Apa itu DLSS 3, dan Bisakah Anda Menggunakannya di Perangkat Keras yang Ada?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

NVIDIA RTX 4090 dan RTX 4080 luar biasa. Dan salah satu tambahan terbesarnya adalah DLSS 3, revisi baru dari teknologi peningkatan DLSS NVIDIA. Ini bisa menjadi kunci agar game Anda berjalan dengan lancar, tetapi apa itu, dan bagaimana perbandingannya dengan pendahulunya? Dan dapatkah Anda menggunakannya pada perangkat keras yang ada?

Apa Itu DLSS 3, dan Bagaimana Cara Membandingkannya dengan DLSS 2?

DLSS 3 adalah revisi ketiga dari teknologi peningkatan kinerja pengambilan sampel/permainan super DLSS NVIDIA. Itu diperkenalkan dengan jajaran kartu grafis Ada Lovelace NVIDIA yang diluncurkan pada tahun 2022 , dan seperti dua revisi sebelumnya, ini adalah fitur yang dapat memanfaatkan keajaiban kecerdasan buatan untuk memberi Anda dorongan dalam permainan Anda.

Up hingga sekarang, DLSS adalah tentang mengambil game Anda, merendernya pada resolusi rendah, dan kemudian, menggunakan inti Tensor di kartu grafis RTX NVIDIA, meningkatkannya ke resolusi yang lebih tinggi. Ini memungkinkan kartu grafis kelas bawah untuk menjalankan game dalam resolusi 2K atau 4K pada framerate yang layak. Meskipun iterasi awal DLSS agak kasar di sekitar tepinya, itu meningkat secara dramatis seiring waktu, dan kualitas game yang didukung DLSS, tergantung pada pengaturan Anda, cukup mirip dengan mata telanjang dibandingkan dengan rendering asli.

Dengan DLSS 3, dibandingkan dengan DLSS 2, fitur ini sekarang sedang diubah menjadi solusi peningkatan kinerja yang lebih luas yang menggunakan lebih dari satu trik pihak AI untuk meningkatkan kecepatan bingkai Anda . DLSS 3 menambahkan fitur baru yang disebut “Optical Multi Frame Generation” yang, singkatnya, dapat menghasilkan seluruh bingkai menggunakan AI.

Selain meningkatkan bingkai yang ada, DLSS 3 akan menghasilkan bingkai perantara untuk game Anda. Ini akan menganalisis dua bingkai dalam game, menghasilkan bidang aliran optik, melihat dari dekat semua elemen dalam game, dan menggunakan informasi itu, menghasilkan bingkai baru untuk diletakkan di antara keduanya. Ini memungkinkan peningkatan kinerja yang dramatis. DLSS 3 juga menggabungkan NVIDIA Reflex, solusi latensi ultra-rendah untuk membuat game Anda jauh lebih responsif.

NVIDIA mengatakan bahwa DLSS 3, yang menggabungkan Super Resolution, Frame Generation, dan NVIDIA Reflex, dapat meningkatkan kinerja Cyberpunk 2077 empat kali lipat dibandingkan untuk resolusi asli. Semua keuntungan tersebut sepenuhnya berbasis AI, dan bagian terbaiknya adalah tetap terlihat luar biasa — kecuali jika Anda melihat sangat dekat, Anda tidak akan melihat perbedaannya.

Seberapa Besar Kesepakatan DLSS 3?

Pengguna yang paling diuntungkan dari DLSS selalu menjadi pengguna kelas bawah, dan di sini, tidak berbeda.

DLSS 3 akan memungkinkan gamer anggaran (selama mereka memiliki GPU yang kompatibel, tentu saja) untuk secara dramatis meningkatkan frame rate mereka sementara juga meningkatkan resolusi mereka. Super Resolution saja sudah membuat keajaiban terjadi, dan dengan Frame Generation yang menjanjikan peningkatan frame rate hingga 4X, seharusnya jauh lebih baik — akhirnya bisa membuat game 2K/4K dapat dicapai oleh semua orang. GPU anggaran berbasis Ada Lovelace dapat memiliki kinerja yang luar biasa meskipun spesifikasinya sederhana, semua berkat DLSS 3.

Ini juga merupakan masalah besar bahkan jika Anda mendapatkan GPU yang membunyikan klakson dan mengerikan. Beberapa game, seperti Microsoft Flight Simulator, sangat membutuhkan CPU, dan bahkan jika Anda memiliki CPU kelas atas, mereka masih bisa mengalami hambatan. Karena Frame Generation berjalan sebagai pasca-proses pada GPU, DLSS 3 dapat secara dramatis meningkatkan framerate bahkan jika Anda memiliki kendala CPU.

Dapatkah Kartu Grafis Lama Menggunakan DLSS 3?

Singkatnya, tidak, NVIDIA yang lebih lama perangkat keras grafis tidak dapat menggunakan DLSS 3 — setidaknya tidak sepenuhnya.

Sayangnya, peningkatan terbesar DLSS 3, Frame Generation, eksklusif untuk kartu grafis seri RTX 4000. Ini karena ini adalah fitur yang bergantung pada inti Tensor generasi keempat baru yang disertakan dalam kartu grafis Ada Lovelace NVIDIA. Jika Anda ingin menggunakan DLSS 3 sepenuhnya, Anda harus meningkatkan GPU.

Bagian baiknya, bagaimanapun, adalah DLSS klasik tidak akan hilang, dan kemungkinan akan terus ditingkatkan. GPU RTX 2000-series dan 3000-series masih memiliki dukungan penuh untuk DLSS 2, termasuk teknologi upscaling Super Resolution-nya. GPU RTX 4000 Series

DLSS 3 kompatibel dengan DLSS 2, jadi jika Anda memiliki Kartu grafis seri RTX 4000, Anda masih dapat meningkatkan game meskipun tidak secara eksplisit mendukung DLSS 3. Demikian juga, jika game baru keluar dengan dukungan DLSS 3, Anda masih dapat meningkatkan bahkan jika Anda tidak memiliki GPU 4000-series — itu hanya akan menggunakan Resolusi Super saja daripada Frame Generation.

DLSS 3 menjanjikan perubahan revolusioner, dan itu bisa menjadi kunci untuk membuat game resolusi tinggi dapat dicapai untuk semua orang.

Itulah berita seputar Apa itu DLSS 3, dan Bisakah Anda Menggunakannya di Perangkat Keras yang Ada?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.