Apa itu 500 Internal Server Error, dan Bagaimana Cara Memperbaikinya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda mencoba mengunjungi situs web dan melihat pesan “500 Internal Server Error”, artinya ada yang tidak beres dengan situs web tersebut. Ini bukan masalah dengan browser Anda, komputer Anda, atau koneksi internet Anda. Ada masalah dengan situs yang Anda coba kunjungi.

Apa Arti 500 Internal Server Error

Bergantung pada situs webnya, Anda mungkin melihat pesan  “500 Internal Server Error”, “500 Error”, “HTTP Error 500”, “500. Itu kesalahan”, “Kesalahan Sementara (500)”, atau hanya kode kesalahan “500”. Ini adalah salah satu dari banyak pesan kesalahan berbeda yang mungkin Anda lihat di browser Anda.

Namun Anda melihat ini ditampilkan, ini adalah kesalahan dengan kode status HTTP 500. Kode kesalahan 500 adalah pesan umum yang muncul ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi di server web dan server tidak dapat menawarkan informasi yang lebih spesifik. Alih-alih memberi Anda halaman web normal, kesalahan terjadi pada server web dan server memberi browser Anda halaman web dengan pesan kesalahan, bukan halaman web biasa.

 

Cara Memperbaiki 500 Server Internal Error

Ini adalah masalah di ujung situs web, jadi Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri. Siapa pun yang menjalankan situs web harus memperbaikinya.

Namun, sering kali ada cara untuk mengatasi masalah dengan cepat. Pesan kesalahan ini seringkali bersifat sementara dan situs web dapat dengan cepat memperbaiki dirinya sendiri. Misalnya, banyak orang mungkin terhubung ke situs web sekaligus, menyebabkan masalah. Anda mungkin hanya perlu menunggu beberapa menit — atau beberapa detik — sebelum mencoba lagi, dan situs web dapat berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengalami masalah ini, coba muat ulang halaman web. Klik tombol “Muat Ulang” di bilah alat browser Anda atau tekan F5. Browser Anda akan menghubungi server web dan meminta halaman itu lagi, dan ini dapat memperbaiki masalah Anda.

Catatan: Anda tidak boleh mencoba memuat ulang halaman jika Anda mengirimkan pembayaran online atau memulai beberapa jenis transaksi saat Anda melihat pesan ini. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengirimkan pembayaran yang sama dua kali. Sebagian besar situs web harus menghentikan hal ini terjadi, tetapi masalah dapat terjadi jika situs web mengalami masalah selama transaksi.

Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat sebelum kembali ke situs web nanti. Situs web mungkin mengalami masalah, dan orang yang menjalankan situs web harus memperbaikinya. Coba akses situs web lagi di masa mendatang dan mungkin berfungsi dengan baik.

Jika Anda khawatir orang yang menjalankan situs web tidak mengetahui masalah tersebut, Anda mungkin ingin menghubungi mereka dan memberi tahu mereka tentang masalah yang Anda alami . Jika situs web rusak untuk Anda, mungkin juga rusak untuk orang lain — dan pemilik situs harus ingin memperbaikinya.

Misalnya, jika Anda mengalami kesalahan di situs bisnis, Anda mungkin ingin menghubungi nomor telepon bisnis tersebut. Jika bisnis memiliki alamat email layanan pelanggan, Anda mungkin ingin menulis email ke alamat tersebut. Anda juga dapat menghubungi banyak bisnis di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Cara Melihat Salinan Lama Halaman Web

Jika Anda mencari halaman web dan tidak tersedia saat ini — apakah itu karena kesalahan HTTP 500 atau masalah lainnya — Anda dapat melihat cuplikan lama laman web dengan beberapa cara berbeda. Ini tidak akan berfungsi jika Anda mencoba mengakses situs web dinamis atau halaman web dengan informasi tepat waktu (seperti berita terkini), tetapi ini berfungsi sangat baik untuk mengakses artikel lama dan halaman statis lainnya.

Misalnya, jika Anda menggunakan Google, gunakan Anda mengakses salinan cache dari halaman web di Google Cache. Temukan halaman web yang ingin Anda lihat di hasil pencarian Google, klik panah di sebelah kanan alamatnya, dan klik “Tembolok” untuk melihat salinan lama.

Anda mungkin perlu mengklik tautan “Versi teks saja” pada cache halaman untuk membuat situs web dimuat dengan benar.

Anda juga dapat memuatnya di alat seperti Mesin Wayback untuk melihat versi halaman yang lebih lama.

Jika Anda adalah pemilik situs web dan mengalami kesalahan ini di server Anda, tidak ada satu pun perbaikan mudah. Ada masalah dengan sesuatu, dan bisa jadi banyak hal. Masalah umum termasuk kesalahan dalam file .htaccess situs web Anda, izin yang salah pada file dan folder di server Anda, paket perangkat lunak yang bergantung pada situs web Anda untuk tidak diinstal, atau batas waktu saat menghubungkan ke sumber daya eksternal.

Anda harus memeriksa file log server web Anda dan lakukan lebih banyak pemecahan masalah untuk menentukan penyebab spesifik masalah dan solusinya.

Itulah berita seputar Apa itu 500 Internal Server Error, dan Bagaimana Cara Memperbaikinya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.