Apa Itu Bagikan Status Fokus di iPhone

Smartphone selamanya mengubah cara kita tetap berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain. Dan sementara ketersediaan 24/7 kami pasti berguna pada waktu-waktu tertentu, ada juga saat-saat ketika kami lebih suka menjauhkan gangguan. Sekali, cukup mematikan ponsel kami adalah solusinya, tetapi itu hampir tidak dapat diterima secara sosial hari ini. Lagi pula, apa yang terjadi jika pesan penting tidak dapat mencapai Anda saat notifikasi dibungkam?

Saat ini, ada solusi yang lebih canggih daripada mode Jangan Ganggu (DnD) dan pesan balasan otomatis. Berbagi Status Fokus Anda di iOS adalah salah satunya. Inilah yang dimaksud dengan membagikan Status Fokus Anda dan cara melakukannya.

Apa Itu Mode Fokus di iOS?

Mode Fokus adalah fitur iOS yang relatif baru yang diperkenalkan untuk iOS pada 15 September 2021. Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan Anda mengurangi gangguan . Fitur ini sangat cocok ketika Anda perlu berkonsentrasi pada pekerjaan, sibuk mengemudi, atau ingin tidur nyenyak di malam hari. Aktifkan fitur ini dan cegah notifikasi agar tidak mengganggu atau mengganggu Anda.

Ada berbagai Mode Fokus, termasuk Mode Tidur, Kerja, Pribadi, dan Jangan Ganggu klasik, tetapi Anda juga dapat membuat Mode Fokus kustom Anda sendiri.

Mode fokus menawarkan banyak fleksibilitas. Ini memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi dan kontak mana yang masih dapat mengirimi Anda pemberitahuan selama waktu fokus Anda. Pemberitahuan peka waktu dan darurat, serta panggilan penting, juga akan dapat menghubungi Anda. Anda dapat menjadwalkan dan bahkan mengotomatiskan Mode Fokus Anda dan membagikannya ke perangkat iOS Anda.

Apa Itu Status Berbagi Fokus?

Berbagi Status Fokus adalah fitur Mode Fokus iOS yang hebat. Tanpa membagikan Status Fokus Anda, kontak Anda tidak akan tahu mengapa Anda tidak membalasnya. Mereka mungkin mencoba menghubungi Anda terus-menerus tetapi tidak berhasil.

Di sisi lain, kontak Anda akan tahu bahwa Anda tidak dapat membuka ponsel Anda dengan Status Fokus Berbagi. Setiap kali seseorang mencoba mengirimi Anda pesan, sebuah catatan akan memberi tahu mereka bahwa Anda mengaktifkan Mode Fokus. Mereka akan disajikan dengan opsi untuk tetap memberi tahu Anda atau hanya menunggu Anda kembali kepada mereka. Itu berarti mereka masih dapat menghubungi Anda dalam keadaan darurat.

Mengapa Anda Harus Membagikan Status Fokus Anda

Membungkam notifikasi tanpa memberi tahu pihak lain dapat menyebabkan kesalahpahaman. Berbagi Status Fokus Anda dapat menyelamatkan Anda dari situasi yang tidak menyenangkan ini. Dengan membagikan status Anda, kontak Anda akan tahu bahwa Anda tidak mengabaikannya dengan sengaja, tetapi Anda hanya sibuk.

Secara umum, berbagi Status Fokus dan menggunakan Mode Fokus juga sehat. Mereka memungkinkan Anda untuk fokus atau bersantai tanpa mengganggu pemberitahuan yang tidak penting. Dengan bantuan Bagikan Status Fokus, Anda dapat membuat jarak antara diri Anda dan ponsel Anda tanpa mengorbankan hubungan Anda.

Cara Berbagi Status Fokus Anda

Berbagi Status Fokus Anda dengan cepat dan mudah. Lihatlah langkah-langkah di bawah ini:
Buka pengaturan iOS Anda dan cari opsi “Fokus” yang ditandai dengan simbol bulan. Pilih Mode Fokus pilihan Anda (Tidur, Bekerja, dll.) Temukan “Status Fokus” di bawah opsi. Ketuk “Status Fokus” dan nyalakan fitur tersebut. Sekarang, setiap kali Anda mengaktifkan Mode Fokus ini, mereka yang mencoba menghubungi Anda akan tahu bahwa Anda sedang pergi. Tip: Anda mungkin menemukan bahwa Status Fokus sudah aktif. Fitur ini aktif secara default kecuali Anda telah menonaktifkannya sebelumnya. Dalam hal ini, Anda masih dapat mengetuknya untuk mempelajari informasi tambahan tentang fitur ini di layar berikutnya. Ulangi langkah ini untuk semua Mode Fokus berbeda yang ingin Anda bagikan dengan kontak Anda.
Cara Mematikan Bagikan Status Fokus

Berbagi Status Fokus Anda adalah default pada perangkat iOS 15 Anda. Meskipun transparansinya bagus, Anda mungkin tidak ingin semua orang mengetahuinya. Anda dapat menggunakan Mode Fokus secara pribadi hanya dengan mematikan Status Fokus Anda. Untuk melakukannya, akses pengaturan Status Fokus Anda:
Ketuk “Fokus” di aplikasi Pengaturan Anda. Pilih Mode Fokus yang ingin Anda hentikan berbaginya. Ketuk “Status Fokus” di bawah opsi dan alihkan sakelar. Sekarang, kontak Anda tidak akan diberi tahu tentang Status Fokus Anda saat menggunakan Mode Fokus ini. Ulangi langkah ini untuk sisa Mode Fokus yang tidak ingin Anda bagikan.
Cara Berbagi Status Fokus Dengan Hanya Pilih Kontak

Anda mungkin tidak ingin semua orang melakukannya tahu Anda berada dalam Mode Fokus, tetapi mematikan fitur ini juga akan membuat kontak penting Anda tetap gelap. Solusi untuk ini adalah membagikan Status Fokus Anda secara selektif. Jika Anda ingin menyembunyikan Status Fokus Anda dari beberapa orang, Anda dapat menonaktifkan berbagi langsung di profil mereka.
Buka aplikasi Pesan Anda.Buka obrolan Anda dengan kontak yang ingin Anda senyapkan.Tekan profil mereka dan alihkan “Bagikan Status Fokus” sehingga padam. Kontak ini kemudian tidak akan dapat melewati pembatasan karena mereka tidak akan melihat opsi “Tetap Beri Tahu”.
Anda juga dapat mengaktifkan Berbagi Status Fokus untuk kontak tertentu dengan cara yang sama.

Pemecahan Masalah: Jika Anda tidak dapat mengaktifkan Bagikan Status Fokus untuk kontak , pastikan mereka juga menggunakan iOS versi terbaru.

Tips: Ingatlah bahwa Anda juga dapat menyesuaikan Mode Fokus untuk mengizinkan pemberitahuan dari kontak tertentu saja.

FAQ Tambahan
Apa perbedaan antara Mode Fokus dan Jangan Ganggu?

Mode Fokus adalah versi yang lebih canggih dan fleksibel dari pendahulunya, Do Not Disturb. Berbeda dengan yang terakhir, Mode Fokus memungkinkan Anda memilih aplikasi dan kontak mana yang akan dibisukan dan mana yang memungkinkan pemberitahuan. Selain itu, Mode Fokus hadir dengan Status Berbagi Fokus yang memberikan opsi kepada kontak untuk melewati batasan. Di iOS 15, Jangan Ganggu adalah salah satu Mode Fokus yang dapat Anda aktifkan.
Apakah Status Fokus berfungsi dengan aplikasi pihak ketiga?

Sebagai fitur yang relatif baru, Status Fokus masih memiliki beberapa batasan. Umumnya, aplikasi pihak ketiga tidak akan dapat membagikan Status Fokus Anda. Namun demikian, beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Slack, dengan cepat mengintegrasikan Mode Fokus, jadi tetap waspada.
Apakah saya akan tetap mendapatkan notifikasi dalam keadaan darurat dengan Status Berbagi Fokus?

Ya. Dengan membagikan Status Fokus Anda, pihak lain akan mengetahui bahwa Anda telah menonaktifkan notifikasi. Dalam keadaan darurat, mereka akan dapat mengetuk “Tetap Beri Tahu” dan menghubungi Anda.
Apakah Status Fokus membagikan nama Mode Fokus saya?

Anda dapat mengatur beberapa mode fokus di iOS Anda dan memberikan nama yang berbeda untuk setiap. Ini lebih demi organisasi daripada yang lainnya. Seperti yang akan Anda lihat saat Anda mengaktifkan Bagikan Status Fokus, nama Mode Fokus Anda tidak akan pernah dibagikan. Kontak hanya akan melihat bahwa notifikasi Anda dibungkam, tetapi bukan alasan mengapa.
Apakah Mode Fokus memblokir panggilan masuk?

Saat Anda mengatur Mode Fokus, Anda akan dapat memutuskan apakah Anda ingin menerima panggilan. Anda juga dapat menyesuaikan siapa yang diizinkan untuk menelepon Anda dalam mode ini. Bagikan Status Fokus tidak berpengaruh pada ini.

Jangan Biarkan Notifikasi Menjadi Gangguan

Terlalu sering, rasanya ponsel dan notifikasi terus-menerus mengendalikan hidup kita. Namun, membisukan seluruh dunia tanpa memberi tahu kontak Anda bisa jadi tidak sopan. Berbagi Status Fokus Anda memungkinkan Anda memiliki kue dan memakannya juga. Jadilah orang yang memutuskan siapa yang mendapatkan akses ke waktu dan perhatian Anda dengan mengaktifkan fitur ini untuk individu tertentu dan menyesuaikan pengaturan Fokus Anda.

Apa pendapat Anda tentang fitur iOS ini? Sudahkah Anda menggunakannya sebelumnya? Bagikan pengalaman Anda di komentar!