Apa itu Google “Saya Merasa Beruntung/I’m Feeling Lucky”

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tombol I`m Feeling Lucky Google membawa Anda langsung ke situs web pertama dalam hasil pencarian Google, melewati halaman hasil dan semua yang ada di dalamnya. Anda masih dapat menggunakan Saya Lagi Beruntung di beranda Google versi desktop, dan ini menyembunyikan telur paskah yang menyenangkan. Tombol “Saya Lagi Beruntung” telah menjadi perlengkapan di beranda Google sejak hari pertama. Tetapi banyak orang tidak tahu apa artinya atau apa fungsinya. Jadi apa fungsi dari tombol “Saya Lagi Beruntung”?

Apa Fungsi Tombol “Saya Lagi Beruntung”?

Premis dari tombol “Saya Lagi Beruntung” itu sederhana. Anda mengetik permintaan pencarian dan mengklik tombol, dan Google membawa Anda langsung ke halaman web pertama di antara hasil pencariannya. Anda melewati halaman hasil pencarian dengan iklannya dan fitur Google lainnya. Dalam skenario kasus terbaik, hanya dengan satu klik, Anda berada tepat di tempat yang Anda inginkan. Ini menghemat waktu Anda dan bisa nyaman ketika Anda yakin Anda akan mendarat di halaman web yang tepat.

“Saya Merasa Beruntung”Tetapi meskipun Google telah menjadi sangat hebat dalam membantu orang menemukan apa yang mereka cari , ada pertaruhan yang melekat dalam menekan tombol “Saya Lagi Beruntung” dan berharap untuk mendarat di halaman web yang tepat. Ini adalah kesempatan yang Anda ambil saat mengklik tombol yang memberinya nama: Saya merasa beruntung.

Juga dikabarkan bahwa tombol tersebut mendapatkan namanya dari dialog Clint Eastwood yang terkenal di film Dirty Harry — “Apakah Anda merasa beruntung, punk ? Nah, kan?” Tapi itu hanya rumor, dan tidak ada bukti yang mendukungnya.

Di Mana Anda Dapat Menemukan Tombol “Saya Lagi Beruntung”?

Mulai tahun 2022, tombol “Saya Lagi Beruntung” hanya tersedia di versi desktop situs Google. Itu hadir tepat di bawah kotak pencarian. Namun saat Anda mulai mengetik kueri, kueri akan bergerak di bawah saran pelengkapan otomatis penelusuran untuk akses mudah.

Anda tidak akan menemukannya di situs web seluler atau aplikasi Google. Tetapi jika Anda ingin menggunakannya di ponsel, Anda dapat meminta situs web versi desktop di browser favorit Anda saat membuka situs web Google. Demikian pula, Anda dapat mengaktifkan fungsi tombol “Saya Lagi Beruntung” di Chrome Omnibox dengan menggunakan ekstensi “Saya Lagi Beruntung”.

Berapa Banyak Orang yang Menggunakan “Saya Lagi Beruntung”? real estate di beranda Google, sepertinya tidak banyak digunakan. Dalam sebuah wawancara dengan Pasar Radio Publik Minnesota pada tahun 2007, eksekutif Google saat itu Marissa Mayer mengatakan kurang dari satu persen permintaan pencarian Google melalui rute “Saya Merasa Beruntung”. Berbicara dengan publikasi yang sama, bahkan salah satu pendiri Google, Sergey Brin, mengaku jarang menggunakannya. Lalu lintas pencarian melalui tombol tersebut kemungkinan besar telah turun secara drastis karena sebagian besar pencarian Google sekarang terjadi melalui seluler (padahal tidak demikian pada tahun 2007) dan secara default, tidak ada tombol “Saya Lagi Beruntung” di perangkat seluler.

Meskipun keterlibatannya rendah, tombol “Saya Lagi Beruntung” harus menelan biaya jutaan dolar bagi raksasa penelusuran karena siapa pun yang menggunakannya melompat melewati iklan, yang merupakan roti dan mentega Google. Jadi mengapa Google menyimpannya?

Mengapa Google Masih Memiliki Tombol “Saya Lagi Beruntung”?

Saat berbicara dengan Marketplace, Mayer mengklaim bahwa salah satu pendiri Google tidak ingin pencarian menjadi “terlalu kering, terlalu korporat, [dan] terlalu banyak tentang menghasilkan uang.” Jadi sebagai gantinya, tombol tersebut mengingatkan orang-orang bahwa Googler memiliki kepribadian dan merupakan orang yang nyata. Jadi perusahaan mungkin telah mendesain ulang halaman pencarian Google beberapa kali sejak didirikan pada tahun 1998, tetapi tombol “Saya Lagi Beruntung” terus mendapat tempat. produk dan layanan, termasuk Google Penelusuran. Dan salah satu telur paskah ini disembunyikan tepat di tombol “Saya Lagi Beruntung”.

Jika Anda mengarahkan penunjuk tetikus ke tombol “Saya Lagi Beruntung”, teks akan bergulir ke acak frase, seperti Saya Merasa Lapar, Saya Sedang Trendi, atau Saya Sedang Murah Hati. Anda dapat menemukan sembilan kombinasi “Saya merasa” dengan berulang kali mengarahkan penunjuk tetikus. Selain itu, jika Anda mengeklik tombol tanpa kueri di kotak telusur, Anda akan membuka salah satu produk Google lainnya yang terkait dengan perasaan yang diungkapkan dalam tombol “Saya Lagi Beruntung”.

Misalnya, “Saya’ m Feeling Hungry” menavigasi ke hasil pencarian Google untuk “es krim di dekat saya.” Demikian pula, “Saya Merasa Trendi” membawa Anda ke beranda Google Trends.

Tercatat, easter egg ini hanya tersedia di beranda Google di Amerika Serikat.

Gravitasi Google Saya Merasa Beruntung Easter Egg

“Saya Merasa… ” switch easter egg bukan satu-satunya fitur tersembunyi yang terkait dengan tombol Saya merasa beruntung. Misalnya, jika Anda mengetik kueri “google gravity” di kotak telusur Google dan menekan tombol “Saya Lagi Beruntung”, desain beranda penelusuran akan kembali ke versi lama, dan semuanya akan jatuh ke bagian bawah laman web sebagai jika gravitasi diterapkan ke halaman. Anda dapat bermain-main dengan elemen halaman atau kembali ke beranda Google.

Dalam easter egg serupa lainnya, Anda dapat mengetik “google 1998” dan menekan tombol “Saya Lagi Beruntung” untuk mendapatkan desain beranda Google asli.

Kapan “Saya Merasa Beruntung” Menjadi Hampir Tidak Berguna

Menariknya, Google merender tombol “Saya Lagi Beruntung” pada tahun 2010 ketika memperkenalkan Google Instan. Saya Lagi Beruntung masih ada di beranda mesin telusur, tetapi Anda harus menonaktifkan Google Instan untuk menggunakannya. Jika tidak, segera setelah Anda mulai mengetik permintaan pencarian, Google langsung melompat ke hasil pencarian, dan Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengklik tombol tersebut.

Tetapi untuk menambahkan beberapa nilai pada tombol tersebut, perusahaan menambahkan frase acak easter egg pada tahun 2012 . Dan terakhir, Google Instan dihentikan pada tahun 2017, dan tombol “Saya Lagi Beruntung” kembali ke kejayaan aslinya.

Kunjungi beranda Google dalam tampilan desktop sekarang untuk mencobanya dan menemukan semua telur paskah.

Disadur dari HowToGeek.com.