Apa Itu Hotspot Seluler?

Rawpixel.com/Shutterstock.com

Hotspot seluler menawarkan cara yang nyaman untuk berbagi akses internet dengan beberapa perangkat. Tetapi bagaimana cara kerjanya, dan apakah Anda perlu membayarnya? Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang hotspot seluler.

Sambungan Internet Portabel Anda

Hospot seluler, juga dikenal sebagai hotspot portabel atau hotspot pribadi, adalah titik akses nirkabel yang biasanya dibuat oleh perangkat keras atau perangkat lunak khusus pada ponsel cerdas Anda. Meskipun koneksi jaringan rumah Anda berasal dari ISP Anda, hotspot berbagi akses internet dengan perangkat terdekat menggunakan koneksi data selulernya sendiri.

Hotspot seluler umumnya menggunakan koneksi 3G, 4G, atau 5G dan mengubahnya menjadi sinyal Wi-Fi untuk perangkat lain. Mereka bermanfaat saat Anda bepergian atau menghabiskan waktu di luar ruangan dan tidak memiliki akses ke Wi-Fi biasa. Ini juga berguna untuk berbagi akses internet di antara teman dan anggota keluarga jika mereka tidak memiliki koneksi data sendiri.

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Hotspot Seluler?
Ben Stockton

Ada dua cara Anda dapat mengatur hotspot seluler. Anda dapat menggunakan fitur hotspot pribadi di ponsel cerdas Anda atau membeli perangkat hotspot seluler khusus.

Fitur hotspot pribadi bawaan ponsel cerdas Anda biasanya merupakan cara termudah untuk mengaktifkan dan menjalankan hotspot seluler. Semua ponsel cerdas modern hadir dengan fitur hotspot pribadi kecuali Anda menggunakan ponsel cerdas yang dikunci oleh operator dan operator Anda telah menonaktifkannya.

Advertisement

Anda dapat memeriksa apakah fitur tersebut tersedia di iPhone Anda dengan menavigasi ke Pengaturan. Opsi Hotspot Pribadi tercantum di bawah opsi Data Seluler. Di Android, Anda akan menemukan opsi hotspot Wi-Fi di bawah “Hotspot & tethering” di pengaturan “Jaringan & Internet”. digunakan untuk berbagi sambungan data telepon dengan perangkat lain. Proses berbagi koneksi data ini juga disebut tethering.

Selain dari ponsel cerdas Anda, Anda juga dapat menggunakan perangkat hotspot seluler, terkadang disebut sebagai perangkat MiFi (kependekan dari My Wi-Fi), untuk mengatur titik akses nirkabel. Perangkat hotspot ini berukuran kecil, bertenaga baterai, dan menggunakan kartu SIM untuk menyambung ke jaringan seluler.

Baik operator maupun produsen perangkat menjual perangkat MiFi. Namun, versi operator biasanya dikunci dan dibundel dengan kartu SIM dan paket, sedangkan Anda bisa mendapatkan versi bebas SIM dan tidak terkunci dari produsen perangkat.

Cara Mengaktifkan Hotspot Portabel di Ponsel Cerdas Anda

Cukup mudah untuk mengaktifkan fitur hotspot seluler di ponsel cerdas Anda. Jika Anda memiliki iPhone dan ingin menggunakannya sebagai hotspot untuk perangkat Apple lain dengan akun iCloud yang sama, Anda tidak perlu melakukan apa pun di ponsel Anda. Cukup cari iPhone Anda di bawah Hotspot Pribadi di jaringan nirkabel di perangkat Apple Anda yang lain dan sambungkan ke sana. Namun, jika Anda ingin menawarkan akses ke perangkat non-Apple atau perangkat Apple dengan akun iCloud yang berbeda, buka Pengaturan > Hotspot Pribadi dan aktifkan “Izinkan Orang Lain untuk Bergabung.”

Advertisement

Di Android, lokasi opsi hotspot seluler dapat bervariasi model yang berbeda. Namun, Anda biasanya akan menemukannya dengan menuju ke Pengaturan> Jaringan & internet> Hotspot & tethering> Hotspot Wi-Fi.

Setelah Anda mengaktifkan hotspot seluler, Anda dapat mengubah kata sandi Wi-Fi. Itu selalu baik untuk memiliki kata sandi yang kuat untuk menjaga hotspot Anda aman.

[/ terkait]

Apakah Anda Perlu Membayar Untuk Menggunakan Hotspot Seluler?

Meskipun paket layanan seluler untuk ponsel cerdas biasanya menyertakan akses hotspot seluler, beberapa operator mungkin mengenakan biaya tambahan atau memerlukan rencana tambahan untuk hotspot pribadi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memeriksa dengan operator Anda jika paket ponsel Anda memungkinkan akses hotspot seluler. Beberapa paket seluler bahkan memiliki kuota data terpisah untuk hotspot seluler.

Di sisi lain, Anda harus membayar perangkat dan paket datanya jika Anda menggunakan rute perangkat MiFi. Bergantung pada set fitur, harga perangkat MiFi dapat berkisar dari $20-30 hingga beberapa ratus dolar atau bahkan lebih. Selain itu, Anda bahkan mungkin harus mendapatkan saluran baru untuk perangkat MiFi Anda.

Keterbatasan Hotspot Seluler

Meskipun hotspot seluler sangat berguna, mereka memiliki batasan tertentu. Misalnya, hotspot seluler memiliki jangkauan sekitar 30-60 kaki. Jika Anda berada di luar jangkauan perangkat, Anda tidak akan dapat terhubung ke jaringan nirkabel dan menggunakan internet.

Saat hotspot seluler memanfaatkan koneksi data seluler untuk menawarkan internet nirkabel, Anda hanya dapat menggunakannya di tempat layanan seluler tersedia. Oleh karena itu, hotspot seluler tidak akan ada gunanya jika Anda berada di lokasi terpencil tanpa sinyal seluler.

TERKAITCara Menemukan Hotspot Wi-Fi Gratis Saat Bepergian

Kualitas jangkauan seluler dan kemacetan jaringan juga dapat memengaruhi kecepatan data yang ditawarkan oleh hotspot seluler. Jadi, jika Anda berada di area layanan seluler terbatas, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan kecepatan internet yang buruk, dan jika Anda membagikannya di antara banyak orang, semuanya hanya akan memperburuk.

Advertisement

Selain itu, menjalankan hotspot seluler adalah tugas yang menghabiskan banyak baterai. Jika Anda menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai hotspot, Anda dapat mengharapkan penurunan besar dalam cadangan baterainya. Dan karena Anda memerlukan telepon Anda untuk panggilan suara dan hal-hal lain, Anda harus menghubungkan adaptor dinding atau berisiko menghabiskannya sepenuhnya. Perangkat Mi-Fi relatif lebih baik dalam hal cadangan baterai. Mereka dapat bertahan lebih lama dan tidak memakan baterai ponsel Anda.

Hotspot Seluler vs. Hotspot Wi-Fi

Sementara hotspot seluler juga merupakan jenis hotspot Wi-Fi, kami biasanya merujuk ke titik akses nirkabel publik ketika kita berbicara tentang Wi-Fi hotspot. Ini dibuat oleh router nirkabel dan ditemukan di tempat-tempat seperti kedai kopi, pusat perbelanjaan, hotel, bandara, dan stasiun kereta api. Hotspot Wi-Fi publik sering kali gratis, dan Anda hanya memerlukan perangkat dengan konektivitas nirkabel untuk menggunakannya.

TERKAITApa Itu Hotspot Wi-Fi (dan Apakah Aman Digunakan)?

Satu perbedaan signifikan antara hotspot seluler dan hotspot Wi-Fi adalah keamanan. Karena hotspot seluler biasanya bersifat pribadi, dibuat oleh Anda atau seseorang yang Anda kenal, dan hanya dapat diakses oleh orang yang Anda kenal, itu relatif aman. Di sisi lain, hotspot Wi-Fi bersifat publik dan dapat diakses oleh semua orang. Ini dapat memungkinkan orang jahat untuk menguping lalu lintas internet Anda dan berpotensi mencuri kredensial masuk dan informasi pribadi lainnya. Meskipun demikian, Anda dapat melindungi diri sendiri saat menggunakan hotspot Wi-Fi dengan menggunakan VPN yang bagus.

Yang Harus Diperhatikan di Perangkat MiFi
Netgear

Sementara tethering Wi-Fi di ponsel cerdas Anda adalah cara cepat dan mudah untuk menyiapkan hotspot seluler, beberapa orang mungkin lebih suka perangkat hotspot seluler khusus. Jadi, ketika Anda mengambil hotspot seluler, ada baiknya untuk mempertimbangkan di mana Anda akan menggunakannya atau apa yang Anda harapkan darinya.

Perangkat MiFi dengan dukungan 5G paling masuk akal jika Anda menginginkan internet yang lebih cepat. Anda juga akan menginginkan dukungan untuk Wi-Fi dual-band karena pita 5GHz memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada pita 2,4Ghz. Nighhawk M5 dari Netgear adalah perangkat hotspot seluler yang sangat baik dengan dukungan untuk 5G dan Wi-Fi dual-band.

TERKAITCara Mendapatkan Wi-Fi di Road

Meskipun operator menghentikan 3G di Amerika Serikat, jaringan 3G masih tersebar luas di banyak negara berkembang. Jadi, jika Anda bepergian ke negara di mana jaringan 3G umum digunakan, pastikan perangkat hotspot seluler Anda mendukungnya.

Advertisement

Orang yang cenderung menjauh dari titik colokan akan menginginkan perangkat hotspot seluler dengan masa pakai baterai yang lebih lama. Beberapa perangkat MiFi juga mendukung teknologi pengisian cepat seperti Pengisian Cepat, yang dapat berguna.

Selain itu, perangkat MiFi dengan panel sentuh memungkinkan akses yang lebih mudah ke pengaturan perangkat, dan layar dapat menampilkan detail koneksi Anda.

Ada juga kasing yang harus dibuat untuk perangkat MiFi bebas SIM, terutama jika Anda bepergian ke luar negeri. Daripada berurusan dengan biaya data yang mahal saat roaming, Anda cukup beralih ke SIM lokal dengan tarif data yang lebih murah. Sayangnya, ini tidak mungkin dilakukan pada perangkat MiFi yang dikunci oleh operator. Namun, beberapa operator mungkin mengizinkan pembukaan kunci perangkat setelah 60 hari pembelian. Netgear Unite Explore adalah contoh yang bagus dari perangkat MiFi bebas SIM yang dapat menghubungkan hingga 15 perangkat. Perangkat MiFi bebas

SIM
Netgear Unite Explore AC815S
Netgear Unite Explore AC815S sangat cocok untuk pelancong internasional yang sering bepergian. Ini tidak terkunci dan mendukung jaringan GSM.

Amazon$190,19 

Itulah berita seputar Apa Itu Hotspot Seluler?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.