Apa itu PC Sleeper?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Saat membuat PC, pilihan komponen Anda bisa dibilang merupakan keputusan terpenting yang dapat Anda buat. Namun faktor bentuk dan casing yang Anda pilih tidak boleh diabaikan, dan salah satu “tema” paling menarik yang dapat Anda pilih adalah sleeper PC.

Sleeper PC biasanya mengacu pada komputer tangguh yang disajikan dalam wadah atau penutup yang sederhana. Istilah tersebut berasal dari dunia otomotif, dimana sleeper car adalah kendaraan berperforma tinggi yang terlihat biasa saja dari luar. Di bawah tenda adalah di mana cerita sebenarnya berada, dan hal yang sama berlaku untuk dunia PC.

Ada banyak jenis build PC tidur, dari kotak beige tua dari Windows 98 hari untuk mesin yang kuat dibangun di dalam kasus konsol lama. Banyak dari enklosur ini memerlukan modifikasi yang signifikan untuk digunakan dengan komponen PC modern seperti pendingin all-in-one dan kartu grafis yang jauh lebih besar daripada satu atau dua dekade yang lalu.

Beberapa build memerlukan penggunaan suku cadang yang tidak biasa, seperti Mini-ITX yang lebih kecil atau motherboard Mini-ATX. Builder sering kali harus kreatif tentang pemosisian komponen seperti kartu grafis, terutama saat membangun di dalam sasis yang dirancang dengan mempertimbangkan perangkat keras tertentu.

Karena aliran udara merupakan pertimbangan penting untuk PC gaming berperforma tinggi, beberapa builder akan membuat ventilasi tambahan untuk bantuan dalam pendinginan. Proyek-proyek ini umumnya tidak disarankan bagi mereka yang kurang berpengalaman dalam membangun komputer, tetapi setelah Anda memahami dasar-dasarnya, Anda seharusnya dapat mencoba membangun sleeper.

Mengapa Membangun PC Sleeper?

Building sleeper PC bisa menjadi proyek yang menyenangkan bagi seseorang yang ingin melampaui batas dalam mengejar estetika tertentu. Ini dapat dengan cepat berkembang menjadi hobi karena hasilnya bisa sangat mengesankan.

Menambahkan pencahayaan RGB dan pekerjaan cat khusus ke PC standar adalah upaya kreatif, dan pembuatan PC tidur mengambil langkah lebih jauh karena sifatnya yang dipesan lebih dahulu. Pilihan casing atau penutup dapat menimbulkan rintangan, tetapi hasilnya hampir selalu unik. Tujuan utamanya adalah untuk membangun sesuatu yang terlihat biasa-biasa saja, setidaknya di luar.

Ini juga cara yang menyenangkan untuk memanfaatkan lebih banyak casing komputer lama dan penutup konsol. Estetika retro dari casing komputer lama menarik bagi banyak orang, dan suku cadang ini murah dan banyak tersedia di toko barang bekas dan di pasar barang bekas. Anda bahkan mungkin sudah memikirkan sebuah kasus, duduk di loteng atau ruang bawah tanah. Jika perlu dibersihkan, lihat panduan kami untuk menghilangkan noda menguning pada perangkat antik.

Setelah membuat mesin, Anda dapat memamerkannya di YouTube atau komunitas seperti r/sleeperbattlestations.

Jika Anda selalu ingin membuat komputer maka ada banyak sumber di luar sana untuk membantu Anda, termasuk panduan lima bagian kami sendiri. Setelah Anda mengasah keterampilan Anda, mungkin Anda ingin mencoba membangun PC tidur Anda sendiri.

Itulah berita seputar Apa itu PC Tidur?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.