seperti memindahkan router atau mencolokkan beberapa hal, seperti smart TV dan Xbox, ke dalamnya melalui Ethernet, selesaikan masalah Wi-Fi Anda.

Tetapi jika tidak, kami benar-benar tidak dapat menekankan saran pertama kami, cukup mengupgrade router Anda. Kami sudah lama berada di sini dan tidak pernah ada waktu untuk meretas firmware router kami, menukar antena, atau menutupi kekurangan dalam pengaturan kami telah menahan lilin untuk hanya membeli perangkat keras yang lebih baik.

Itulah berita seputar 8 Tips untuk Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.