Akun Instagram Dihapus? Inilah Yang Dapat Anda Lakukan Tentang Ini

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Instagram telah menetapkan seperangkat aturan yang luas untuk melindungi informasi pribadi pengguna. Tetapi masih ada celah yang mungkin membuat akun Anda dihapus. Meskipun platform tidak memiliki solusi untuk mengambil akun yang dihapus secara manual, ada beberapa situasi ketika Anda dapat memulihkan profil Anda.

Terus membaca untuk mengetahui mengapa Instagram menghapus akun dan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah yang sama.

Akun Instagram Dihapus Tanpa Alasan

Instagram akan menonaktifkan profil yang bertentangan dengan pedoman komunitas dan persyaratan layanan mereka. Namun, beberapa akun juga dinonaktifkan karena kesalahan. Kecelakaan seperti itu dapat membuat frustrasi jika akun Anda berfungsi sebagai akun bisnis atau etalase.

Beberapa alasan umum Instagram menghapus akun adalah:

Pelanggaran Persyaratan dan Pedoman

Pelanggaran berulang terhadap aturan platform dapat mengakibatkan penghentian akun permanen. Pengguna harus memastikan akun mereka tidak memposting konten yang mempromosikan aktivitas ilegal, ujaran kebencian, dan ancaman terhadap orang atau komunitas tertentu.

Ketidakaktifan Akun

Instagram menganggap akun apa pun yang tidak digunakan dalam dua tahun sebagai tidak aktif.

Penggunaan Alat Pihak Ketiga

Platform melarang penggunaan perangkat lunak pihak ketiga untuk menumbuhkan pengikut Anda atau meningkatkan keterlibatan Anda. Jika Instagram mencurigai Anda telah menggunakan aplikasi untuk mengubah jumlah pengikut Anda atau menghasilkan lebih banyak komentar di bawah posting Anda, aplikasi tersebut dapat membatasi akses akun Anda.

Akun Instagram Dihapus karena Melanggar Ketentuan

Instagram dikenal menerapkan aturan ketat untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna. Jika sebuah akun telah melanggar persyaratan platform, hampir tidak mungkin untuk memulihkannya. Namun, karena ada banyak pedoman, aplikasi mungkin telah menandai profil Anda secara tidak sengaja. Jika demikian, ada dua cara untuk mengaktifkan dan menjalankan akun Anda kembali.

Gunakan metode pertama jika Anda menerima pesan pop-up yang memberi tahu Anda bahwa akun tersebut telah melanggar ketentuan Instagram saat mencoba masuk. Setelah menyelesaikan proses, Anda akun harus segera dipulihkan. Untuk mengambil akun:
Tekan bagian “Pelajari Lebih Lanjut” di halaman masuk aplikasi seluler Anda. Sebuah pesan pop-up akan meminta Anda untuk menghubungi platform jika akun telah dinonaktifkan secara tidak sengaja. Pilih opsi “Tolong beri tahu kami”. Pilih “Ya/Tidak” untuk menunjukkan apakah akun Anda digunakan untuk tujuan bisnis. Masukkan akun Anda informasi pribadi di bidang yang wajib diisi.Jika Anda memulihkan akun bisnis, Anda harus mengirimkan dokumentasi bisnis untuk verifikasi. Instagram tidak akan mengaktifkan kembali akun tersebut kecuali Anda mengirimkan setidaknya satu dokumen yang valid. Klik “Kirim” untuk mengirimkan permintaan Anda.
Jika Instagram menentukan bahwa penghapusan akun itu tidak disengaja, mereka akan mengirimi Anda email dengan kode aktivasi ulang. Platform biasanya meminta pengguna untuk menanggapi pesan mereka dengan gambar JPEG di mana mereka memegang selembar kertas dengan kode. Pastikan kode terlihat jelas dan gambar berkualitas tinggi. Instagram dapat menolak permintaan Anda jika Anda mengirimkan gambar identifikasi yang buram atau buram.

Setelah menyelesaikan proses, Anda akan dapat mengakses akun Anda dalam beberapa hari. Platform akan mengirimi Anda email lain untuk memberi tahu Anda bahwa mereka telah memulihkan akun.

Cara tambahan untuk mengambil akun Anda adalah dengan meminta platform untuk meninjau aktivitas Instagram Anda dan mempertimbangkan kembali keputusan mereka. Untuk melakukannya:
Luncurkan aplikasi Instagram perangkat Anda. Masukkan detail akun Anda dan tekan tombol “Masuk”. Jika platform telah menonaktifkan akun Anda, Anda akan melihat pesan di layar. Ini akan memberi tahu Anda bahwa akun akan dihapus dan Anda memiliki waktu 30 hari untuk mengirim permintaan peninjauan. Pilih “Unduh Data” untuk mencadangkan data Instagram Anda jika platform tidak membalikkan keputusannya. Klik “Minta Tinjauan.” Ketik informasi masuk dari akun yang dinonaktifkan.
Instagram sekarang akan memeriksa ulang apakah akun tersebut telah melanggar salah satu aturan platform. Anda akan diberi tahu dalam beberapa hari apakah Instagram telah membatalkan keputusan tersebut dan memutuskan untuk memulihkan akun Anda. Perhatikan bahwa beberapa pengguna telah menunggu beberapa minggu untuk mendengar kabar dari platform.

Akun Instagram Dihapus oleh Peretas

Anda tidak perlu mengumpulkan banyak pengikut internet untuk menjadi sasaran peretas. Dengan banyak pengguna yang merahasiakan profil Instagram mereka, peretas telah menemukan cara untuk mendapatkan informasi mereka dan menggunakannya untuk tujuan jahat. Peretas mungkin mengunci Anda dari akun, menghapus semua posting Anda, atau bahkan menghapus akun secara permanen.

Jika Anda menduga akun Anda telah diretas, buka kotak masuk email Anda dan temukan pesan yang menyatakan bahwa detail akun Anda telah diubah. Jika Anda melihat pemberitahuan ini, peretas telah mengubah informasi masuk Anda, sehingga Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi seluler untuk memulihkan akun.

Ketika peretas menghapus akun Anda, Instagram melihatnya sebagai penghapusan manual dan menghapusnya secara permanen Akun. Anda dapat membuat akun baru menggunakan alamat email yang sama, tetapi Anda mungkin harus memilih nama pengguna baru.

Cara Melindungi Akun Instagram Dari Peretas

Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah akun Instagram Anda diretas.

Yang pertama melibatkan pengaturan kata sandi yang kuat . Yang terbaik adalah memiliki kata sandi yang berbeda untuk setiap profil media sosial Anda sehingga peretas tidak dapat mengontrol semua informasi Anda. Anda juga dapat menggunakan situs web Seberapa Kuat Kata Sandi Saya untuk menilai kekuatan kode.

Tindakan pencegahan lainnya adalah mengaktifkan autentikasi dua faktor. Setiap kali Anda masuk di perangkat baru, aplikasi akan meminta Anda untuk mengonfirmasi identitas Anda menggunakan kode verifikasi. Untuk mengatur otentikasi:
Luncurkan aplikasi Instagram dan buka “Pengaturan.” Buka “Keamanan” lalu tekan “Otentikasi Dua Faktor” dan pilih “Memulai.” Pilih opsi “Pesan Teks”. Instagram akan meminta Anda untuk memasukkan nomor telepon Anda jika Anda belum mengikatnya ke akun Anda. Setelah Anda menyelesaikan tugas ini, klik “Berikutnya.”
Saat mencoba mengakses akun dari perangkat yang tidak dikenal, aplikasi akan mengirimi Anda kode melalui pesan teks. Anda hanya dapat mengakses akun setelah Anda mengetikkan kode keamanan.

Instagram Dihapus Banding

Jika Anda yakin tidak melanggar aturan komunitas Instagram, Anda dapat mengirimkan formulir banding dan meminta platform untuk memulihkan akun Anda. Anda dapat melakukannya menggunakan PC atau aplikasi seluler Anda.

Untuk mengajukan banding ke Instagram melalui aplikasi seluler:
Luncurkan aplikasi Instagram ponsel cerdas Anda dan masukkan kredensial masuk Anda.Antarmuka akan menghasilkan pesan bahwa Instagram telah menonaktifkan akun Anda.Tekan tombol “Pelajari Lebih Lanjut”. Jendela baru akan muncul. Gulir ke bawah dan ketuk “beri tahu kami.” Jika akun itu adalah profil bisnis, pilih “Ya.” Untuk akun pribadi, klik “Tidak.” Isi detail pribadi Anda seperti yang diminta. Jika Anda mengambil akun bisnis, lampirkan dokumen hukum yang memverifikasi operasi bisnis. Tekan “Kirim” untuk mengajukan banding.
Platform akan mengirimkan Anda email yang berisi kode pengambilan. Ikuti petunjuk yang diuraikan dalam email untuk mengambil foto diri Anda dengan kode tulisan tangan yang terlihat. Instagram biasanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengaktifkan kembali akun yang dinonaktifkan, tetapi terkadang prosesnya bisa memakan waktu hingga beberapa minggu. Jika Anda telah mengajukan banding dan memenuhi permintaan email Instagram, bersiaplah untuk menunggu.

Perhatikan bahwa metode ini tidak akan berfungsi jika Anda menonaktifkan akun Instagram secara manual. Jika Anda telah mengirimkan permintaan penonaktifan, Instagram akan menghapus akun Anda secara permanen dari basis data mereka.

Mungkin perlu beberapa hari bagi Instagram untuk menghubungi Anda kembali, jadi jangan khawatir jika Anda tidak segera mendapat tanggapan dari mereka.

If solusi dalam aplikasi ini bukan untuk Anda, Anda juga dapat mengajukan banding atas akun yang dinonaktifkan menggunakan PC atau laptop Anda. Berikut cara melakukannya:
Akses formulir banding dari Pusat Bantuan Instagram. Isi detail pribadi dan informasi akun Instagram Anda. Di kolom teks yang sesuai, nyatakan dengan jelas alasan Anda mengajukan banding atas keputusan Instagram. Semakin banyak detail yang Anda sertakan, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan kembali akun tersebut. Tekan tombol “Kirim” untuk mengirimkan permintaan.
Instagram mungkin memerlukan waktu hingga 20 hari untuk merespons. Namun, periksa akun Anda setiap beberapa hari.

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka dapat mengakses akun mereka tanpa mendapat tanggapan dari platform. Jika itu terjadi, lanjutkan menggunakan akun Anda seperti biasa. Anda pada akhirnya akan menerima email dari Instagram yang mengonfirmasi pengaktifan kembali akun.

Akun Instagram Anda Tetap Ada untuk Tetap

Pedoman Instagram melindungi informasi pengguna dan mencegah mereka menyalahgunakan platform. Namun, masih ada margin kesalahan yang berarti akun Anda bisa dihapus tanpa alasan. Kabar baiknya adalah ada cara untuk mengatasi masalah ini, sehingga Anda dapat meminta peninjauan atau mengajukan banding untuk mengambil akun Anda.

Apakah Instagram pernah menonaktifkan akun Anda? Metode mana yang Anda gunakan untuk mendapatkan kembali akses akun? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.