Apa itu Keyboard Tenkeyless (TKL)?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Saat membeli keyboard, salah satu faktor penentunya adalah ukuran. Meskipun banyak dari trilyun opsi di pasar adalah keyboard ukuran penuh, keyboard tanpa kunci telah mendapatkan banyak popularitas. Jadi mengapa demikian, dan haruskah Anda membelinya?

Minus Number Pad

Tenkeyless atau keyboard TKL hanyalah keyboard ukuran penuh tanpa tombol angka, yang biasanya terdapat di sisi kanan keyboard. Karena nomor pad sering disebut sebagai sepuluh kunci, penghilangan tombol nomor memberi mereka nama: Tenkeyless. Namun, itu tidak berarti keyboard TKL hanya memiliki sepuluh tombol lebih sedikit daripada keyboard berukuran penuh.

Meskipun jumlah tombol yang tepat dapat bervariasi antara model yang berbeda, sebagian besar keyboard TKL memiliki sekitar 87-88 tombol , yang mendekati 80% dari keyboard ukuran penuh. Oleh karena itu, keyboard TKL terkadang juga disebut 80% keyboards.

Menghapus tombol angka membuat keyboard TKL secara signifikan lebih ringkas dan portabel daripada keyboard ukuran penuh tanpa mengorbankan tombol yang biasa digunakan. Selain itu, karena keyboard TKL pada dasarnya mempertahankan tata letak yang sama dengan keyboard ukuran penuh, minus tombol angka, tidak ada kurva belajar untuk membiasakan diri dengannya.

Mengapa Anda Ingin Memilikinya?

Salah satu alasan paling umum orang lebih memilih keyboard TKL lebih dari satu ukuran penuh adalah penghematan ruang. Jika Anda tidak memiliki banyak ruang di meja Anda atau Anda ingin memberi mouse Anda lebih banyak ruang untuk bermanuver, terutama saat bermain game, keyboard tanpa kunci adalah pilihan yang baik.

Beyond itu, Anda mungkin tidak sering menggunakan tombol angka. Kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan berurusan dengan angka setiap hari, seperti akuntansi atau entri data, Anda terutama akan menggunakan baris angka di atas tombol alfabet. Selain itu, Anda selalu dapat membeli papan angka mandiri saat Anda membutuhkannya.

Faktor bentuk yang ringkas juga membantu saat melakukan tugas berulang yang mengharuskan Anda sering berpindah dari keyboard ke mouse. Karena keyboard TKL lebih kecil, mouse lebih dekat ke tangan kanan Anda, yang membuat seluruh pengaturan lebih ergonomis (untuk orang yang tidak kidal), sehingga mengurangi kelelahan fisik.

Terakhir, seperti yang disebutkan sebelumnya, ukuran keyboard TKL yang kecil membuat mereka relatif portabel dibandingkan dengan opsi ukuran penuh. Jadi, apakah Anda pergi ke pesta LAN atau hanya membawa keyboard favorit Anda ke suatu tempat, keyboard ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam ransel Anda.

Apakah Ada Kekurangannya?

Tidak ada’ t kelemahan signifikan dari ukuran TKL, tetapi ada beberapa hal yang mungkin terlewatkan oleh sebagian orang karena tidak ada dalam faktor bentuk ini. Yang paling jelas adalah nomor pad. Jika Anda sering menggunakan papan angka, maka ukuran keyboard ini bukan untuk Anda.

Selain itu, ukuran keseluruhan keyboard TKL yang kecil juga berarti terkadang tidak memiliki kontrol media khusus, yang sering Anda temukan di keyboard ukuran penuh.

Plus , jika Anda menggunakan papan angka untuk memprogram makro untuk bermain game, maka keyboard TKL mungkin tidak cocok untuk Anda. Selain itu, beberapa game, seperti Grand Theft Auto V dan Arma 3, menggunakan tombol angka untuk meningkatkan pengalaman pemain.

 

Siapa yang Menjual Tenkeyless Keyboards?

Semua produsen keyboard populer menawarkan keyboard TKL, termasuk Logitech , SteelSeries, Corsair, dan Razer. Anda juga akan menemukan keyboard TKL mekanis dan membran, yang menampilkan berbagai jenis sakelar dan keycaps.

Banyak keyboard TKL menargetkan gamer dan menampilkan pencahayaan RGB. Misalnya, HyperX Alloy Origins Core adalah keyboard TKL yang sangat baik, yang ditampilkan dalam rekomendasi kami untuk keyboard gaming terbaik. Ini memiliki kualitas build yang hebat dan menggunakan sakelar mekanis HyperX sendiri.

 

Secara keseluruhan, keyboard tenkeyless memberikan keseimbangan luar biasa antara ukuran dan fungsionalitas. Jadi jika Anda dapat mengorbankan papan angka, keyboard TKL sangat masuk akal. Mereka kompak, memiliki semua tombol yang umum digunakan, dan memfasilitasi transisi yang lebih cepat antara keyboard dan mouse. Selain itu, tidak ada kerugian yang signifikan untuk memilih keyboard TKL selama Anda tidak sering bergantung pada nomor pad.

Itulah berita seputar Apa itu Keyboard Tenkeyless (TKL)?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.