Apa Itu HTTP?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda memiliki mata yang sangat tajam saat melihat alamat web di bilah atas browser, Anda mungkin akan memperhatikan bagian pertama dari alamat situs web, huruf “HTTP” atau “HTTPS.” Apa itu HTTP, dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita lihat perekat yang menyatukan web.

HTTP: Versi Singkat

HTTP adalah akronim dan singkatan dari protokol transfer hypertext. Mari kita uraikan sedikit, dimulai dengan bagian “protokol”. Dalam teknologi, protokol adalah seperangkat aturan yang harus dipatuhi mesin untuk “berbicara” satu sama lain. Misalnya, protokol VPN menentukan bagaimana VPN berinteraksi dengan server. HTTP jauh lebih spesifik dari itu, dan sebaliknya menetapkan aturan tentang cara kerja internet.

Ini tidak berlebihan. Tanpa HTTP, tidak akan ada komunikasi melalui world wide web. Ini karena HTTP mengatur komunikasi antara server web dan klien web—bagian “transfer”. Server web adalah tempat Anda terhubung sehingga Anda dapat melihat situs; misalnya, Anda saat ini berhubungan dengan server web How-to Geek sehingga Anda dapat membaca artikel ini.

Untuk mengakses server web, Anda memerlukan klien web. Sebagian besar waktu, klien ini adalah browser Anda, tetapi dapat berupa aplikasi apa pun, sungguh. Misalnya, jika Anda mengklik artikel ini dari aplikasi seluler Facebook, maka browser dalam aplikasi Facebook adalah klien web Anda. Interaksi klien-server adalah inti dari keseluruhan internet, dan HTTP merupakan bagian integral dari itu.

Bagian terakhir dari akronim HTTP adalah bagian “hiperteks”, yang merupakan jenis file yang ditransmisikan, hampir selalu melalui HTML file. Jenis file ini adalah blok bangunan web karena tidak hanya menampilkan bahasa, tetapi juga dapat saling terkait. Ini berbeda dengan jenis file yang Anda miliki di perangkat Anda, yang biasanya tidak dapat melakukannya.

Cara Kerja HTTP Singkatnya

HTTP adalah protokol yang berjalan pada lapisan aplikasi yang disebut internet, di atas lapisan internet, di mana mur dan baut sebenarnya dari web seperti alamat IP. Lapisan aplikasi adalah tempat Anda akan menemukan browser dan aplikasi yang Anda gunakan setiap hari, dan HTTP adalah bagian dari itu.

Cara kerjanya adalah browser Anda, klien, akan mengirimkan permintaan HTTP melalui jaringan, yang diproses oleh server situs yang ingin Anda akses. Situs kemudian mengirimkan kembali respons HTTP, yaitu—jika semuanya berjalan lancar—halaman yang ingin Anda lihat. Browser kemudian menampilkan response.

Menghancurkan Permintaan HTTP

Tentu saja, ada lebih dari itu. Permintaan HTTP sebenarnya terdiri dari beberapa bagian, yang masing-masing memainkan peran penting dalam cara situs ditampilkan. Di antara bagian terpenting dari setiap permintaan adalah metode HTTP, header permintaan, dan badan permintaan.

Metode ini biasanya merupakan tindakan yang diminta untuk dilakukan HTTP, jadi mengambil informasi atau memasoknya (“GET” dan “POST” perintah, masing-masing, meskipun ada banyak yang lain). Header permintaan HTML sedikit lebih sulit untuk dijelaskan, tetapi anggap itu sebagai amplop: masing-masing berisi alamat tujuan, alamat pengirim, ditambah sejumlah informasi lainnya, seperti jenis kotak pos (browser) dan juga informasi tentang enkripsi.

Body HTML “mengisi” amplop dengan informasi seperti informasi login, atau hal lain yang perlu diketahui server untuk menampilkan halaman; terkadang kosong dan amplop, header permintaan, sudah cukup.

HTTP Responses

Dengan permintaan yang diterima, server web sekarang mulai bekerja pada responsnya, yang juga terdiri dari tiga bagian: kode status HTTP, header respons, dan tubuh respon. Header dan body sangat mirip dengan rekan-rekan mereka dalam permintaan, kecuali bahwa body akan berisi lebih banyak informasi kembali, seperti file yang membawa informasi untuk menampilkan halaman web.

Kode status adalah sentuhan yang menarik, karena kita mungkin memiliki semua menemui mereka tanpa menyadari siapa mereka. Itu tiga digit yang bisa dimulai dengan angka 1 sampai 5. Setiap seri mewakili sesuatu. Jadi setiap kode tiga digit yang dimulai dengan 2 berarti berhasil (halaman ditampilkan tanpa masalah), sedangkan kode yang dimulai dengan 4 berarti kesalahan, seperti kode 404: halaman tidak ditemukan yang terkenal.

Sistem panggilan dan respons ini adalah dasar untuk semua yang kita lakukan di internet. Meskipun menjadi lebih rumit daripada yang kami jelaskan di atas, ini mencakup dasar-dasarnya. Tentu saja, ada masalah tentang bagaimana semua komunikasi ini tetap aman.

HTTP Security

Di sinilah kita mengalami masalah dengan HTTP: tidak ada informasi yang dienkripsi atau dilindungi dengan cara apa pun. Ini murni permintaan-dan-terima, tidak ada langkah di mana keamanan ditambahkan. Siapa saja yang dapat mencegat pesan dapat melihat apa yang dikirim, yang mencakup hal-hal seperti nomor kartu kredit atau informasi akun.

Di satu sisi, ini seperti ketika Anda berbicara dengan tetangga melalui pagar yang memisahkan properti Anda: Anda masing-masing di zona Anda sendiri, tetapi jika ada yang berdiri cukup dekat, mereka dapat mendengar setiap kata yang Anda ucapkan.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini adalah berita yang sangat buruk bagi sebagian besar pengguna internet, dan sangat bagus berita untuk orang-orang yang memangsa mereka. Untuk memperbaikinya, jenis HTTP baru diluncurkan, yang disebut HTTPS, di mana “S” terakhir berarti “aman.” Jenis HTTP ini mengenkripsi informasi, sehingga lebih sulit bagi siapa pun untuk mendengarkan. layak disebut telah pindah ke HTTPS. Ada beberapa yang—karena alasan yang bervariasi tergantung pada pemilik situs—menolak perubahan ini. Anda mungkin ingin menghindarinya, atau setidaknya menggunakan VPN untuk melindungi informasi sensitif. HTTP telah memberi daya pada internet sejak dimulai, dan kami ragu itu akan berubah dalam waktu dekat.

Itulah berita seputar Apa Itu HTTP?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.