Akselerasi Perangkat Keras Chrome Dijelaskan

Percepatan perangkat keras adalah istilah yang semakin dikenal oleh pengguna aplikasi web. Singkatnya, ini berarti bahwa aplikasi Anda akan memindahkan beberapa tugas ke komponen perangkat keras lain agar dapat bekerja lebih lancar.

Ada banyak aplikasi yang membutuhkan lebih dari sekadar RAM untuk bekerja dengan baik, dan browser web seperti Google Chrome termasuk di antaranya.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu akselerasi perangkat keras, serta cara mengaktifkannya dan memeriksa apakah itu berfungsi di Google Chrome.

Apa Akselerasi Perangkat Keras itu?

Jika Anda mengaktifkan akselerasi perangkat keras, atau sering kali diaktifkan secara default, aplikasi diizinkan untuk gunakan lebih banyak perangkat keras perangkat Anda untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan. Di masa lalu, prosesor komputer Anda cukup untuk menangani sebagian besar tugas penting aplikasi, terutama browser web. Namun seiring kemajuan teknologi, persyaratan aplikasi web kecil menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Beberapa aplikasi tidak dapat bekerja secara maksimal jika hanya menggunakan kapasitas prosesor Anda. Ambil browser web misalnya. Situs web menjadi lebih halus dan menuntut, sehingga browser Anda mungkin perlu ‘meminjam’ beberapa daya dari grafik dan kartu suara Anda agar lebih efisien. Google Chrome adalah salah satu browser tersebut.

Perlunya peningkatan keamanan saat menjelajah internet dan kemampuan kinerja video, suara, dan streaming yang lebih baik telah menyebabkan banyak perusahaan membangun fitur tambahan ke dalam browser web mereka. Fitur-fitur ini termasuk menjalankan browser dan tabnya dalam wadah, membatasi dan memantau tindakan yang coba dilakukan halaman web, dan banyak lagi. Seperti yang dapat Anda tebak, ini berarti peningkatan permintaan untuk sumber daya sistem seperti GPU untuk kualitas video yang lebih baik.

Cara Memeriksa Akselerasi Perangkat Keras di Chrome

Sebelum mengaktifkan atau menonaktifkan akselerasi perangkat keras, Anda harus memeriksa statusnya. Untuk melakukan ini, Anda perlu:
Membuka Google Chrome, ketik “chrome://gpu” di bilah alamat di bagian atas, lalu tekan Enter. Setelah Anda menjalankan perintah, Chrome akan menampilkan daftar berbagai data tentang perangkat lunak. Untuk akselerasi perangkat keras, Anda hanya perlu memperhatikan bagian Status Fitur Grafik. Di samping setiap parameter, Anda akan melihat Percepatan perangkat keras, Hanya perangkat lunak. Akselerasi perangkat keras dinonaktifkan, Dinonaktifkan, atau Tidak Tersedia. Jika sebagian besar item ini memiliki nilai Percepatan perangkat keras yang ditampilkan dalam warna hijau, berarti fitur tersebut diaktifkan. Di sisi lain, jika Canvas, Flash, Compositing, WebGL, dan lainnya dinonaktifkan, Anda harus mengaktifkan akselerasi perangkat keras.
Mengaktifkan Akselerasi Perangkat Keras di Chrome

Anda dapat mengaktifkan akselerasi perangkat keras dengan mengikuti beberapa langkah sederhana:
Klik Lainnya tombol (tiga titik vertikal) di kanan atas jendela Chrome Anda dan pilih Pengaturan dari menu tarik-turun. Sekarang, klik menu Lanjutan di sisi kiri lalu klik Sistem. Kemudian, aktifkan Gunakan akselerasi perangkat keras saat tersedia di bawah bagian Sistem. Jika Chrome memberi tahu Anda bahwa itu perlu dimulai ulang, cukup tutup semua tab dan luncurkan kembali. Sekarang, untuk memeriksa apakah itu berfungsi, ketik “chrome://gpu” di bilah alamat lagi dan tekan Enter. Periksa apakah sebagian besar item di bawah ‘Status Fitur Grafik’ memiliki nilai akselerasi Perangkat Keras. Untuk mematikan akselerasi perangkat keras, cukup ikuti langkah 1-3 dan matikan opsi Gunakan akselerasi perangkat keras saat tersedia .

Perhatikan bahwa jika opsi Gunakan akselerasi perangkat keras saat tersedia sudah aktif saat Anda memasuki Pengaturan dan nilainya dinonaktifkan, Anda harus menggunakan metode lain.

Memaksa Akselerasi Perangkat Keras dalam Chrome

Jika tidak ada yang berhasil, Anda dapat mencoba menimpa sistem Chrome bendera. Untuk melakukannya, Anda harus:
Ketik “chrome://flags” di bilah alamat dan tekan Enter. Selanjutnya, klik menu tarik-turun di samping Override software rendering list dan alihkan statusnya ke Enabled. Kemudian, klik Relaunch tombol di bagian bawah jendela untuk memulai ulang browser. Sekarang, kembali ke “chrome://gpu” dan periksa apakah perangkat keras dipercepat, Anda akan melihat Percepatan perangkat keras di sebelah sebagian besar parameter.
Bagaimana Jika Tidak Ada Metode yang Berfungsi?

Jika akselerasi perangkat keras dinonaktifkan bahkan setelah Anda mengganti bendera sistem , maka masalahnya mungkin bukan pada perangkat lunak Chrome. Sebagai gantinya, Anda harus mencoba dan memperbarui driver video Anda atau memeriksa apakah kartu grafis memiliki masalah fisik.

Cara Melihat Apakah Akselerasi Perangkat Keras Membantu

Ada situs web bagus yang dikembangkan oleh Mozilla yang menampilkan demonstrasi potensi grafis peramban web. Situs web ini juga bekerja dengan baik di Google Chrome. Di sini, Anda dapat memeriksa kinerja animasi 2D dan 3D, video yang dapat diseret, media tersemat SVG, film HD, dll. browser melambat atau bekerja dengan lancar.

Anda juga dapat menonton video HD di YouTube atau platform streaming video lainnya dan memeriksa kualitas gambar. Perlu diingat bahwa buffering video biasanya lebih berkaitan dengan koneksi internet, jadi akselerasi perangkat keras tidak akan membuat perbedaan apa pun.

Anda Tidak Dapat Mempercepat Semuanya

Jika perangkat keras Anda berada di ujung bawah spektrum, bongkar sebagian tugas ke mungkin membuat komputer Anda lebih lambat dari sebelumnya. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memiliki video dan kartu suara yang solid untuk pengalaman menjelajah web yang baik. Jika Anda melihat bahwa browser web Anda bekerja lambat setelah Anda mengaktifkan akselerasi perangkat keras, coba matikan dan lihat apakah itu membaik.

Apa yang Anda sukai – menjelajah dengan atau tanpa akselerasi perangkat keras? Mengapa itu pilihan pilihan Anda? Bagikan jawaban dan pemikiran Anda di komentar di bawah.