Apa itu Anti Aliasing?

Pernahkah Anda mencoba memainkan game di PC Anda yang sedikit lebih banyak daripada yang bisa ditangani oleh kartu grafis Anda? Alih-alih melihat pemandangan luas, Anda mendapatkan tepi berpiksel dan bentuk kotak-kotak. “Jaggies” ini biasanya dihilangkan dengan meningkatkan resolusi layar Anda.

Tapi itu tidak mungkin untuk semua orang.

Jadi, jika Anda memiliki GPU yang lebih lama atau Anda hanya bermain di rig yang tidak dibuat untuk bermain game, inilah kabar buruk untuk Anda: Anda tidak dapat mencapai tekstur resolusi tinggi tanpa kompromi dalam bentuk perlambatan drastis dalam game Anda.

Namun, Anda dapat mencoba menggunakan anti-aliasing untuk meningkatkan resolusi grafis tanpa perlambatan. Cari tahu lebih lanjut tentang anti-aliasing dan mengapa Anda harus mempertimbangkannya di artikel ini.

Apa itu Anti-Aliasing?

Anti-aliasing adalah cara komputer Anda bermain bagus dengan semua piksel di game PC dan menghaluskannya menjadi grafis yang layak abad ini. Singkatnya, ini adalah pengaturan grafis yang membantu menyingkirkan jaggies.

Jika Anda menjalankan game dengan resolusi lebih tinggi, Anda beruntung. Anda mungkin tidak tahu apa itu “jaggie” dan juga belum pernah melihatnya. Tetapi beberapa gamer harus puas dengan apa yang mereka miliki dan itu mungkin berarti perlengkapan di bawah standar untuk game dengan permintaan tinggi.

Pikirkan seperti ini…

Gambar dalam game dibuat dengan menumpuk dan menyelaraskan piksel persegi. Bila Anda tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi, Anda dapat melihat tepi bergerigi atau “jaggies” dari gambar. Secara resmi, ini disebut “aliasing” tetapi gamer lebih menyukai “jaggies” dan “efek tangga”. Lebih mudah untuk diingat.

Jadi, datanglah pengaturan anti-aliasing di jendela grafis PC Anda untuk menangani monstrositas visual ini. Ada beberapa cara PC menangani anti-aliasing:

Spatial

Ketika Anda memiliki gambar beresolusi rendah yang dipenuhi jaggies, anti-aliasing spasial berfungsi untuk mengisi celah yang dibuat oleh resolusi rendah itu dan menghilangkan tampilan tangga yang bergerigi.

Dibutuhkan warna sampel kelebihan piksel dari gambar beresolusi lebih tinggi, membuat sampel, dan mengecilkannya kembali ke resolusi aslinya. Hasilnya adalah gambar dengan warna piksel rata-rata dari piksel resolusi tinggi yang memadukan tepi kasar tersebut dan membuatnya kurang terlihat.

Post-Process

Dengan metode anti-aliasing pasca-pemrosesan, penghalusan terjadi setelah gambar dirender dan mengaburkan tepi yang dirasakan . Sementara anti-aliasing pasca-proses dapat menghilangkan beberapa jaggies itu, itu cenderung membuat gambar Anda terlihat buram. Dan semakin detail permainan Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk memperhatikan hal ini.

Namun, karena GPU menentukan di mana ia perlu diburamkan setelah merender gambar, hal itu terjadi dengan sangat cepat dengan sedikit beban pada prosesor Anda. Jadi, itu benar-benar terserah pada gamer dan apa yang mereka pilih untuk dikompromikan.

Apa itu Anti-Aliasing di Minecraft?

Desain Minecraft seharusnya mengingatkan kembali ke pahlawan pixelated game awal. Adegan dan karakter kotak-kotak digambar seperti itu dengan sengaja. Tapi aliasing dapat menyebabkan beberapa “jagginess” yang tidak diinginkan ke dunia pixelated Minecraft.

Jika Anda memiliki Minecraft Edisi Windows 10 atau VR, ada solusi sederhana yang menunggu Anda di layar Opsi. Pada Pembaruan 0.15.0, edisi Minecraft ini memiliki fitur anti-aliasing. Ingatlah bahwa fitur AA apa pun akan membebani prosesor Anda. Dan, tentu saja, ada faktor blur.

Apa Itu Anti-Aliasing dalam Game?

Aliasing atau “jaggies” terjadi ketika garis lengkung dirender di game PC dan terlihat seperti serangkaian tangga. Oleh karena itu, istilah “jaggies” karena tepinya yang bergerigi. Di layar resolusi tinggi, Anda tidak akan melihat jaggies karena jumlah piksel yang tinggi membuatnya kurang terlihat.

Namun, pada layar resolusi rendah, tidak ada cukup piksel untuk menghaluskan garis-garis itu. Dan yang seharusnya mulus, garis lengkung berubah menjadi tangga seperti Lego.

Memiliki output resolusi tinggi bukanlah jawaban yang lengkap.

Jika Anda menjalankan game pada 120 FPS, gambar mungkin terlihat tajam dan jernih, tetapi Anda mengorbankan kekuatan pemrosesan. Dan jika perangkat keras pemrosesan Anda tidak sesuai dengan resolusi Anda, Anda melihat penurunan drastis ke titik pemutaran untuk game Anda.

Solusi untuk “jaggies” dengan dampak prosesor minimal adalah anti-aliasing. Ya, ada beberapa kerugian menggunakan metode ini seperti buram dan berkurangnya daya pemrosesan. Tapi itu mungkin masih memiliki dampak kinerja yang jauh lebih sedikit daripada menjalankan game Anda pada pengaturan grafis tertinggi.

Apa itu Anti-Aliasing di Photoshop?

Aliasing tidak hanya terjadi di game PC. Anda juga dapat melihatnya saat menggunakan gambar beresolusi rendah di Photoshop. Garis bergerigi, seperti tangga di sekitar tepi gambar halus disebut aliasing. Dan Photoshop juga memiliki solusi untuk itu.

Untuk menggunakan opsi anti-alias, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka bilah Opsi dan pilih Anti-aliasedPilih alat Anda di ruang kerja Edit (Lasso, Magic Wand, Elliptical Marquee semua berfungsi dengan Anti-alias)Pilih gambar di jendela gambarBlur tepi dengan titik menggunakan tombol kiri mouse atau gunakan goresan panjang dengan menahan tombol kiri mouse ke bawah
Anti-aliasing hanya berfungsi di tepi gambar. Jika Anda perlu menghaluskan tepi di dalam gambar, Anda dapat menggunakan bulu untuk mengaburkan beberapa tepi kasar tersebut.

Apa itu Anti-Aliasing di Illustrator?

Opsi anti-aliasing di Illustrator tersedia saat Anda mengekspor gambar ke web. Saat Anda memilih “Simpan untuk Web”, menu drop-down Art Optimized akan tersedia. Di dalamnya, Anda memiliki tiga pilihan:
None – Tidak menerapkan anti-aliasing ke imageArt Optimized – Menerapkan anti-aliasing atau pengaburan di sekitar seni apa pun di imageText Optimized – Menerapkan anti-aliasing atau pengaburan di sekitar teks apa pun di image
Sayangnya, Anda bisa ‘jangan menerapkan anti-aliasing ke gambar yang sedang Anda kerjakan di Illustrator. Tetapi seringkali, Anda tidak perlu melakukannya karena garis-garisnya tampak mulus saat Anda mengerjakannya.

Apa Itu Filter Anti-Aliasing?

Anti-aliasing adalah istilah yang digunakan untuk berbagai hal.

Misalnya, di ranah pemrosesan sinyal digital, ini mengacu pada filter analog yang hanya memungkinkan sampel tertentu dari rentang frekuensi yang diinginkan.

Istilah ini juga digunakan dalam fotografi. Namun dalam kasus ini, ini adalah filter low pass optik atau OLPF yang berada di atas sensor gambar kamera. Tugas utamanya adalah menyaring pola interferensi yang berpotensi merusak gambar. Sama seperti resolusi game dan perangkat lunak pengedit foto, filter ini melembutkan detail halus. Alih-alih tepi, filter anti-aliasing kamera berupaya mengaburkan detail pola frekuensi tinggi untuk menghindari pola moiré.

Apa itu Anti-Aliasing di Genshin Impact?

Dalam menu Pengaturan di bawah Grafik, Anda memiliki tiga pilihan pilihan untuk anti-aliasing di Genshin Impact:
None – tidak ada elemen anti-aliasing di gameTSAA – aliasing temporal yang melihat bingkai yang dirender sebelumnya, bukan gambar tunggalSMAA – metode anti-aliasing pasca-pemrosesan yang mendeteksi dan menerapkan filter
Sebagai aturan umum, Anda ingin menyimpan pengaturan grafis Anda di SMAA jika Anda bisa. Pengaturan ini memberi Anda grafik terbaik saat memainkan Genshin Impact. Namun, jika Anda melihat penurunan FPS, Anda bisa turun ke TSAA. Perbedaannya tidak terlalu terlihat selama pertempuran, jadi jika Anda menginginkan kinerja, Anda mungkin ingin menonaktifkannya sepenuhnya.

Tanya Jawab Tambahan
Apa Itu Aliasing dan Anti-Aliasing?

Aliasing dalam gambar dan game PC terjadi ketika tepi piksel tampak bergerigi seperti tangga. Metode anti-aliasing biasanya melibatkan pelunakan tampilan garis yang bergerigi melalui penambahan piksel berbayang atau mengaburkan tepi gambar.

Apa itu Grafik Anti-Aliasing?

Aliasing terjadi ketika ada pengurangan sampel piksel yang dirender yang membuat garis halus muncul bergerigi. Biasanya muncul di tepi grafik dan saat menggunakan tampilan resolusi rendah.

Karena sifat piksel, Anda tidak dapat membuat grafik anti-aliasing. Tetapi Anda dapat menggunakan alat anti-aliasing untuk membuat garis bergerigi tampak halus di game dan program pengeditan foto.

Apakah Anti-Aliasing Bagus untuk FPS?

Jawaban singkatnya adalah “tidak”.

Anti-aliasing memerlukan biaya dan biasanya, biaya tersebut adalah kekuatan pemrosesan. Semakin tinggi Anda menggunakan tingkatan metode anti-aliasing, semakin Anda akan melihat penurunan kinerja. Anda harus memutuskan mana yang lebih penting: gameplay secepat kilat atau grafis yang estetis.

Atau Anda cukup membeli layar beresolusi lebih tinggi. Pastikan saja prosesor Anda dapat mengambil tampilan resolusi lebih tinggi. Jika tidak, Anda mungkin mengalami masalah lain seperti layar “robek.”

Apa gunanya Anti-Aliasing dalam Game?

Anti-aliasing menghaluskan tepi kasar atau “jaggies” dan membuat grafik lebih menarik secara visual. Tentu saja, itu datang dengan biaya.

Metode anti-aliasing seperti SMAA dapat membuat game Anda terlihat memukau, bahkan pada tampilan resolusi rendah. Tetapi Anda mungkin melihat penurunan FPS sebagai akibatnya karena anti-aliasing membutuhkan banyak daya pemrosesan.

Haruskah Saya Mengaktifkan atau Menonaktifkan Anti-Aliasing?

Jika visual Anda terlihat bagus dan Anda memiliki layar resolusi tinggi, Anda tidak tidak perlu mengaktifkan opsi anti-aliasing. Anti-aliasing adalah untuk orang-orang yang mengalami “jaggies” yang tidak sedap dipandang dan ingin menghaluskan tepi grafis mereka.

Juga, perlu diingat bahwa ketika datang ke game PC, anti-aliasing memakan kekuatan pemrosesan. Jika Anda ingin membuang sebagian dari itu ke dalam grafik, itu pilihan Anda. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak FPS, Anda mungkin ingin mematikannya.

Apa Itu “Jaggies” dan Mengapa Itu Terjadi?

“Jaggies” adalah apa yang terjadi saat Anda melihat tepi dan sudut piksel di sebuah gambar. Bayangkan memiliki garis tangga alih-alih kurva halus di sekitar grafik favorit Anda. Dan itu terjadi karena berbagai alasan.

Penyebab pertama dan kemungkinan besar adalah tampilan resolusi rendah. X jumlah piksel diperlukan untuk membuat grafik dengan benar tetapi, layar beresolusi rendah hanya memiliki Y untuk digunakan. Biasanya, mengaktifkan opsi grafik anti-aliasing dapat membantu menghaluskan tepi yang bergerigi tersebut.

Untuk Anti-Alias ​​atau Tidak ke Anti-Alias, Itulah Pertanyaannya

Anti-aliasing adalah masalah besar bagi gamer PC dan, sampai batas tertentu, seniman grafis. Ada pro dan kontra untuk menggunakan alat anti-aliasing di kedua kubu, tetapi, pada akhirnya, terserah Anda.

Gamer yang menggunakan anti-aliasing mungkin melihat frame rate turun ke titik tidak dapat diputar. Dan seniman yang menggunakan alat anti-aliasing dapat mengubah gambar hingga terlihat terlalu diproses.

Situasi tersebut tentu saja ekstrem, tetapi intinya adalah bahwa anti-aliasing memerlukan biaya. Terserah Anda untuk memutuskan berapa banyak Anda bersedia membayar.

Apakah Anda menggunakan anti-aliasing untuk game PC atau program pengeditan foto? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.