Apa itu KVM Switch?

Jika Anda menjalankan beberapa komputer, rangkaian mouse, keyboard, dan monitor Anda dapat dengan cepat lepas kendali. Sakelar KVM dapat mengurangi jumlah periferal Anda seminimal mungkin menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak yang relatif sederhana. Mari kita lihat cara kerjanya.

Apa Itu KVM Switch, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam istilah sederhana, switch KVM memungkinkan Anda untuk beralih di antara sumber komputer yang berbeda (atau casing komputer) sambil tetap menggunakan keyboard, monitor, dan tikus; sebenarnya, itulah singkatan dari KVM: Keyboard, Video, Mouse. Itu berarti jika Anda memiliki beberapa PC yang perlu digunakan, Anda tidak perlu membeli monitor, keyboard, dan mouse terpisah untuk setiap PC. Sebagai gantinya, Anda cukup membeli satu dari masing-masing dan menggunakan sakelar untuk beralih dari PC ke PC.

Meskipun demikian, istilah KVM agak menyesatkan, dan sementara sakelar KVM asli hanya menangani ketiganya, sakelar modern sering kali akan menangani lebih banyak, termasuk hal-hal seperti audio dan port USB. Bahkan ada sakelar KVM yang beralih di antara hanya satu input, seperti sakelar HDMI 3-port Gana ini, meskipun ini biasanya disebut hanya dengan data yang mereka tangani, seperti sakelar audio atau sakelar keyboard.

Jadi bagaimana caranya? bekerja dengan tepat? Nah, di masa lalu, teknologi plug-and-play tidak ada, jadi setiap kali Anda ingin mengganti keyboard atau mouse, Anda harus me-restart komputer agar CPU dapat mendeteksi periferal apa pun. Meskipun hal ini tidak terjadi lagi, sakelar KVM masih melakukan hal serupa karena mengelabui CPU dengan berpikir ada koneksi sehingga ketika Anda akhirnya beralih, itu berjalan dengan lancar.

Cara melakukannya agak rumit, tetapi pada dasarnya, itu mengemulasi periferal untuk komputer dan terus-menerus mempertahankan sinyal “palsu”. Saat Anda beralih, sakelar KVM menggantikan sinyal yang ditiru dengan sinyal periferal Anda yang sebenarnya, memberikan transisi yang mulus dan tidak terlalu mencolok.

Jenis KVM Switch

KVM cenderung memiliki dua jenis utama: perangkat keras dan perangkat lunak. Adalah yang paling umum dan paling mungkin Anda temui atau gunakan. Misalnya, KVM tingkat konsumen biasanya dapat beralih antara dua hingga empat sumber, meskipun beberapa dapat mencapai delapan, dan mereka cenderung dipasarkan sedikit lebih banyak kepada mereka yang menjalankan kantor atau bisnis kecil. Untuk perusahaan besar, beberapa sakelar KVM terbesar dapat mencapai 64 dan terkadang terhubung ke server yang menjalankan banyak mesin virtual yang perlu diakses oleh beberapa orang.

Selain jumlah sumber yang dapat Anda alihkan, ada juga jenis video, dengan sakelar KVM yang paling umum adalah untuk VGA. Untungnya, sakelar KVM dengan HDMI dan Display Port menjadi lebih umum, tetapi harganya cenderung sedikit lebih mahal daripada yang VGA.

Opsi lainnya adalah berapa banyak monitor yang ingin Anda dukung, dengan satu menjadi opsi paling umum dan tiga lainnya tersedia, meskipun jarang. Sekali lagi, Anda tidak akan menemukan KVM HDMI yang menangani dua atau lebih monitor, meskipun teknologinya menjadi lebih umum pada saat penulisan di awal 2022. Mungkin dalam beberapa tahun, kita mungkin melihat HDMI sebagai default, bukan daripada VGA, setidaknya di pasar konsumen.

Sebagai perangkat lunak KVM switch, mereka juga sedikit keliru, karena mereka biasanya tidak mendukung switching monitor dan karena itu secara teknis switch KM. Mereka bekerja dengan menginstal aplikasi di komputer Anda yang memungkinkan Anda mengontrol mouse dan keyboard secara langsung di komputer mana pun yang terhubung ke jaringan Anda. Ini cenderung sangat berguna di perusahaan besar dengan banyak server yang perlu diperiksa oleh beberapa orang TI dan admin yang berbeda.

Apakah Saya Perlu KVM Switch?

KVM switch bisa sangat berguna untuk penggunaan pribadi, meskipun Anda ingin menghabiskan sekitar $50 di ujung bawah, seperti untuk KVM PWAY ini, itu sangat tergantung pada penggunaan Anda. Jika Anda menemukan bahwa Anda terus-menerus bolak-balik antara dua PC, maka biaya masuk $ 50 mungkin sangat berharga. Atau, jika Anda tidak memiliki banyak ruang meja dan hanya dapat memuat satu monitor, mouse, keyboard, sakelar KVM dapat menjadi investasi yang sangat baik.

Salah satu opsi lainnya adalah menggunakan perangkat lunak KVM dan hanya menjalankan monitor tambahan; dengan begitu, Anda setidaknya menghemat ruang sambil juga dapat menggunakan sumber PC Anda yang lain secara fungsional.

Jika Anda menjalankan bisnis yang cenderung menangani banyak server atau mesin, maka sakelar KVM juga bisa sangat berguna, terutama yang perangkat lunak , karena memungkinkan Anda mengakses perangkat dari jarak jauh, menghemat perjalanan ke lokasi.

Itulah berita seputar Apa itu Saklar KVM?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.