Apa Itu Kabel Ethernet?

Jika Anda pernah berbelanja untuk jaringan rumah, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang kabel Ethernet. Tapi untuk apa, mengapa Anda ingin menggunakannya, dan apa perbedaannya?

Kabel Ethernet adalah kabel yang Anda sambungkan antara komputer, TV, konsol game, atau perangkat lain dan router, modem, atau sakelar jaringan. Ini memberi perangkat Anda akses ke jaringan lokal atau internet. Meskipun Wi-Fi telah menjadi cara yang sangat umum untuk menghubungkan ke internet, kabel Ethernet dapat menyediakan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil daripada yang dapat dilakukan nirkabel saat ini.

Kabel Ethernet biasanya menggunakan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dan dapat sepanjang 300 kaki. Selain itu, tidak ada port upstream atau downstream dalam kabel Ethernet, sehingga Anda dapat mencolokkan ujung mana pun yang Anda inginkan ke router atau komputer Anda.

Seperti disebutkan, kabel Ethernet terutama digunakan untuk mengakses jaringan lokal atau internet. Tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat koneksi langsung antara dua perangkat.

Seberapa Lebih Baik Ethernet Dibandingkan Wi-Fi?

Kecepatan koneksi kabel tergantung pada beberapa hal, seperti kecepatan router, kategori kabel Ethernet (lebih lanjut tentang itu nanti), dan kemampuan perangkat Anda. Meskipun demikian, sebagian besar koneksi Ethernet modern mampu memberikan kecepatan 1Gbps atau lebih tinggi secara rutin, lebih cepat daripada koneksi Wi-Fi umum, bahkan Wi-Fi 6.

Selain itu, sejak Ethernet kabel menyediakan koneksi kabel langsung, Anda mendapatkan pengalaman yang lebih andal dan konsisten daripada Wi-Fi. Anda juga tidak perlu khawatir tentang jarak dari router nirkabel atau hambatan di antaranya.

Selain kecepatan dan keandalan, kabel Ethernet juga dapat mengurangi latensi koneksi Anda, yang sangat penting, terutama jika Anda bermain game online.

Terakhir, Kabel Ethernet juga bisa lebih baik untuk keamanan dan kontrol jaringan daripada Wi-Fi. Karena perangkat terhubung menggunakan kabel, sulit bagi orang luar untuk mengakses jaringan Anda atau datanya tanpa akses fisik.

Kategori Kabel Ethernet

Sama seperti teknologi lainnya, tidak semua kabel Ethernet dibuat sama. Sebaliknya, ada kategori yang berbeda, masing-masing dengan tingkat kemampuan dan fitur yang berbeda, tetapi terutama kecepatan.

Saat mencari kabel Ethernet, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa mereka diberi label Cat-5, Cat-5e, atau Cat-6. “Kucing” di sini adalah kependekan dari Kategori, dan nomor tersebut mewakili spesifikasi yang didukung olehnya. Meskipun ada kategori kabel dari 1 hingga 4, mereka sudah usang atau secara teknis tidak diakui sebagai bagian dari standar Ethernet. Itu berarti Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun di bawah Cat-5. Bahkan Cat-5 sendiri sudah cukup tua dan tidak direkomendasikan untuk instalasi baru, tetapi Anda mungkin masih menemukannya dalam sirkulasi atau instalasi yang sudah ada.

Kabel Kategori-5 (Cat-5) dapat mendukung kecepatan transfer data hingga 100Mbps dan memiliki bandwidth 100MHz, tetapi mereka tidak dilengkapi dengan pelindung apa pun. Pelindung membantu melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik dari sumber luar.

Kabel Kategori-5e (Cat-5e) adalah versi perbaikan dari Cat-5. Ini bukan kategori yang ditetapkan secara resmi, tetapi kabel Cat-5e dapat mendukung kecepatan hingga 1Gbps, bandwidth 100MHz, dan dibuat dengan ketahanan yang lebih baik terhadap cross-talk. Cat-5e adalah kabel Ethernet paling umum yang saat ini akan Anda temukan di pasar konsumen.

Dibandingkan dengan Cat-5e, kabel Kategori-6 adalah kemajuan besar. Meskipun kecepatannya hanya 1Gbps untuk jarak yang lebih jauh, Anda bisa mendapatkan hingga 10Gbps pada jarak yang lebih pendek hingga 37 meter (121 kaki). Hal ini dimungkinkan karena pelindung yang lebih baik dan bandwidth 250MHz yang lebih tinggi.

Koneksi yang Cepat dan Andal
Cat-6 Kabel Ethernet 50 ft.
Kabel Cat-6 ini memiliki hampir 100.000 ulasan Amazon dan dilengkapi dengan panjang yang cukup untuk menjangkau sudut terjauh rumah Anda.

Amazon $12,99

Category-6a adalah versi yang lebih canggih dari spesifikasi Cat-6. Mendukung dua kali lipat bandwidth Cat-6 pada 500MHz dan kecepatan hingga 10Gbps hingga 100 meter.

Category-7 adalah outlier. Itu disahkan sebagai standar sebelum Cat-6a, tetapi masih belum banyak diadopsi meskipun mendukung kecepatan 10Gbps hingga 100 meter dan bandwidth 600MHz. Bagian dari alasan mengapa Cat-7 tidak begitu populer adalah sifatnya yang eksklusif. Ini dikembangkan oleh sekelompok perusahaan dan bukan merupakan standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Itu juga tidak disetujui oleh Asosiasi Industri Telekomunikasi (TIA). Selain itu, kabel Cat-7 menggunakan konektor berpemilik.

Kategori-7a merupakan kemajuan dari Cat-7 dan mendukung kecepatan 40Gbps hingga 50 meter, dan kecepatan 100Gbps hingga 15 meter. Sayangnya, meskipun cukup mampu, ia mengalami nasib yang sama seperti Cat-7 karena memiliki masalah yang sama, menjadi standar kepemilikan. Di antara standar yang disetujui TIA dan IEEE, kabel Kategori-8 datang setelah Cat-6a. Kabel Cat-8 mendukung bandwidth hingga 2000MHz dan memiliki kecepatan 25Gbps atau 40Gbps hingga 30 meter. Ini jelas merupakan peningkatan, tetapi kabel Cat-8 biasanya akan lebih mahal daripada kategori yang lebih rendah.

Saat Anda mempertimbangkan pilihan Anda, ingatlah bahwa, dengan alat yang tepat, Anda dapat memotong kabel Ethernet Anda sendiri sehingga Anda selalu memiliki panjang yang tepat untuk apa yang Anda butuhkan.

Itulah berita seputar Apa Itu Kabel Ethernet?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.