Apa itu Rosetta 2 di Mac?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda memiliki Mac yang menggunakan Apple Silicon, Anda mungkin pernah mendengar tentang Rosetta 2. Ini adalah bagian penting dari macOS yang memungkinkan kompatibilitas dengan aplikasi yang dirancang untuk Intel Mac. Kami akan menjelaskannya.

Rosetta Memungkinkan Aplikasi Intel Mac Berjalan di Apple Silicon

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Apple telah mentransisikan jajaran Mac-nya untuk menggunakan prosesor yang dirancang khusus berdasarkan arsitektur Arm. Apple merilis Mac pertama dengan Apple Silicon pada November 2020. Sementara sebagian besar aplikasi telah diperbarui untuk berjalan secara native di Apple Silicon, masih ada beberapa yang belum diperbarui. Di situlah Rosetta 2 berperan.

Rosetta 2 adalah lapisan terjemahan untuk menjalankan aplikasi berbasis Intel di Apple Silicon Macs. Ini menggunakan terjemahan biner dinamis untuk mengonversi kode x86_64 ke arsitektur Arm64 yang digunakan oleh chip M1 dan M2. Hal ini memungkinkan Mac baru untuk menjalankan aplikasi yang belum diperbarui untuk berjalan secara native di Apple Silicon.

Apple pertama kali memperkenalkan Rosetta 2 dengan merilis macOS Big Sur 11.0 pada tahun 2020. Namanya mengacu pada Rosetta Stone, yang merupakan kunci untuk menerjemahkan banyak teks kuno. “2” di akhir nama mengacu pada fakta bahwa itu adalah versi kedua dari terjemahan Rosetta nanti. Apple Rosetta asli mengizinkan aplikasi PowerPC untuk berjalan di Intel Mac pada tahun 2006.

Cara Menggunakan Rosetta 2

Jika Anda memiliki Apple Silicon Mac, macOS akan secara otomatis menginstal Rosetta 2 saat Anda pertama kali mencoba menjalankan aplikasi Intel yang belum diperbarui ke berjalan secara native. Saat pertama kali dijalankan, Anda akan diminta untuk menginstal Rosetta 2. Saat Anda melihat jendela “You need to install Rosetta”, klik “Install.”

Setelah Rosetta 2 diinstal, aplikasi ini akan menerjemahkan aplikasi Intel Mac yang tidak namun asli Apple Silicon dengan cepat. Ini berarti Anda tidak akan melihat perbedaan kinerja saat menjalankan aplikasi melalui Rosetta 2. Sangat mengesankan seberapa baik kerjanya.

Tips Rosetta 2 Lebih Lanjut

Jika Anda tidak yakin apakah aplikasi berjalan di Rosetta 2, Anda dapat memeriksa dengan membuka aplikasi Monitor Aktivitas. Di Monitor Aktivitas, pilih tab CPU. Jika aplikasi berjalan di Rosetta 2, itu akan diberi label sebagai “Intel” di kolom “Jenis”.

Juga, jika aplikasi adalah Biner Universal (yang berarti dapat berjalan secara asli di Intel dan Apple Silicon Mac), Anda dapat memaksa aplikasi untuk berjalan di Rosetta 2. Biasanya, Anda tidak ingin melakukan ini, tetapi terkadang versi aplikasi Intel mungkin berbeda dari versi Apple Silicon.

To paksa aplikasi untuk berjalan di Rosetta 2, temukan di Finder, klik kanan ikon aplikasi, lalu pilih “Dapatkan Info.” Di jendela Dapatkan Info, centang kotak di samping “Buka Menggunakan Rosetta.”

Setelah itu, tutup jendela Info dan jalankan aplikasi dari ikon itu. Ini akan dimuat di Rosetta 2. Idealnya, Anda tidak perlu melakukan itu, tetapi opsi selalu ada jika Anda mau. Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Apa itu Rosetta 2 di Mac?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.