Apa Itu Roaming Data, dan Bagaimana Cara Menghindari Membayarnya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

“Roaming” adalah istilah yang sering disebutkan dalam paket data untuk ponsel cerdas. Bukankah secara teknis Anda selalu “berkeliaran” saat bepergian? Nah, bukan itu artinya di mata operator seluler Anda.

Apa Itu Data Roaming?

Data roaming sebenarnya adalah konsep yang sangat sederhana. Anda memiliki operator seluler yang menyediakan data ke ponsel cerdas Anda saat tidak terhubung ke Wi-Fi. Namun, seperti yang Anda ketahui, jaringan operator Anda tidak terbatas.

Jadi, apa yang terjadi ketika Anda pergi ke suatu tempat yang tidak tercakup oleh jaringan operator Anda? Di situlah roaming data masuk. Roaming memungkinkan Anda untuk melompat ke jaringan lain sehingga Anda masih dapat melakukan panggilan, mengirim teks, dan menggunakan data nirkabel saat jaringan operator Anda terputus.

Ini biasanya bekerja melalui perjanjian antara operator Anda dan jaringan lain. Skenario paling umum di mana roaming data ikut bermain adalah bepergian ke negara di mana operator Anda tidak hadir. Anda dapat menjelajah di jaringan lain dan tidak perlu mendaftar untuk sesuatu yang baru.

Berapa Biaya Roaming?

Sayangnya, roaming data biasanya tidak disertakan secara gratis sebagai bagian dari paket data Anda. Jika Anda ingin roaming tanpa batas, Anda harus membayar salah satu paket yang lebih mahal. Biaya roaming bervariasi dari operator ke operator.

Secara umum, jika Anda tidak membayar ekstra untuk roaming tak terbatas, Anda akan membayar berapa banyak yang Anda gunakan. Itu bisa menjadi sekitar $0,25 per menit untuk panggilan, $0,10 per SMS, dan $3 per MB data. Tak perlu dikatakan, angka-angka itu dapat bertambah dengan cepat, jadi pastikan untuk membaca detail paket data Anda untuk mengetahui apa yang dapat Anda kenakan.

Cara Menghindari Biaya Roaming

Kabar baiknya adalah Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang biaya roaming. Operator Anda mungkin tidak memiliki cakupan 5G atau LTE di semua tempat, tetapi hampir selalu ada cakupan kecepatan yang lebih rendah di semua tempat di negara ini. Roaming data terutama untuk bepergian ke luar negeri.

Namun demikian, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk benar-benar yakin bahwa Anda tidak pernah roaming dan dikenakan biaya untuk itu.

Di Android, buka Pengaturan > Jaringan & Internet > SIM > Nonaktifkan “Roaming .” Untuk ponsel Samsung, buka Pengaturan > Koneksi > Jaringan Seluler > Nonaktifkan “Data Roaming.”

Pada iPhone, buka Pengaturan > Seluler > Opsi Data Seluler > Nonaktifkan “Roaming Data.”

Tip: Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membayar paket data internasional dengan operator seluler Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan kartu SIM dan paket data seluler di negara tempat Anda akan tinggal. Keduanya adalah cara yang baik untuk menghindari biaya roaming bayar-untuk-data-yang-Anda-gunakan yang biasa, yang bisa mahal .

Itu saja untuk roaming data. Ini terutama fitur jaringan seluler untuk bepergian ke luar negara tempat tinggal Anda. Dalam kehidupan sehari-hari Anda, itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda berencana bepergian, Anda pasti ingin melihat apa yang ditawarkan operator Anda.

Itulah berita seputar Apa Itu Roaming Data, dan Bagaimana Cara Menghindari Membayarnya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.