Apa itu Layar Nano IPS?

Produsen selalu berusaha meningkatkan kinerja gambar monitor. Akibatnya, kami telah melihat beberapa teknologi tampilan yang berbeda selama bertahun-tahun. Dan Nano IPS adalah salah satu teknologi tersebut. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Apa Itu Layar IPS?

Untuk memahami layar Nano IPS, ada baiknya jika Anda memiliki gagasan tentang layar IPS atau In-Plane Switching. IPS adalah salah satu dari tiga teknologi layar kristal cair (LCD) utama, di samping layar VA dan TN. Perbedaan utama antara IPS dan LCD lainnya adalah bagaimana kristal cair bergeser di tumpukan layar mereka ketika arus listrik diterapkan. Perbedaan dalam rotasi kristal cair ini memberikan beberapa keunggulan pada layar IPS.

IPS dikenal menawarkan sudut pandang dan akurasi warna yang lebih baik daripada layar VA dan TN. Inilah sebabnya mengapa Anda akan menemukan bahwa banyak monitor premium menggunakan panel IPS. Namun, teknologi IPS tidak sempurna. Produsen layar terus mencari cara baru untuk membuatnya lebih baik. Dan Nano IPS adalah salah satu kemajuan dalam ruang teknologi IPS.

Apa itu Nano IPS?

Nano IPS adalah versi perbaikan dari teknologi layar IPS konvensional. Ini menggunakan partikel nano untuk menyaring panjang gelombang cahaya yang berlebihan atau tidak perlu untuk menghasilkan cahaya latar putih yang lebih bersih dan akurat. Ini diperlukan karena LED “putih” yang digunakan dalam IPS tradisional dan LCD lainnya memiliki beberapa ketidakseimbangan dalam spektrum cahaya yang mereka hasilkan.

Menurut LG, dalam layar Nano IPS, partikel nano diterapkan ke lampu latar LED, dan mereka menyerap cahaya panjang gelombang yang tidak perlu untuk menghilangkan nada warna kusam dan ketidakseimbangan. Jadi, ketika cahaya putih murni melewati filter warna, itu menghasilkan representasi warna yang lebih akurat dan lebih kaya daripada layar IPS konvensional.

Berkat ekspresi warna yang lebih kaya ini, layar Nano IPS memiliki gamut warna yang lebar. Mereka dapat mencakup 98% dari DCI-P3 dan 135% dari ruang warna sRGB. Gamut warna yang lebar sangat membantu dalam pekerjaan kreatif dan penting untuk kinerja HDR monitor.

Selain itu, layar Nano IPS memiliki semua keunggulan layar IPS biasa dan sepenuhnya kompatibel dengan teknologi kecepatan refresh variabel seperti Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync.

Jadi dengan Nano IPS, Anda dapat mengharapkan performa gambar keseluruhan yang lebih baik daripada IPS konvensional. Namun, manfaat Nano IPS datang dengan mengorbankan label harga yang lebih tinggi karena peningkatan biaya produksi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layar Nano IPS?

Karena LG Display telah mengembangkan teknologi Nano IPS, teknologi ini paling umum digunakan pada monitor dari LG Elektronik. Namun, Nano IPS tidak eksklusif untuk LG. ViewSonic, AOC, Dell, dan Asus juga menjual monitor dengan layar Nano IPS.

Beberapa monitor Nano IPS yang populer antara lain LG 27GL850-B, LG 34GP83A-B, Alienware 38, Dell S2721DGF, dan ViewSonic Elite XG270QG.

Apart dari monitor komputer, teknologi Nano IPS juga hadir di TV. Tapi itu disebut sebagai NanoCell di televisi. Mulai Mei 2022, LG adalah satu-satunya produsen yang merilis TV dengan teknologi NanoCell.

LG 34GP83A-B
LG 34GP83A-B adalah monitor gaming ultrawide fantastis yang menggunakan layar Nano IPS. Ini menawarkan kecepatan refresh yang cepat, sudut pandang yang bagus, dan gamut warna yang lebar.

Amazon$799.99

Perbedaan Nano IPS vs. QLED

Nano IPS bukan satu-satunya teknologi tampilan yang menggunakan lapisan pemurni warna. Samsung juga menggunakan lapisan quantum dot di monitor QLED-nya untuk menawarkan warna yang sama akurat dan nyata.

Namun, tidak seperti layar Nano IPS yang memiliki lapisan nanopartikel, layar QLED menggunakan film titik-titik kuantum. Film ini digunakan untuk mengubah lampu latar LED biru menjadi warna merah, hijau, dan biru, yang kemudian digabungkan untuk membentuk cahaya putih. Itu dilewatkan melalui filter warna untuk mendapatkan warna merah, hijau, dan biru lagi, yang kemudian digunakan untuk membuat gambar di layar Anda.

Sebagai cahaya putih yang tercipta berkat titik kuantum jauh lebih akurat daripada lampu latar LED putih pada LCD tradisional, warna merah, hijau, dan biru yang dihasilkan juga lebih akurat. Jadi LCD quantum dot yang disempurnakan mampu menghasilkan gamut warna yang lebih luas dan warna-warna cerah.

Namun teknik pemurnian warna bukanlah satu-satunya perbedaan antara Nano IPS dan QLED. Jenis panel yang digunakan dalam tampilan Nano IPS dan QLED juga berbeda. Sementara layar Nano IPS, seperti namanya, memiliki panel tipe IPS, layar QLED memiliki panel tipe VA. Kedua jenis panel tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Seperti disebutkan sebelumnya, panel IPS atau Nano IPS memiliki sudut pandang yang bagus. Namun, rasio kontras asli mereka rendah. Di sisi lain, panel VA memiliki sudut pandang yang sempit tetapi rasio kontras asli yang fantastis.

Haruskah Anda Memilih Layar Nano IPS?

Saat memilih Nano IPS daripada teknologi layar lainnya, Anda perlu mempertimbangkan prioritas Anda. Jika Anda menginginkan sudut pandang yang bagus, gamut warna yang lebar, dan akurasi warna yang sangat baik, tampilan Nano IPS pasti harus berada di urutan teratas daftar Anda. Tetapi jika Anda peduli dengan warna hitam pekat dan rasio kontras, LCD tipe VA, OLED, dan QD-OLED lebih cocok.

Itulah berita seputar Apa itu Layar Nano IPS?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.