Apa Antivirus Terbaik untuk iPhone? Tidak ada!

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda tidak memerlukan antivirus untuk iPhone atau iPad Anda. Faktanya, aplikasi “antivirus” apa pun yang Anda lihat diiklankan untuk iPhone bahkan bukan perangkat lunak antivirus. Mereka hanyalah program “keamanan” yang sebenarnya tidak dapat melindungi Anda dari malware.

Tidak Ada Aplikasi Antivirus Asli untuk iPhone

Aplikasi antivirus tradisional untuk Windows atau macOS memiliki akses penuh ke sistem operasi Anda dan menggunakan akses tersebut untuk memindai aplikasi dan file Anda untuk memastikan tidak ada malware yang berjalan.

Aplikasi apa pun yang Anda instal di iPhone berjalan di kotak pasir yang membatasi apa yang dapat mereka lakukan. Aplikasi hanya dapat mengakses data yang Anda beri izin untuk mengaksesnya. Dengan kata lain, tidak ada aplikasi di iPhone Anda yang dapat mengintai apa yang Anda lakukan di aplikasi perbankan online Anda. Mereka dapat mengakses foto Anda, misalnya—tetapi hanya jika Anda memberi mereka izin untuk mengakses foto Anda.

Pada sistem operasi iOS Apple, aplikasi “keamanan” apa pun yang Anda pasang dipaksa untuk berjalan di kotak pasir yang sama dengan semua aplikasi Anda yang lain. Mereka bahkan tidak dapat melihat daftar aplikasi yang telah Anda instal dari App Store, apalagi memindai perangkat lunak perusak apa pun di perangkat Anda. Bahkan jika Anda memasang aplikasi bernama “Virus Berbahaya” di iPhone Anda, aplikasi keamanan iPhone ini tidak akan dapat melihatnya.

Itulah mengapa tidak ada satu pun contoh yang pernah kami lihat tentang aplikasi keamanan iPhone yang memblokir sepotong malware dari menginfeksi iPhone. Jika ada, kami yakin pembuat aplikasi keamanan iPhone ini akan meneriakkannya—tetapi mereka tidak melakukannya, karena mereka tidak bisa. Tentu, iPhone terkadang memiliki kelemahan keamanan, seperti Spectre. Tetapi masalah ini hanya dapat diselesaikan melalui pembaruan keamanan cepat, dan memasang aplikasi keamanan tidak akan melakukan apa pun untuk melindungi Anda. Tetap perbarui iPhone Anda dengan versi terbaru iOS.

Bagaimana iPhone Anda Sudah Melindungi Anda

IPhone Anda sudah memiliki banyak fitur keamanan terintegrasi. Itu hanya dapat menginstal aplikasi dari App Store Apple, dan Apple memeriksa aplikasi ini untuk malware dan hal-hal buruk lainnya sebelum ditambahkan ke Store. Jika nanti malware ditemukan di aplikasi App Store, Apple dapat menghapusnya dari Store dan membuat iPhone Anda segera menghapus aplikasi tersebut demi keselamatan Anda. menemukan, mengunci, atau menghapus iPhone yang hilang atau dicuri. Anda tidak memerlukan aplikasi keamanan khusus dengan fitur “anti-pencurian”. Untuk memeriksa apakah Temukan iPhone Saya diaktifkan, buka Pengaturan, ketuk nama Anda di bagian atas layar, lalu ketuk iCloud > Temukan iPhone Saya.

Browser Safari di iPhone Anda memiliki fitur “peringatan situs web palsu”, juga dikenal filter anti-phishing. Jika Anda berakhir di situs web yang dirancang untuk mengelabui Anda agar memberikan informasi pribadi—mungkin itu adalah situs web palsu yang meniru halaman perbankan daring bank Anda—Anda akan melihat peringatan. Untuk memeriksa apakah fitur ini diaktifkan, buka Pengaturan > Safari dan cari opsi “Peringatan situs web palsu” di bawah Privasi & Keamanan.

Apa yang Dilakukan Aplikasi Keamanan Seluler Itu?

Mengingat aplikasi ini tidak dapat berfungsi sebagai perangkat lunak antivirus, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya yang mereka lakukan. Nah, nama mereka adalah petunjuk: Program-program ini diberi nama seperti “Avira Mobile Security”, “McAfee Mobile Security”, “Norton Mobile Security”, dan “Lookout Mobile Security”. Apple jelas tidak akan membiarkan aplikasi ini menggunakan kata “antivirus” dalam namanya.

iAplikasi keamanan ponsel sering menyertakan fitur yang tidak membantu melindungi dari malware, seperti fitur antipencurian yang memungkinkan Anda menemukan ponsel dari jarak jauh—sama seperti iCloud. Beberapa menyertakan alat “brankas media” yang dapat menyembunyikan foto di ponsel Anda dengan kata sandi. Lainnya termasuk pengelola kata sandi, pemblokir panggilan, dan VPN, yang bisa Anda dapatkan di aplikasi lain. Beberapa aplikasi mungkin menawarkan “browser aman” dengan filter phishing mereka sendiri, tetapi mereka bekerja mirip dengan yang sudah ada di dalam Safari.

Beberapa aplikasi ini memiliki peringatan pencurian identitas yang terhubung ke layanan online yang memperingatkan Anda jika data Anda telah bocor . Tapi Anda bisa menggunakan layanan seperti Have I Been Pwned? untuk mendapatkan pemberitahuan kebocoran yang dikirim ke alamat email Anda tanpa aplikasi ini. Credit Karma juga menawarkan pemberitahuan pelanggaran gratis selain informasi laporan kredit gratis.

Aplikasi ini melakukan beberapa fungsi terkait keamanan, itulah sebabnya Apple mengizinkannya masuk ke App Store. Tapi itu bukan aplikasi “antivirus” atau “antimalware”, dan itu tidak diperlukan.

Semua saran di atas menganggap Anda tidak melakukan jailbreak pada iPhone Anda. Jailbreaking memungkinkan aplikasi di iPhone Anda berjalan di luar kotak pasir keamanan normal. Ini juga memungkinkan Anda menginstal aplikasi dari luar App Store, yang berarti aplikasi tersebut tidak diperiksa untuk perilaku jahat oleh Apple.

Seperti Apple, kami menyarankan agar iPhone Anda tidak di-jailbreak. Apple juga berusaha keras untuk melawan jailbreaking, dan perusahaan telah membuatnya semakin sulit dari waktu ke waktu. Dengan asumsi Anda menggunakan iPhone yang sudah di-jailbreak, secara teoritis masuk akal untuk menggunakan semacam program antivirus. Dengan kerusakan kotak pasir normal, program antivirus secara teoritis dapat memindai malware yang mungkin telah Anda instal setelah melakukan jailbreak pada ponsel Anda. Namun, aplikasi antimalware semacam itu memerlukan file definisi aplikasi buruk agar berfungsi.

Kami tidak mengetahui adanya aplikasi antivirus untuk iPhone yang di-jailbreak, meskipun mungkin untuk membuatnya.

Kami akan mengatakannya lagi: Anda tidak perlu perangkat lunak antivirus untuk iPhone Anda. Faktanya, tidak ada perangkat lunak antivirus untuk iPhone dan iPad. Itu bahkan tidak ada.

Disadur dari HowToGeek.com.