Apa Berarti Waktu Antara Kegagalan (MTBF) di Hard Drive?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

MTBF, waktu rata-rata antara kegagalan, adalah perkiraan berapa lama hard drive atau drive penyimpanan lain akan bertahan sebelum gagal. MTBF dihitung dengan membagi jumlah jam drive yang dioperasikan dalam pengujian dengan berapa kali gagal. Waktunya dapat berkisar antara 100.000 jam hingga 1 juta jam atau lebih.

Saat membeli hard drive atau SSD baru, mengetahui MTBF-nya sangat penting untuk memahami kualitas dan masa pakai produk. Berikut adalah melihat lebih dekat apa sebenarnya artinya dan mengapa itu sangat penting.

Apa itu MTBF?

Sederhananya, MTBF, atau Mean Time Between Failures, adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan perangkat untuk gagal. Bergantung pada siapa Anda bertanya (atau perusahaan mana yang memproduksi produk), ada beberapa cara berbeda untuk menghitung MTBF. Pada intinya, menghitung MTBF adalah proses sederhana menganalisis berapa lama hard drive, SSD, atau produk lain telah berjalan dan rata-rata dengan berapa kali gagal. Ini akan memberi Anda waktu rata-rata antara kegagalan.

Misalnya, produk yang berjalan selama 24 jam sebelum mengalami masalah akan mendapatkan peringkat MTBF 24 jam. Produk yang mengalami 2 kegagalan dalam 24 jam akan mendapatkan peringkat MTBF 12 (yaitu, 24 jam / 2 kegagalan = 12).

Tentu saja, ini menjadi sedikit lebih rumit ketika Anda memasukkan runtime yang diperpanjang dan beberapa kegagalan, tetapi intinya konsep tetap sama.

Mengapa MTBF Penting?

Jika Anda ingin membeli hard drive baru, MTBF adalah salah satu faktor terpenting untuk dipertimbangkan. Hard drive dimaksudkan untuk digunakan sebagai solusi penyimpanan jangka panjang—memungkinkan Anda untuk mengakses file dan data Anda selama bertahun-tahun. Karena itu, Anda pasti ingin membeli produk yang menawarkan nilai MTBF yang besar. Produk yang dapat bertahan lama tanpa mengalami kegagalan lebih cenderung mempertahankan file Anda daripada produk dengan nilai MTBF rendah.

Menghadapi kegagalan tidak selalu berarti drive Anda sama sekali tidak berguna dan file Anda tidak berguna. hilang. Namun, Anda mungkin harus melalui proses pemulihan ekstensif atau berkonsultasi dengan profesional untuk membantu mengambil apa pun di drive. Ini juga sakit kepala yang (hampir) sepenuhnya dapat dihindari jika Anda membeli hard drive yang tepat.

Gunakan MTBF untuk Melakukan Pembelian Cerdas

Sayangnya, peringkat MTBF tidak mudah. Banyak produsen menghitung nilai MTBF mereka dengan menjalankan drive selama ribuan jam berturut-turut dan menghitung kapan akhirnya gagal. Tapi itu belum tentu mewakili bagaimana Anda akan menggunakan drive di rumah Anda. Banyak orang menyalakan dan mematikan drive mereka secara berkala, mencopot dan memasangnya kembali, atau hanya menyimpannya di ruangan yang berada di luar suhu optimal untuk kinerja puncak, yang semuanya dapat berdampak pada seberapa akurat nilai MTBF yang tercantum.

Karena perbedaan cara pengujian drive dibandingkan dengan cara penggunaannya, mungkin sulit untuk mengetahui MTBF yang sebenarnya. Tunjukkan fakta bahwa beberapa produsen mungkin menggunakan formula yang sedikit berbeda untuk menghitung MTBF, dan jelas bahwa nilai MTBF tidak boleh diambil begitu saja.

Meskipun kekurangannya, MTBF adalah salah satu cara terbaik untuk mengukur keandalan hard drive Anda. Taruhan aman lainnya adalah membeli produk dari merek tepercaya seperti Western Digital dan Seagate. Pabrikan ini memiliki reputasi untuk membangun produk andal yang akan bertahan selama bertahun-tahun sebelum mengalami masalah.

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang benar-benar andal, tetap gunakan produk dari merek tepercaya yang menawarkan peringkat MTBF lebih dari satu juta jam seperti IronWolf Pro Seagate. Sekali lagi, ini tidak berarti drive Anda akan berjalan selama satu juta jam sebelum gagal (sebaliknya, ini adalah angka rata-rata berdasarkan pengujian pabrikan), tetapi sejumlah besar seperti ini akan memberi Anda ketenangan pikiran saat melakukan pembelian.

Jika Anda hanya akan menggunakan drive untuk penyimpanan jangka pendek, Anda dapat menggunakan sesuatu yang lebih kecil. Kami akan merekomendasikan pergi dengan produk yang paling dapat diandalkan yang Anda mampu. Tetapi jika Anda memiliki anggaran terbatas dan hanya akan menggunakan drive Anda untuk mentransfer file dengan cepat, maka sesuatu yang lebih murah dengan MTBF yang lebih rendah dapat memberikan nilai yang baik, seperti WD Red Plus.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Pastikan untuk membaca panduan kami yang menyoroti hard drive eksternal terbaik. Dan jika Anda menemukan produk bagus yang tidak mengiklankan MTBF-nya, coba cari lembar spesifikasinya dari pabrikan. Atau, Anda dapat mencari lama garansinya—memberi Anda gambaran tentang berapa lama drive akan bertahan sebelum Anda harus mulai mencari penggantinya.

Bagaimana dengan AFR?

Kisah keandalan hard drive tidak berakhir dengan MTBF. Sementara banyak perusahaan masih menggunakan nilai ini untuk memprediksi keandalan, Seagate terkadang akan menggunakan Tingkat Kegagalan Tahunan (AFR) untuk produknya. Sekali lagi, ini persis seperti apa kedengarannya — kemungkinan perangkat akan gagal selama satu tahun penggunaan. Tidak seperti MTBF, Anda ingin ini sekecil mungkin. Hard disk yang paling andal menawarkan AFR di bawah 1% dan akan bertahan sangat lama sebelum memerlukan perbaikan atau penggantian.

Sama seperti MTBF, ingatlah bahwa AFR tidak memberi Anda indikator kinerja individual tetapi merupakan nilai gabungan berdasarkan pengujian terkontrol dari banyak produk. Performa drive Anda mungkin berbeda dari yang diiklankan, tetapi AFR (seperti MTBF) adalah tempat awal yang bagus untuk mencari keandalan.

Disadur dari HowToGeek.com.