Apa itu POAP? Bagaimana Memori Diubah di Web3

POAP adalah singkatan dari Proof of Attendance Protocol. POAP

“Proof of Attendance Protocol,” juga dikenal sebagai POAP, adalah penanda digital untuk hidup Anda. Mereka dicetak sebagai Token Non-Fungible (NFT) ke akun atau dompet Anda.

POAP digunakan untuk menandai partisipasi atau kehadiran di suatu acara. Sama seperti Anda mungkin menyimpan potongan tiket dari konser atau film, membeli pin di acara olahraga atau festival, atau mengumpulkan pertandingan dari restoran atau hotel, POAP adalah versi digital dari gagasan yang sama, memuaskan keinginan kami untuk mengumpulkan barang-barang yang menandai pengalaman kami sepanjang hidup.

Asal dari POAPs

POAP adalah proyek budaya kripto asli yang menampilkan etos web3 open-source dan milik komunitas. POAP telah meresap dalam budaya crypto untuk sementara waktu sejak dibuat pada tahun 2017 di ETH Denver. (Konferensi cryptocurrency diadakan setiap tahun di Denver, Colorado, yang berbasis di sekitar ekosistem Ethereum.)

Karena POAP dimulai dalam budaya Ethereum yang berakar kuat dalam komunitas dan partisipasi, masuk akal bahwa POAP berkembang pesat di acara crypto, pertemuan, pesta, dan konferensi di seluruh dunia. POAP dimulai sebagai ceruk keingintahuan kripto tetapi telah menjadi sangat populer sehingga, pada April 2022, Warner Music Group telah mengumumkan putaran pendanaan awal senilai $10 juta untuk bermitra dengan POAP untuk mulai mengeluarkan POAP di konser untuk musisi yang menyukai musik mereka. label.

Merek dan acara besar seperti AS Terbuka, Lollapalooza, Adidas, dan Budweiser semuanya bermitra dengan POAP. Hingga saat ini, lebih dari empat setengah juta POAP telah diterbitkan sejauh ini kepada lebih dari setengah juta pengumpul POAP.

Bagaimana Anda Mengklaim POAP?

Mengklaim POAP itu mudah. Tergantung pada acaranya, mungkin ada cara berbeda untuk mengklaim POAP yang dikeluarkan oleh penyelenggara acara.

Iklan

Cara paling populer POAP didistribusikan adalah melalui kode QR yang ditampilkan di acara. Yang perlu Anda lakukan adalah memindai kode QR dengan ponsel Anda dan kemudian memasukkan alamat email Anda atau alamat dompet Ethereum. Jika Anda menggunakan alamat dompet Ethereum, POAP akan dicetak pada rantai Gnosis (sebelumnya dikenal sebagai rantai xDAI) untuk menyelamatkan Anda dari membayar biaya gas.

Setelah itu, Anda dapat memigrasikan POAP Anda ke blockchain Ethereum—jika Anda mau—dengan membayar gas biaya. Namun, tidak perlu melakukan ini kecuali ada beberapa utilitas untuk POAP yang hanya berfungsi di Ethereum. Ini mungkin terjadi jika lencana POAP digunakan oleh komunitas untuk membuka konten atau saluran yang terjaga keamanannya di forum seperti Discord.

Sebagai pengganti sementara untuk dompet kripto, POAP dapat dipesan dengan alamat email. Mengklaim melalui email berbeda dengan menggunakan dompet Ethereum Anda. Dengan menggunakan email, Anda membuat reservasi dalam sistem POAP untuk kemampuan mencetak POAP Anda ke blockchain di kemudian hari.

Jika Anda mengklaim menggunakan email Anda, Anda masih bisa menikmati semua fungsi POAP Anda dengan menggunakan email Anda untuk lihat galeri POAP akun Anda baik melalui browser web atau aplikasi di ponsel Anda. Namun, penting untuk dipahami bahwa POAP tidak menjadi NFT sampai telah dicetak secara kriptografis ke blockchain.

Galeri POAP yang Diklaim Colin BrightfieldApa Lagi yang Dapat Anda Lakukan Dengan POAP?

Anda dapat melakukan beberapa hal menyenangkan dengan komunitas pemegang POAP Anda untuk buat keterlibatan seperti mengadakan undian atau mengadakan pemungutan suara. POAP.fun memungkinkan Anda untuk menyertakan semua pemegang POAP acara Anda untuk berpartisipasi dalam undian yang transparan dan dapat diverifikasi.

Advertisement

POAP.vote menyelenggarakan pemungutan suara unik adalah mekanisme di mana pemilih harus menjadi pemegang POAP Anda untuk memberikan suara. Ini adalah alat yang hebat untuk mengukur sentimen komunitas atau memutuskan tindakan komunitas.

Ada banyak kemungkinan selain undian dan pemungutan suara karena Anda dapat melihat daftar alamat dompet Ethereum yang telah mengklaim POAP Anda dan ini dapat digunakan untuk memberi penghargaan kepada pemegang POAP Anda dengan airdrop atau akses khusus.

POAP Menyenangkan

POAP adalah cara untuk menandai momen dalam hidup Anda dengan cara digital yang tidak akan rusak seiring waktu, memenuhi seluruh dinding di kamar Anda, atau tersesat. Kita semua membentuk identitas berdasarkan pengalaman kita, dan dunia modern bergerak begitu cepat sehingga kita bisa melupakan apa yang bahkan kita lakukan bulan lalu.

Di dunia di mana identitas digital kita menjadi semakin penting, POAP adalah cara baru yang ramah-kripto untuk membina komunitas dan menghormati nostalgia dengan cara yang dapat diverifikasi dan menyenangkan. Saya suka mengumpulkan POAP dari acara crypto dan web3 yang saya hadiri, dan saya harap Anda dapat menikmati tindakan sederhana yang mengakui bahwa ya, memang, Anda ada di sana.

Itulah berita seputar Apa itu POAP? Bagaimana Memori Diubah di Web3, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.