Apa itu Panggilan Wi-Fi di iPhone?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ketika layanan seluler tidak memadai, panggilan Wi-Fi memungkinkan ponsel cerdas Anda secara otomatis beralih ke Wi-Fi untuk melakukan atau menerima panggilan. Sebagian besar ponsel hadir dengan opsi sederhana untuk panggilan Wi-Fi, yang menggunakan nomor biasa Anda. Sinyal seluler yang buruk memaksa ponsel Anda menggunakan lebih banyak daya untuk memperkuat koneksi. Panggilan Wi-Fi dapat meningkatkan kualitas panggilan sekaligus memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa sebenarnya panggilan Wi-Fi dan bagaimana menggunakannya.

Apa Itu Panggilan Wi-Fi?

Wi-Fi Fungsi panggilan mirip dengan program voice over IP (VoIP) lainnya, seperti Viber dan WhatsApp. Namun, ini dibedakan oleh beberapa fitur penting.
Untuk panggilan Wi-Fi, Anda tidak memerlukan aplikasi khusus untuk melakukan dan menerima panggilan atau mengirim dan menerima pesan, seperti FaceTime, WhatsApp, Viper, Skype, dll. gunakan aplikasi perpesanan atau papan tombol bawaan di ponsel Anda untuk melakukan panggilan Wi-Fi, seperti panggilan biasa. Tidak ada aplikasi tambahan yang diperlukan untuk orang yang Anda coba panggil atau pesan. Orang atau nomor yang Anda panggil akan menerima panggilan di telepon mereka seperti yang Anda lakukan jika Anda melakukan panggilan biasa. Ini karena panggilan dan teks Wi-Fi pada akhirnya dikirim melalui jaringan seluler (setelah melalui koneksi nirkabel Anda). Mereka juga tidak diharuskan memiliki aplikasi tertentu di ponsel mereka. Pesan teks dan panggilan telepon tampaknya berasal dari nomor Anda. Panggilan dan SMS Anda akan terlihat oleh orang lain yang menerimanya sebagai berasal dari ponsel Anda. Ini sangat berguna untuk 2FA dan layanan pendaftaran akun yang tidak menerima nomor VoIP. Anda dapat menghubungi nomor telepon standar, termasuk telepon rumah dan panggilan bebas pulsa. Panggilan Wi-Fi memungkinkan Anda berkomunikasi dengan lebih banyak orang daripada hanya pengguna ponsel lainnya. Mirip dengan menggunakan koneksi seluler, Anda dapat menelepon telepon rumah, nomor dukungan pelanggan, dan layanan darurat.
Bagaimana Cara Kerja

Mirip dengan VoIP Wi-Fi, panggilan Wi-Fi beroperasi dengan mengirimkan paket data seluler melalui koneksi Wi-Fi dan internet . Data ditransfer dari internet ke jaringan seluler, lalu kembali ke pemanggil. Ponsel cerdas perlu mendukung panggilan Wi-Fi agar berfungsi. Layanan ini adalah versi terbaru dari protokol Jaringan Akses Generik (GAN).

Pertama, pengguna harus mengonfirmasi bahwa panggilan Wi-Fi didukung oleh penyedia dan telepon mereka. Setiap operator mungkin memiliki spesifikasi yang berbeda. Saat kemampuan panggilan Wi-Fi diaktifkan, perangkat akan menggunakannya setiap kali terhubung ke Wi-Fi. Voice over LTE (VoLTE) atau simbol penerima seluler dengan simbol Wi-Fi dapat muncul di bilah notifikasi telepon bersama dengan entri log panggilan dan obrolan biasa untuk panggilan dan pesan. mode pesawat untuk menjamin bahwa ponsel mereka akan memilih panggilan Wi-Fi. Panggilan mungkin hilang jika keluar dari jangkauan router Wi-Fi, tergantung pada penyedia, koneksi, dan telepon.

Panggilan Wi-Fi Pros

Ada beberapa manfaat menggunakan panggilan Wi-Fi:
Ketika layanan seluler buruk, ini membantu orang dalam menghubungkan ke panggilan telepon atau pesan.Tidak diperlukan nomor tambahan, cukup panggil menggunakan nomor telepon orang tersebut.Mudah diatur.Ketika dihidupkan, itu beroperasi secara otomatis.Jika ada jaringan Wi-Fi di dekatnya, itu dapat mengurangi atau hilangkan kebutuhan untuk berlangganan seluler sepenuhnya. Karena bandwidth Wi-Fi yang meningkat, panggilan Wi-Fi dapat menangani teks. Dalam kebanyakan kasus, layanan ini gratis.
Cara Mengaktifkan Panggilan Wi-Fi

Untuk mengaktifkan fitur ini di iPhone Anda, lakukan hal berikut:
Buka “Pengaturan.” Pilih “Telepon.” Pilih “Panggilan Wi-Fi.” Pada penggeser, alihkan panggilan Wi-Fi di iphone ini “Aktif.” Klik “Aktifkan” untuk mengaktifkan fitur.
Tanya Jawab Tambahan
Saat melakukan panggilan melalui Wi-Fi, apakah saya akan menggunakan data?

Panggilan dilakukan vi Wi-Fi memanfaatkan data yang disediakan oleh router Anda. Namun, saldo data utama paket ponsel Anda tidak akan digunakan.
Berapa banyak data yang digunakan selama panggilan Wi-Fi?

Meskipun berfluktuasi, Anda dapat memperkirakan bahwa panggilan akan menggunakan sekitar 1 MB data per menit dan panggilan video akan gunakan data 6–8 MB per menit.
Apakah setiap ponsel mengizinkan panggilan Wi-Fi?

No. Anda harus memiliki ponsel yang mendukung VoLTE dan mengaktifkan panggilan Wi-Fi. Periksa daftar ini untuk melihat apakah ponsel Anda berkemampuan Suara HD.
Seberapa cepat koneksi Wi-Fi saya harus?

Koneksi Anda akan berfungsi lebih baik jika Anda memiliki lebih banyak bandwidth yang tersedia. Setidaknya 1Mbps harus diperlukan untuk melakukan panggilan. Wi-Fi dapat mendukung panggilan dengan kecepatan hingga 80 Kbps, tetapi kualitasnya akan lebih buruk.

Jelajahi Era Baru Panggilan

Jika tidak ada sinyal, panggilan Wi-Fi dapat menjadi solusi yang berguna untuk menyelesaikan panggilan Anda. Fitur ini sudah digunakan secara teratur oleh banyak orang dan akan digunakan di masa mendatang.

Apakah Anda menggunakan fitur panggilan Wi-Fi? Apakah Anda percaya ini adalah masa depan komunikasi? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.